Adv 1
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Siswa SD Birrul Walidain Ikuti Pelatihan Kreasi Sampah

Siswa SD Birrul Walidain Ikuti Pelatihan Kreasi Sampah

Hal pertama yang terlintas dari kata “sampah” adalah tumpukan sisa-sisa makanan atau limbah yang menimbulkan aroma tak sedap dan tidak enak dipandang oleh mata serta tidak berguna lagi. Pada dasarnya sampah adalah sisa-sisa benda atau barang yang tidak dibutuhkan lagi setelah proses pemakaian. Sampah memiliki potensi untuk merusak segala hal yang ada di sekitarnya termasuk pada lapisan atmosfer bumi.

Faktanya setiap aktivitas yang dilakukan manusia, pasti menghasilkan sampah. Dalam kehidupan sehari-hari, jumlah sampah terbesar disumbang oleh aktivitas industri. Hampir seluruh produk industri akan menghasilkan sampah pada proses akhirnya. Jumlah sampah tiap hari semakin bertambah namun tidak diimbangi dengan upaya pengurangan jumlah sampah. Masih banyak orang yang tidak peduli, mereka acuh terhadap kehadiran sampah di sekililing mereka, mereka masih banyak yang membuang sampah di sungai dan lain sebagainya. Jika hal ini tetap dibiarkan tanpa andanya tindak lanjut yang nyata maka jumlah sampah akan terus menumpuk dan akan menimbulkan permasalahan baru.

Penumpukkan sampah yang terus meningkat akan menyebabkan berbagai masalah baik secara langsung maupun tidak langsung bagi penduduk kehidupan. Dampak langsung yang ditimbulkan dari tumpukan sampah adalah munculnya penyakit menular maupun penyakit kulit serta gangguan pernafasan. Sedangkan dampak tidak langsungnya adalah penyebab banjir yang disebabkan oleh tumpukan sampah yang ada di aliran sungai.

Sementara ini pengolahan sampah yang sering dilakukan adalah dengan teknik pembakaran, karena dianggap cepat dan tidak merepotkan. Namun, ada hal baik yang kali ini diajarkan oleh Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kabupaten Kudus kepada adik-adik kita dari SD Muhammadiyyah Birrul Walidain Kudus.


Sebanyak 56 siswa SD Birrul Walidain mengikuti Pelatihan Kreasi Daur Ulang Sampah di Dinas PKPLH Kudus Jl. AKBP R. Agil Kusumadya No. 1/ A Kudus. Di bawah bimbingan Ibu Sri Sentuni dari Bank Sampah Jati Asri Kudus, para siswa SD tersebut sangat antusias mengikuti jalannya pelatihan.

Ibu Sri Sentuni memberikan banyak contoh kreasi daur ulang sampah dari sampah jenis plastik, misalnya saja plastik deterjen, plastik pengharum baju. Anak-anak pun terlihat sangat menikmati membuat berbagai pola dan bentuk kreasi dari sampah bekas kemasan produk yang telah dibersihkan tersebut.


Kegiatan yang dilakukan pada Rabu 28 Februari oleh para siswa SD Birrul Walidain tersebut juga dalam rangka mengkampanyekan Gerakan Pungut Sampah Untuk Indonesia Bebas Sampah 2020. Pelatihan dibuka oleh Bapak drs. Abdul Halil yang merupakan Plt. Kepala Dinas PKPLH Kudus. Fokus kegiatan tersebut adalah mengajarkan para siswa SD untuk belajar membuat kreasi dari kemasan produk yang sudah tak terpakai, sehingga mereka dapat memanfaatkan sampah untuk sesuatu yang baik.

Para siswa SD yang mengikuti pelatihan juga diingatkan agar ikut serta dalam menjaga kelestarian lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Para peserta dilatih agar terbiasa untuk dapat membuang sampah pada tempat sampah.



Foto dan Berita dari Dinas PKPLH Kudus
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger