Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Bedah Buku Menara Cinta, Kisah Cinta Santri Penghafal Al Qur’an

Bedah Buku Menara Cinta, Kisah Cinta Santri Penghafal Al Qur’an



Novel “Menara Cinta” yang mengangkat  kisah nyata kehidupan pesantren pada era 1995 resmi  dirilis pada 23 September 2017 . Novel tersebut mencoba untuk menggambarkan beberapa bagian kehidupan kota Santri Kudus melalui latar ceritanya.

Dalam launching Novel yang dilaksanakan di Ruang Seminar Gedung Rektorat Universitas Muria Kudus, Penulis yang sekaligus Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Danar Ulil Hasnugraha, mengungkapkan bahwa novel tersebut mulai ditulisnya pada Februari 2017 dengan mengambil latar belakang kehidupan pesantren di Kudus dan kehidupan tokoh penghafal al qur’an (hafidz) yang terlibat kisah asmara. Melalui tokoh tersebut, sang penulis mencoba menyampaikan dakwah dalam novelnya.

Di dalam novel yang mengambil latar dari beberapa tempat, yakni di Jekulo (Kudus), Balekambang (Jepara), dan Gunung Tidar (Magelang). tersebut dikisahkan kehidupan dua tokoh santri bernama Sholikin, seorang laki-laki yang sederhana namun taat agama dan Qurrota A'yuni, seorang perempuan cantik yang Ahlul Quran.

Singkat cerita, kisah novel itu berawal dari Sholikin yang rupanya jatuh cinta kepada Putri Kiai di Pondok Pesantren Al-Akhyar Jekulo. Sholikhin dianggap oleh teman-temannya sebagai santri kesayangannya kyai Mukhtar Ali, ayah Qurrota A'yuni. Seiring berjalannya waktu, Cinta kedua insan tersebut saling berbalas, namun tidak mendapat restu dari Kyai.


Dalam acara launching tersebut juga hadir drs. Muhammad Kanzanuddin (Ketua Pusat Studi Kebudayaan UMK) dan Ust. Muhammad Subhan Ad Dawiy Al Hifdzi (Pengasuh Majelis Ghidza’il Qulub).

Menurut Ust. Subhan seperti yang kami kutip dari Parits.id, “Dalam novel ini, bukan sekedar memamerkan keindahan karya sastra, namun juga mengajak pembaca agar senantiasa mengingat Allah SWT. Novel ini, menceritakan kisah cinta dengan latar santri, persoalan itu, yg biasa ditemui menjadi kendala dalam belajar, tapi Danar mengemas kisah itu karena Allah.”

Launching novel tersebut dihadiri oleh ratusan siswa dan mahasiswa serta masyarakat umum yang tertarik dengan novel bertajuk kehidupan pesantren tersebut. Bahkan Rektor UMK pada kesempatan itu mengapresiasi karya mahasiswanya yang telah berhasil meluncurkan novel perdananya itu. ‘’Apa yang dihasilkan Mas Danar ini semoga bisa menjadi inspirasi mahasiswa lain, agar bisa menghasilkan karya-karya. Jujur saja, budaya menulis kini agak luntur. Semoga ke depan, budaya menulis bisa meningkat dan bergairah kembali, ungkapnya seperti yang kami kutip dalam website resmi Universitas Muria Kudus''

Ingin tahu kisah selengkapnya, buruan aja beli buku novelnya. Bagaimana cara membelinya dan berapa harganya, silahkan ditanyakan langsung saja ke Mas Danar melalui akun twitter miliknya @DanarUlil


Foto kegiatan bedah buku oleh parits.id
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger