Adv 1
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Ansor dan IPNU Getas Pejaten Adakan lomba Tongtek Sahur

Ansor dan IPNU Getas Pejaten Adakan lomba Tongtek Sahur


Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama bekerja sama dengan PAC Gerakan Pemuda Ansor Getas Pejaten, Jati, Kabupaten Kudus akan menggelar kompetisi tongtek sebagai salah satu upaya melestarikan musik tradisional khas Kabupaten Kudus. 

Kompetisi musik tongtek tersebut akan digelar pada Sabtu malam Ahad, 9 Juni 2018, di gedung Graha Mustika Getas Pejaten dan mengambil finish di MI NU Baitul Mukminin.

Kegiatan lomba musik tongtek ini dalam rangka membangkitkan kembali musik tradisional yang biasanya untuk membangunkan umat Islam saat waktu sahur pada bulan puasa.Seiring dengan perkembangan zaman, kebiasaan membangunkan umat Islam dengan musik tongtek yang biasanya dibunyikan sambil keliling kampung itu kini mulai ditinggalkan dan jarang sekali terdengar lagi musik tradisional tersebut pada waktu sahur. Selain bertujuan memeriahkan Ramadan, lomba tongtek ini juga bertujuan melestarikan musik tradisional tersebut agar tetap terdengar di setiap bulan puasa.

Lomba Tongtek Sahur Ramadhan 1439 H ini diperuntukkan untuk umum dan dari kalangan manapun, baik instansi pemerintah, swasta, masjid dan musholla, maupun masyarakat lainnya. Syaratnya, setiap tim yang akan bertanding diwajibkan mengisi formulir pendafataran (yang dapat diunduh di Musholla RAPI Online) yang nantinya akan ditukarkan dengan nomor peserta. Setiap calon tim peserta dikenai biaya pendaftaran sebesar Rp 25.000,00.

Formulir pendaftaran untuk diunduh
Pada waktu perlombaan, setiap ti  peserta tidak boleh menggunakan alat musik elektronik seperti organ, gitar, dan lainnya. Jumlah peserta dalam satu tim juga dibatasi minimal 10 orang dan maksimal 15 orang. Setiap tim peserta diberikan durasi waktu 5 menit di atas panggung untuk menyanyikan lagu-lagu islami sebelum melakukan perjalanan untuk lomba tongtek.

Peserta yang tampil kreatif dan kompak sepanjang rute perjalanan yang dimulai dari Gedung Graha Mustika hingga MI NU Baitul Mukminin serta menampilkan ciri khas musik tongtek berpeluang mendapatkan juara. Keindahan alunan tongtek, kreativitas, dan kekompakan serta semangat tim akan menjadi kriteria penilaian dewan juri.
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger