Adv 1
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Sejumlah Siswa MAN 2 Kudus Kampanyekan Anti Berita Hoax

Sejumlah Siswa MAN 2 Kudus Kampanyekan Anti Berita Hoax


Kondisi penyebaran berita bohong atau yang kerap disebut hoax atau fake news dinilai sudah sampai pada tahap yang mengkhawatirkan. Fake news  oatau berita hoax bisa dimaknai sebagai informasi bohong baik yang sejak awal merupakan hasil fabrikasi atau sesuatu yang sengaja dipelintir dan kemudian disebarkan melalui berbagai kanal informasi.
Pada awalnya berita hoax bisa sering dianggap sebagai informasi yang tersaji di media sosial yang belum terverifikasi kebenarannya. Biasanya masyarakat akan mencari berita sejenis ke media-media yang masih mendapat kepercayaan publik untuk bisa mencari kebenarang tentang berita apakah merupakan informasi yang benar atau tidak.
Menurut sebagian pengamat, teror hoax ini berpotensi berlanjut bahkan akan terus berkembang menjadi persoalan yang lebih besar hingga pemilihan presiden pada 2019 nanti, khususnya jika dikaitkan bukan hanya dengan isu politik, tetapi terus digali dan dilekatkan dengan isu-isu lain, termasuk sentiman berbau SARA yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
Atas dasar inilah, sejumlah siswa dari MAN 2 Kudus mengkampanyekan gerakan Anti Hoax di depan Ramayana Mall Kudus, Jumat 15 Maret 2018. Dalam kampanye yang diunggah di Instagram MAN 2 Kudus tersebut, terlihat para siswa menuangkan aspirasi mereka dalam apapan-papan yang mereka bawa sebagai bahan sosialisasi kepada masyarakat.
“Tidak Semua Yang Kamu Baca di Internet Itu Benar”, “Kami Menolak Hoax”, “Buang Hoax Pada Tempatnya”, “Hoax Bikin Otak Jadi Soak”, “Saya Indonesia, Saya Anti Hoax”, “Buang Sampah Berita Hoax”, dan pesan-pesan lainnya mereka pamerkan serta tunjukkan ke masyarakat.
Kampanye tersebut juga didampingi oleh pihak kepolisian dari Polres Kudus. Polisi yang juga sedang gencar-gencarnya memberantas hoax sangat mengapresiasi inisiatif pelajar dari MAN 2 Kudus tersebut. Kegiatan tersebut juga diliput oleh reporter ekstrakulikuler jurnalistik yang tergabung dalam JFC Mandaku yang dipimpin oleh Ulya Irfa beserta teman-temannya.
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger