Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Ikutilah Ngaji Pasanan Kitab Safinatun Najah

Ikutilah Ngaji Pasanan Kitab Safinatun Najah



Sudah bukan rahasia, Ramadhan hampir selalu menjadi momen spesial bagi kalangan pesantren. Mereka umumnya mentradisikan pengajian kitab khusus selama bulan suci atau dikenal ngaji pasanan.

Beberapa tempat di Kabupaten Kudus selama Ramadhan ini akan mengadakan Ngaji Pasanan untuk membahas Kitab Safinatun Najah. Safinatun Najah adalah sebuah kitab ringkas mengenai dasar-dasar ilmu fikih menurut mazhab Syafi'i.

Kitab ini ditujukan bagi pelajar dan pemula sehingga hanya berisi kesimpulan hukum fikih saja tanpa menyertakan dalil dan dasar pengambilan dalil dalam penetapan hukum. Meski begitu masih terdapat beberapa permasalahan fikih yang tergolong ikhtilaf di kalangan ulama ahli fiqih antar mazhab bahkan di kalangan ulama mazhab Syafi'i sendiri, sehingga diperlukan kesungguhan atau panduan dalam memilih pendapat yang lebih tepat (rajih) sesuai dengan Al-Qur'an dan Hadits Nabi.


Kitab ini ditulis oleh Syaikh Salim bin Sumair al-Hadhrami seorang ulama asal Yaman yang wafat di Jakarta pada abad ke-13 H. Kitab ini populer di kalangan pondok-pondok pesantren Nahdliyyin dan masuk sebagai salah satu materi kurikulum dasarnya.

Tempat yang melakukan Ngaji Pasanan Kitab Safinatun Najah adalah Gedung NU Besito, Gebog setiap pagi ba’da subuh mulai tanggal 18 Mei 2018 (2 Ramadhan 1439 H) hingga 13 Juni 2018 (28 Ramadhan 1439 H). Pengajian Kitab Safinatun Najah akan diampu oleh Ustadz Ahmad Khoiruddin. Menariknya, panitia penyelenggara akan membagikan 50 kitab Safinatun Najah secara gratis bagi 50 peserta pertama.

Di Jepang Pakis juga ada Ngaji pasanan Kitab Safinantun Najah yang diampu oleh Ustadz Muhammad Islahul Umam atau yang lebih akrab dipanggil Gus Umam. Bertempat di Masjid Jami’ Baiturrahim, pengajian akan dimulai setiap hari (kecuali hari jumat) pada pukul  16.30 WIB mulai 21 Mei 2018 hingga 9 Juni 2018.
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger