Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » KESANKU Gelar Festival Rebana Setelah Idul Fitri

KESANKU Gelar Festival Rebana Setelah Idul Fitri


Keluarga Santri Sarang Kudus (KESANKU) akan menggelar pada hari Ahad 24 Juni 2018 di Masjid At Taqwa, Ngemplak Undaan. Kesanku merupakan alumni Pondok Pesantren Sarang, Rembang yang beranggotakan santri-santri alumni asal Kota Kudus.

Sesuai dengan tujuan dibentuknya KESANKU yakni meningkatkan ukhuwah islamiyah, seperti pada tahun-tahun sebelumnya, setiap Idul Fitri KESANKU selalu mengadakan acara halal bi halal yang mempertemukan para anggotanya juga dengan guru-gurunya.Untuk Tahun 1439 H, KESANKU akan mengadakan Festival Rebana yang akan tampil memeriahkan acara hahal bi halal tersebut.

Alat musik rebana merupakan salah satu cara penyebaran syi’ar islam melalui kesenian dan kebudayaan. Di Kudus sendiri, Rebana telah populer di kalangan anak-anak muda dan telah mengambil hati mereka. Melalui lantunan qasidah sholawat dan iringan rebana, anak-anak muda yang dahulu awam dengan kesenian islam, akhir-akhir ini menjadi respek terhadap kesenian islam itu sendiri. Anak-anak muda yang biasanya menghabiskan waktu untuk nongkrong-nongkrong itu pun jadi mau mendatangi majelis-majelis taklim secara berbondong-bondong karena ketertarikannya akan qasidah sholawat yang diiringi rebana dalam acara itu


Lomba Rebana kali ini adalah tingkat eks Karisidenan Pati. Calon peserta merupakan grup rebana di wilayah eks Karisedenan Pati. Peserta dibatasi usia maksimal 25 tahun yang satu gruopnya terdiri dari 12 personel putra atau putri dan tidak boleh campuran. Peserta festival Rebana nantinya akan menampilkan dua lagu qasidah sholawat. Akan ada satu  lagu wajib yang harus didendangkan sedangkan satu lagu yang lain merupakan lagu pilihan peserta sendiri.


Ketentuan lagu Qosidah nantinya akan disampaikan pada saat Technical Meeting yang akan dilakukan pada tanggal 7Juni 2018vdi Masjid At Taqwa Ngemplak, Undaan.

Peserta terbaik akan mendapatkan penghargaan berupa trophy, piagam, dan uang pembinanan. Pendaftaran dibuka hingga tanggal 11 Juni 2018. Untuk informasi lomba dan keikutsertaan dapat menghubungi Awwalin pada nomor 085875566068,  Aji pada nomor 085728460068, dan Najib pada line telpon 085848345607.
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger