Adv 1
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Lima Sumber Ampunan di Bulan Ramadhan

Lima Sumber Ampunan di Bulan Ramadhan

Dalam bulan Ramadhan banyak sekali sebab-sebab turunnya ampunan. Di antara sebab-sebab itu adalah :

Pertama, melakukan puasa di bulan ini. 

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa puasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala Allah, niscaya ia diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari)

Kedua, melakukan shalat tarawih dan tahajjud di dalamnya. 

Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa melakukan shalat malam di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala Allah, niscaya diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari-Muslim)

Ketiga, Melakukan shalat dan ibadah lain di malam Lailatul Qadar.

Yaitu pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Ia adalah malam yang penuh berkah, yang di dalamnya diturunkan Al-Qur`anul Karim. Dan pada malam itu pula dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa melakukan shalat di malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala Allah, niscaya ia diampuni dosanya yang telah lalu.” (Hadits Muttafaq ‘Alaih)

Keempat Memberi makanan untuk berbuka kepada orang yang berpuasa. 

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang di dalamnya (bulan Ramadhan) memberi ifthar kepada orang berpuasa, niscaya hal itu menjadi sebab) ampunan dari dosa-dosanya, dan pembebasan dirinya dari api Neraka.” (HR. Ibnu Khuzaimah, Al-Baihaqi, dan lainnya).

Kelima,  Beristighfar meminta ampunan serta berdoa ketika dalam keadaan puasa, berbuka, dan ketika makan sahur. 

Rasulullah SAW bersabda, “Ada tiga macam orang yang tidak ditolak doanya: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan orang yang didzalimi.” (HR. Ahmad, At-Tirmidzi, An-Nasaa`i dan Ibnu Majah).

Jika sebab-sebab ampunan di bulan Ramadhan demikian banyak, maka orang yang tidak mendapatkan ampunan di dalamnya adalah orang yang memiliki seburuk-buruk nasib. Kapan lagi ia mendapatkan ampunan jika ia tidak diampuni pada bulan ini ? Kapan dikabulkannya (permohonan) orang yang ditolak pada saat Lailatul Qadar ? Kapan baiknya orang yang tidak menjadi baik pada bulan Ramadhan ?




Sumber catatan Habib Ali Akbar bin Aqil
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger