Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Takbir Keliling Bae Krajan Berlangsung Meriah

Takbir Keliling Bae Krajan Berlangsung Meriah


Tahun 1439 menjadi awal dari diselenggarakannya Takbir Kelilung di Dukung Bae Krajan, Kecamatan Bae, Kudus. Jika pada tahun-tahun sebelumnya takbir dipusatkan hanya di masing-masing masjid atau musholla, maka tahun ini mulai diadakan takbir kelilung bersama.

Koordinator acara, Bowo Santoso, mengatakan bahwa Takbir Keliling bersama ini adalah upaya untuk menghidupkan syiar takbiran di Dukuh Bae Krajan. "Selama ini kan hanya Bae Krajan saja yang tidak ada agenda takbir keliling. Padahal empat dukuh lainnya di Desa Bae setiap tahunnya mengadakan Takbir Keliling. Oleh karena itu, tahun ini kami dari Musholla Al Qudsy menginisiasi untuk diadakan takbir keliling tingkat Dukuh Krajan," Ungkapnya saat kami temui.

Musholla al Qudsy, Musholla RAPI, dan Musholla Al Husna merupakan tiga musholla yang ada di Dukuh Krajan. Pengurus tiga musholla tersebutpun terlibat dalam acara Takbir Keliling. "Semua dilibatkan, kami bentuk panitia dari tiga musholla. Ketiga musholla tersebut akan mendapat giliran menjadi tuan rumah dalam acara Takbir keliling tiap tahunnya. Oleh karena itu, semuanya harus mengetahui agenda ini", ungkap Bowo saat rapat koordinasi. 


Acara takbir keliling sendiri berlangsung pada malam 1 Syawal 1439 ba'da sholat. Peserta Takbir keliling yang berjumlah lebih dari 500 orang pun berkumpul di halaman Musholla Al Qudsy RT. 3 sebelum diberangkatkan oleh Ketua Pengurus Musholla al Qudsy, H. Qosim, S.Ag, MH. 

Dalam takbir keliling tersebut, juga dimeriahkan oleh Tim Tongtek Sapu Jagad RT. 3. Sementara itu, Musholla RAPI menerjunkan Mobil Hias bertema Menara Kudus hasil karya Kaligrafer terkenal, Turmudzi el Faiz yang dihiasi lampu LED besutan Bagus Vidianto dan Khoirul Aziz dari Remaja Musholla RAPI. Mobil hias tersebutpun mengangkut para personel Hadrah Nurun Najma yang mendengdangkan takbiran diiringi tabuhan rebana. Sementara itu, dari Musholla Al Husna pun menyemarakkan kegiatan takbir keliling dengan lantunan takbiran dengan sound system yang diangkut mobil bak terbuka.


Acara tambah semarak karena panitia membagikan kupon door prize kepada setiap peserta baik anak-anak maupun dewasa. Semua berkesempatan mendapatkan hadiah yang dipersembahkan oleh para donatur dan sponsor. 

Usai acara Takbir Keliling, dilanjutkan dengan sambutan dari Pengurus Musholla al Qudsy sebagai tuan rumah pertama gelaran ini, kemudian dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin oleh Imam Musholla RAPI, Ust. Mufid. Acara pun berlanjut ke pembagian door prize.

Peserta tampak antusias dalam acara pengundian door prize yang dilakukan dengan mencocokkan nomor peserta dengan nomor yang sudah dimasukkan ke dalam kotak undian. Hadiah bermacam-macam mulai dari snack, alat-alat masak, kaligrafi, hingga peralatan elektronik. Acara berlangsung meriah hingga ditutup pada pukul 22.30.

Dalam penutupan acara, diserahkan secara simbolis pergantian tuan rumah Takbir Keliling Dukuh Bae Krajan untuk tahun 1440 mendatang. Ketua pengurus Musholla al Qudsy menyerahkan stampel panitia acara kepada perwakilan dari pengurus Musholla RAPI yaitu Bapak Turaichan. Pengurus Musholla RAPI akan didaulat menjadi tuan rumah serta penanggungjawab acara Takbir Keliling untuk tahun depannya.

Untuk kelancaran acara, Hansip Desa Bae beserta tim Banser Ansor NU diturunkan di setiap titik yang akan dilalui oleh para peserta Takbiran Keliling.
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger