Adv 1
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Formi UMK Agendakan Pengajian Isra' Mi'raj Bersama Gus Qoyyum

Formi UMK Agendakan Pengajian Isra' Mi'raj Bersama Gus Qoyyum


Selama ini jamiyah Nahdliyyin lekat dengan warga pedesaan, namun itu dulu, karena sekarang NU juga mulai aktif dalam kegiatan keislaman kampus. Adalah Pengajian dalam rangka Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW yang merupakan kegiatan rutin dalam peringatan isra’ mi’raj setiap tahunnya di Indonesia yang selalu diperingati oleh warga Nahdliyyin pada umumnya, kini sudah mulai diperingati di beberapa kampus tak terkecuali Kampus Universitas Muria Kudus (UMK).

Perjalanan Isra Mi’raj merupakan perjalanan yang penuh berkah yang menunjukkan betapa Maha Kuasanya Allah Subhanahu wa Ta’ala. Bagaimana seorang hamba –Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam-, bersama ruh dan jasadnya menempuh jarak ribuan bahkan jutaan kilometer hanya dalam satu malam saja. Dan dalam perjalanan yang sedemikian cepat tersebut, Allah SWT kuasakan Nabi Muhammad mampu melihat keadaan sekitar yang beliau lewati, baik kejadian atau keadaan saat Isra maupun Mi’raj.

Isra Mi’raj adalah perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad dalam waktu satu malam saja. Kejadian ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam, karena pada peristiwa ini Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam mendapat perintah untuk menunaikan shalat lima waktu sehari semalam. Isra’ merupakan kisah perjalanan Nabi Muhammad dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjidil Aqsa di Yerussalem. Sedangkan Mi’raj merupakan kisah perjalanan Nabi dari bumi naik ke langit ketujuh dan dilanjutkan ke Sidratul Muntaha (akhir penggapaian) untuk menerimah perintah di hadirat Allah SWT. 

Peristiwa penting inilah yang selalu diperingati oleh masyarakat Indonesia yang kebanyakan adalah warga Nahdliyyin untuk mengambil peringatan dan pelajaran dalam peristiwa itu.

Formi UMK yang merupakan singkatan dari Forum Mahasiswa Islam Universitas Muria Kudus beserta Takmir Masjid Daarul Ilmi Kampus UMK memprakarsai hadirnya Pengajian Umum dalam rangka memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Bertempat di Masjid Daarul Ilmi Kampus UMK, Formi UMK beserta pihak UMK akan mengadakan peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW pada hari Kamis tanggal 12 April 2018 mulai pukul 09.00 WIB.

Seperti info yang kami dapatkan melalui media sosial Formi UMK, Pengajian ini bersifat umum, artinya masyarakat luas siapapun dapat menghadiri peringatan isra’ mi’raj di Kampus UMK, tidak hanya terbatas pada mahasiswa maupun pihak Kampus UMK saja.

Pengajian tersebut akan mendatangkan Gus Qoyyum dari Lasem untuk mengisi acara dan memberikan mauidhoh hasanah serta menutup acara dengan doa. Gus Qoyyum merupakan pengasuh di Pondok Pesantren Annur di daerah Lasem, Kabupaten Rembang. Selain Gus Qoyyum, Acara ini juga akan menghadirkan Grup Rebana yang diisi oleh Mahasiswa dan Mahasiswi UMK yakni Burjur Rahmah.
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger