Adv 1
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Pengajian Sedulur Maiyah Kudus Bahas Bahaya Hoax

Pengajian Sedulur Maiyah Kudus Bahas Bahaya Hoax


Komunitas Maiyahan (Pengajian yang dipimpin Cak Nun) di Kabupaten Kudus yang dikenal dengan sebutan Sedulur Maiyah Kudus, menggelar acara bertajuk Semak Tadabburan di Museum Kretek Kuduspada hari Selasa 29 Mei 2018. Acara yang dimulai pukul 21.00 WIB hingga menjelang sahur tersebut mengambil bahasan Warta Sulaya atau lebih populer disebut hoax

Sejumlah tokoh hadir dalam kegiatan tersebut, diantaranya Habib Anies Sholeh Ba’asyindari Pati dan Ipda Subkhan dari Satuan Intelkam Polres Kudus dan para anggota Sedulur Maiyah Kudus.

Ipda Subkhan dari Satuan Intelkam Polres Kudus, memaparkan bahwa hoax dapat digolongkan menjadi tiga yaitu propaganda, agitasi dan provokasi.

Ipda Subkhan menjelaskan konsekuensi bagi para penyebar hoax. Ancaman hukuman penjara 6 tahun dan dengan sampai 1 M sebagaimana tercantum dalam UU No. 11 Tahun 2008 tentang ITE tidak serta merta membuat takut dan menghentikan penyebaran hoax, karena hoax yang ada dibalut dengan firman Tuhan, sehingga menyebarkannya dianggap sebagai perintah Tuhan yang harus dilakukan,” imbuhnya.

Beliau juga menjelaskan bahwa penyebar hoax hakikatnya adalah seorang pencuri karena pencuri itu mengambil harta kita tanpa hak dan penyebar hoax itu mengambil akal dan pikiran kita semua.

Setelah pemaparan dari Ipda Subkhan, giliran Habib Anies Sholeh Ba’asyin yang menyampaikan tausiyahnya. Beliau mengatakan bahwa hoax ada karena adanya kepentingan, yaitu kepentingan ideologi, kepentingan ekonomi dan kepentingan kekuasaan.

Penerima informasi adalah pion-pion yang digerakkan oleh dalang, dan dalangpun ternyata ada yang membayarnya. Artinya lebih baik diam dari pada yang kita lakukan banyak mudhorotnya.



Sumber Berita dan Foto: Humas Polres Kudus
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger