Adv 1
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Pengajian Ramadhan Tafsir Jalalain KH. Sya’roni Dimulai Ahad Ini

Pengajian Ramadhan Tafsir Jalalain KH. Sya’roni Dimulai Ahad Ini


Pengurus Yayasan Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus (YM3SK) telah mengumumkan pengajian kitab Tafsir Al-Qur’an yang diasuh oleh KH Sya’roni Ahmadi Alhafidz, pada bulan Ramadhan 1439H tahun ini Insya Allah akan dimulai pada Ahad subuh 4 Ramadhan 1439H, setelah sholat subuh berjama’ah.

Pengumuman tersebut kami dapatkan melalui pesan WA yang bertuliskan Arab Pegon berbahasa jawa “Insya Allah Ahad ba’da subuh ngaji tafsir Jalalain sareng Mbah Sya’roni Ahmadi Al Hafidz teng Masjid Al Aqsha Menara Kudus”

Rekan kami, Muhammad Rustan, mengkonfirmasi akan pengumuman tersebut bahwa memang rencananya pengajian Tafsir Jalalain edisi Ramadhan 1439 H sudah terdengar desas-desusnya akan dimulai pada Ahad pagi minggu pertama.


Dalam pengajiannya, yang dibahas tidak hanya soal isi kitab, melainkan juga membahas perkembangan informasi yang lagi hangat pada waktu itu. Menurutnya, “Ceramah beliau menyejukkan hati, dan isinya mudah diterima oleh masyarakat umum,” ungkapnya.

Pengajian Tafsir Jalalain sudah menjadi agenda rutin Yayasan Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus setiap tahunnya. Durasi pengajian tersebut sekitar satu jam lamanya. Usai jamaah salat subuh, KH. Sya'roni akan segera memulai pengajian, perkiraan selesai pada sekitar pukul 06.00 waktu istiwak.

Berkaca pada Ramadan tahun sebelumnya, tiap hari jamaah pengajian memludak. Mencapai ribuan orang tiap harinya. Jamaahnya tak hanya dari sekitar Kudus, melainkan banyak juga dari daerah sekitar. Per hari bisa mencapai tiga ribu orang jamaah yang menyimak pengajian tafsir Al-Quran, yang disampaikan beliau.

Dalam acara pengajian ini juga dapat kita ambil pelajaran dari Romo KH. Sya’roni Ahmadi mengenai semangatnya dalam memberikan pengajian dan menebarkan dakwah islam yang Rahmatan lil Alamin walaupun dalam usia yang sudah sepuh dan beberapa keterbatasan. Tahun lalu, Beliau membewakan pengajian Tafsir Jalalain dengan menggunakan kursi roda, demikian kiranya juga untuk tahun ini.

Musholla RAPI Online juga merencanakan akan merekam pengajian Tafsir Jalalain ini untuk dibagikan secara online kepada para pengunjung setia Musholla RAPI Online. Kami memohon doanya agar dapat menjalankan rutinitas ini seperti tahun-tahun sebelumnya, sehingga saat bulan Syawal nanti sudah dapat kami upload. Semoga KH. Sya’roni Ahmadi diberikan kesehatan dan dapat terus mengajarkan ilmunya untuk para santri di Kota Santri Kudus. Aamiin. 

Download rekaman Ngaji Tafsir Jalalain tahun lalu, Ramadhan 1438 H di sini
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger