Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Pendaftaran Lomba Rebana Masjid Al Ikhsan Prambatan Lor Ditutup Akhir Bulan

Pendaftaran Lomba Rebana Masjid Al Ikhsan Prambatan Lor Ditutup Akhir Bulan


Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sebentar lagi akan bergulir mengingat akan segera berakhirnya bulan Shafar 1440 H. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW identik dengan diadakannya majelis-majelis ilmu dalam bentuk pengajian umum maupun telaah kitab dan pembacaan Kitab-kitab Maulid. Satu lagi yang tak boleh ketinggalan yaitu hadirnya grup-grup rebana yang mengiringi atau mengisi hiburan di sela-sela acara pengajian.

Rebana merupakan salah satu cara penyebaran syi’ar islam melalui kesenian dan kebudayaan. Di Kudus sendiri, Rebana telah populer di kalangan anak-anak muda dan telah mengambil hati mereka. Melalui lantunan qasidah sholawat dan iringan rebana, anak-anak muda yang dahulu awam dengan kesenian islam, akhir-akhir ini menjadi respek terhadap kesenian islam itu sendiri. Anak-anak muda yang biasanya menghabiskan waktu untuk nongkrong-nongkrong itu pun jadi mau mendatangi majelis-majelis taklim secara berbondong-bondong karena ketertarikannya akan qasidah sholawat yang diiringi rebana dalam acara itu.

Hal inilah yang nampaknya melandasi diadakannya Lomba Rebana 2018 tingkat eks karisedenan Pati dalam acara Gebyar Maulid di Masjid Jami’ Al Ikhsan Prambatan Lor, Kudus. Acara Lomba Rebana yang akan dilaksanakan pada hari Ahad pagi 18 November 2018 tersebut, telah membuka pendaftaran bagi para calon peserta mulai 24 September 2108 yang lalu dan akan ditutup pada akhir bulan Oktober 2018 dengan biaya pendaftaran Rp  50.000,00. Calon peserta adalah masyarakat umum di lingkungan eks Karisedenan Pati.

Peserta yang telah mendaftarkan diri diwajibkan mengikuti Technical Meeting pada tanggal 11 November  2018 di Serambi Masjid Al Ikhasan. Grup-grup rebana yang telah mendaftar nantinya akan menampilkan dua lagu qasidah sholawat. Qasidah Bi Maulidil Hadi ataupun Yaa Khoiro Maulid yang dipopulerkan oleh Al Mubarrok Qudsiyyah menjadi lagu wajib dalam lomba tersebut. Peserta harus memilih salah satu dari dua lagu qasidah tersebut sebagai lagu yang wajib dihadirkan. Selain lagu qasidah tersebut, lagu sesuai pilihan peserta akan menjadi penampilan kedua.  

Dengan durasi tampil 15 menit, para peserta akan dinilai oleh tim juri perihal kekompakan, lantunan nada, kreativitas, dan estetika dalam membawakan qasidah sholawat. Peserta dibatasi maksimal 15 orang dalam satu grup dengan dua oang pendamping dan diharuskan mebawa alat-alat rebana sendiri dengan persyaratan tidak boleh menggunakan alat musik elektrik atau yang memiliki notasi seperti angklung, gitar, suling, pianika, dan sejenisnya. Hadiah menarik telah disiapkan oleh panitia meliputi sertifikat dan uang pembinaan. 

Sementara itu, pada malam harinya akan dilangsungkanpengajian umudi Halaman Masjid Jami’ Al Ikhsan Prambatan Lor bersama KH. Yusrul Hana dengan penampilan Rebana Kolosal se Prambatan Lor. Dalam acara pengajian tersebut juga akan dilakukan penyerahan hadiah bagi para pemenang Lomba Rebana.
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger