Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Gus Ulil Ingatkan Untuk Tunda Dulu Sowan Ke Kyai

Gus Ulil Ingatkan Untuk Tunda Dulu Sowan Ke Kyai

Ilustrasi sebelum pandemi

Jangan Sowan Rama Kiai Dulu, begitu judul sebuah tulisan yang diposting oleh Gus Ulil Absar dalam facebooknya. Beliau menanggapi wafatnya Nyai Ishmah istri dari Romo KH. Ulinnuha Arwani yang merupakan bulik dari beliau.

Gus Ulil menyampaikan bahwa Nyai Ishmah dikabarkan wafat karena covid 19. Beliau juga menyatakan bahwa Nyai Ishmah dan Romo KH. Ulinnuha Arwani telah dirawat di sebuah rumah sakit di Semarang. Beliau mengabarkan pula bahwa kondisi kesehatan KH. Ulinnnuha Arwani berangsur membaik dan meminta doa agar sembuh total dari virus tersebut.

Gus Ulil menyatakan prihatin dan sedih yang luar biasa atas kejadian tersebut. “Dalam beberapa waktu terakhir, bebeapa kiai kapundut karena serangan covid 19”, ungkapnya. Bliau mengungkapkan jika kondisi seperti ini sudah gawat dan menuntut kita semua untuk lebih hati-hati.

Dalam postingannya, beliau mengingatkan kita semua untuk sementara berhenti terlebih dahulu untuk sowan dan ziaroh ke ndalem poro kiai. “Jika kita bena-benar mencintai dan menyayangi para kiai dan masyayikh, maka wujud kecintaan kita adalah dengan menghentikan untuk sementara kegiatan sowan kepada beliau. Tunda sowan kiai sampai keadaan normal”.

Beliau menyoroti hal tersebut karena pada umumnya Kiai dan masyayikh sudah berusia sepuh dan sangat rentan tertular virus covid 19. Sementara itu, lanjut beliau, yang sowan ke kiai dan masyayikh rata-rata berusia muda sehingga bisa saja mereka menjadi pembawa virus tetapi tanpa disertai dengan gejala atau yang disebut dengan OTG.



Sumber: facebook.com/762930532/posts/10164325035675533/
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger