Adv 1
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Kupatan di Bulusan Akan Dimeriahkan Festival Rebana

Kupatan di Bulusan Akan Dimeriahkan Festival Rebana


Tradisi kupatan merupakan tradisi tahunan yang dilakukan oleh masyarakat Kudus seminggu pasca Idul Fitri. Salah satu tempat yang akan ramai dikunjungi oleh masyarakat baik warga Kudus maupun warga dari luar Kudus untuk alternatif wisata dan berkumpul bersama keluarga adalah daerah Bulusan di desa Hadipolo Jekulo.

Tahun 1439 H akan ada Festival Rebana yang akan tampil memeriahkan Festival Budaya Bulusan tersebut. Alat musik rebana merupakan salah satu cara penyebaran syi’ar islam melalui kesenian dan kebudayaan. Di Kudus sendiri, Rebana telah populer di kalangan anak-anak muda dan telah mengambil hati mereka. Melalui lantunan qasidah sholawat dan iringan rebana, anak-anak muda yang dahulu awam dengan kesenian islam, akhir-akhir ini menjadi respek terhadap kesenian islam itu sendiri. Anak-anak muda yang biasanya menghabiskan waktu untuk nongkrong-nongkrong itu pun jadi mau mendatangi majelis-majelis taklim secara berbondong-bondong karena ketertarikannya akan qasidah sholawat yang diiringi rebana dalam acara itu

Panitia Festival Budaya Bulusan akan menyisipkan Lomba Rebana Untuk Umum tanpa biaya pendaftaran. Persyaratnnya adalah peserta merupakan grup rebana yang berada di wilayah Kabupaten Kudus dan mengisi formulir pendaftaran terlebih dahulu. Pendaftaran dilakukan sejak tanggal 14 Mei hingga 14 Juni 2018 di Toko TREND FASHION (belakang Rumah Makan Bambu Wulung) Jekulo.

Peserta dibatasi usia maksimal 25 tahun yang satu gruopnya terdiri dari 12 personel putra/ putri maupun campuran. Peserta festival Rebana nantinya akan menampilkan dua lagu qasidah sholawat. Akan ada satu lagu wajib yang harus didendangkan sedangkan satu lagu yang lain merupakan lagu pilihan peserta sendiri.

Lagu wajib yang harus ditampilkan oleh peserta adalah “Kunta Rohiman” atau “Yaa Asyiqal Musthofa”, serta lagu bebas disyaratkan harus berbahasa arab (bukan sy’iran jawa/ bahasa lainnya). Peserta diwajibkan membawa alat sendiri-sendiri.

Technical Meeting akan dilakukan sehari sebelum kegiatan lomba yaitu 20 Juni 2018di Pendopo Negbul Bulusan di dukuh Sumber Hadipolo Jekulo, yang juga merupakan tempat lomba akan berlangsung keesokan harinya.

Peserta akan diambil 3 terbaik untuk mendapatkan penghargaan berupa trophy, piagam, dan uang pembinanan. Untuk informasi lomba dan keikutsertaan dapat menghubungi Badrul pada nomor 085642797964 dan Dicky 085786669446.
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger