Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Tradisi Yasinan dan Harmonisnya TNI-POLRI dengan Masyarakat Muslim di Kudus

Tradisi Yasinan dan Harmonisnya TNI-POLRI dengan Masyarakat Muslim di Kudus



Sinergi TNI-POLRI di Kudus tidak hanya ditunjukkan dalam hal tugas kenegaraan. Namun, dalam hal-hal yang bersifat religipun kedua instansi negara tersebut layak dijadikan panutan bagi masyarakat maupun instansi yang lain.

Yasinan atau membaca surat Yasin merupakan tradisi baik yang selalu dilestarikan oleh masyarakat Kudus. Dalam berbagai acara maupun kegiatan, sangatlah sering warga Kudus menyelipkan acara Yasinan di dalamnya. Demikian pula dengan TNI – POLRI di Kabupaten Kudus melalui jajaran Kodim 0722 Kudus dan Polres Kudus pun ikut melestarikan tradisi baik yang bernilai ibadah ini.


Dalam akun twitter Humas POLRES Kudus, dijelaskan bahwa TNI-POLRI mengadakan kegiatan rutin keagaamaan bersama tiap hari Kamis dengan membaca surat Yasin dan berdoa bersama. Hal ini ditujukan dalam rangka tercapainya sinergi antara dua lembaga pengayom dan pengaman masyarakat tersebut.


Tak hanya Yasinan, baik Polres Kudus maupun Kodim 0722 Kudus juga sangat dekat dengan masyarakat dan ulama melalui berbagai kegiatan keagamaan. Masyarakat pun tak malu-malu lagi untuk melibatkan kepolisian misalnya saat mengadakan pengajian umum. Babinsa pun dapat dengan leluasa bertemu dan  emberikan bimbingan tentang keamanan dan berbagai hal kepada masyarakat dalam setiap acara pengajian yang diadakan.


Dalam hal penjagaan kegiatan-kegiatan keagamaan seperti Kegiatan Haul dan Pengajian juga dilakukan dengan sangat baik.  Bahkan, Kodim 0722 dan Polres Kudus sendiri pun sering mengadakan pengajian-pengajian dan kegiatan dzikir bersama masyarakat. Misalnya saja pada saat bulan Maulid maupun pada waktu Hari Pahlawan.

Kedekatan para pimpinan instansi tersebut dengan masyarakat dan para ulama, baru-baru ini juga terlihat pada saat Letkol Infantri Sentot Dwi Purnomo yang merupakan Komandan Kodim 0722 Kudus bersilaturrahim ke kediaman ulama kharismatik Kudus, Romo KH. Sya’roni Ahmadi di daerah Langgar Dalem.


Dalam akun twitter resmi Kodim 0722/Kudus disebutkan bahwa silaturrahim tersebut adalah dalam rangka memohon doa restu agar dapat mengemban setiap amanat jabatan dengan baik. Dalam twit tersebut dijelaskan jabatan adalah tanggungjawab, pengorbanan, pelayanan, dan keteladanan yang dilihat dan dinilai banyak orang.




Foto-foto tersebut dipublikasikan melalui twitter Humas Polres Kudus dan KOdim 0722/Kudus
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger