Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Rangkaian Acara Haul KH. Sofwan Jekulo Ke 20

Rangkaian Acara Haul KH. Sofwan Jekulo Ke 20


Haul ke 20 KH. Sofwan tahun ini akan diadakan pada tanggal 30 April 2018 atay hari Senin malam Selasa. Acara-acara dalam haul tersebut akan diadakan di Masjid Baitul Hannan Jekulo Kidul Kecamatan Jekulo, Kudus.

Haul KH. Sofwan duperingati setiap malam Nishfu Sya'ban atau 15 Sya'ban. Tahun ini acara akan dimulai pada pukul 06.00 WIB dengan Khotmil Quran. Acara Haul KH. Sofwan selalu dibarengi dengan acara Ruwahan.

Sebagaimana kebanyakan masyarakat Kudus terutama di kalangan warga Nahdliyyin, setiap bulan Sya'ban yang juga dijuluki Bulan Ruwah dalam penanggalan Kalender Islam di Tanah Jawa, rutin diadakan acara Ruwahan. 

Acara ruwahan merupakan acara berkirim doa kepada sanak keluarga yang telah wafat sesuai perintah Rasul agar mendoakan orang-orang tua yang telah wafat mendahului kita.

Oleh karena itu, panitia acara Haul KH. Sofwan ke 20 juga tak lupa menyelenggarakan doa bersama untuk para pendahulu dengan acara Ruwahan pada ba'da ashar yang dilanjutkan dengan acara Yasinan atau pembacaan Surat Yaasiin pada ba'da maghribnya.

Acara Ruwahan pun dilanjutkan dengan pembacaan tahlil massal pada ba'da isya. Tahlil massal merupakan tradisi baik di Kota Kudus pada bulan Sya'ban. Tujuannya tak lain dan tak bukan adalah mengirim doa kepada sanak saudara yang telah wafat juga membiasakan masyarakat untuk mengingat Allah dengan dzikir tahlil secara bersama. 

Selain itu, masyarakat juga diingatkan bahwa kematian itu sesunggunnya adalah dekat sehingga selalu waspada dan berusaha mendekat ke jalan yang diridhai Allah SWT.

Melalui acara Ruwahan ini, panitia juga berharap masyarakat dapat menjalin silaturrahim dan saling memaafkan jelang masuknya bulan Ramadhan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Maulid Nabi. Dalam acara ini juga akan ada huburan Hadrah dari Rebana al Kautsar dan Penari-Penari Sufi Cilik.

Puncak acara adalah pengajian umum yang tentu akan membahas kehidupan KH. Sofwan yang penuh dengan keteladanan. Pengajian umum akan diisi oleh Kyai Imam Fathoni asal Kudus. 
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger