Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Kekuatan Islam Adalah Akidah dan Ukhuwah

Kekuatan Islam Adalah Akidah dan Ukhuwah


Masyarakat Islam bukan tidak bisa menerima masyarakat non-muslim. Mereka diberi kebebasan untuk menentukan keyakinannya masing-masing. Nabi sendiri tidak pernah memaksakan agamanya, karena Allah pun tidak pernah memaksakan kehendak-Nya.


Dalam kehidupan kenabiannya, Rasulullah SAW menyiarkan Islam selama 23 tahun. Sepuluh tahun pertama Rasul lakukan di Mekah, sedangkan 13 tahun kedua Rasul lakukan di Madinah.


Di Mekah, Rasul mengajarkan tauhid dan akidah. Menegakan akidah ini harus sesuai dengan yang dicontohkan oleh Rasul dan tidak boleh pendapat pribadi. Di akhir tahun, biasanya umat Islam dihadapkan dengan hal yang bersifat kontradiktif terhadap hal-hal yang bersifat sosial. Pada tahun 1980-an, bahkan Buya Hamka memberikan manual bagaimana jika saudara sebangsa kita yang berbeda keyakinan, merayakan hari besar agamanya.


Bukan tidak boleh memberikan selamat, tetapi kita juga harus tahu bagaimana cara mempertahankan akidah. Hal ini kembali kepada diri kita masing-masing.


Sebagai orang yang menjadikan Rasulullah sebagai panutan, sudah sepatutnya kita mengaplikasikan pelajaran nabi Muhammad SAW. Kita patut mempelajari jargon-jargon yang ada.


Adapun keinginan untuk berinteraksi dengan hari besar agama lainnya, tergantung niat kita masing-masing. Bagaimana pun, setiap amal tergantung niatnya, dan seseorang mendapatkan hasil dari apa yang diniatkannya.


Hal ini berkaitan dengan cerita seorang pemuda ketika zaman Rasulullah SAW. Dia berhijrah bukan karena mentaati perintah rasulnya, melainkan karena tunangannya. Karena, hijrah merupakan amal saleh, dan hal ini bergantung pada niatnya. Sesuatu yang dikerjakan menurut niatnya, akan berkaitan dengan amal saleh.


Pelajaran dari hijrah sendiri, bila seorang muslim tidak mampu menikmati akidah, maka dia harus merenung kembali sikapnya terhadap akidah tersebut.


Sedangkan 13 tahun kedua, Rasulullah membangun masyarakat Islam yang kemudian berkembang menjadi kekuatan yang luar biasa. Dalam parameter politik, ilmuan barat yang cenderung obyektif, menilai bahwa kekuatan masyarakat Islam yang dibangun Rasulullah SAW sungguh luar biasa. Pondasi kekuatan ini adalah ukhuwah atau persaudaraan. 

Allah sendiri berfirman dalam Al Hujuraat ayat 10, Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.
 

Sewaktu hijrah ke Madinah, rasul pun mempersaudarakan antara kaum Anshar dan kaum Muhajirin. Persaudaraan ini merupakan usulan kaum Anshar yang akhirnya disetujui oleh Rasulullah SAW. Kaum Anshar pun mengusulkan agar berbagai harta hingga hak waris. Meskipun begitu, Rasul menolaknya dan hal ini dikuatkan oleh firman Allah yang menyatakan bahwa persaudaraan seiman tidak menyentuk hak waris.


Selama 13 tahun lamanya ini, persaudaraan dirintis, dikembangkan, hingga mampu menjadi kekuatan yang besar dan kuat. Dengan akidah dan ukhuwah ini, muncul semangat luar biasa, yang bisa dikategorikan sebagai semangat memperjuangkan kemerdekaan. Dengan hal inilah umat Islam bergerak.


Dengan pondasi yang kuat dan lengkap inilah, umat Islam akhirnya mampu mengembangkan masalah-masalah dakwah Islam. Bahkan beberapa tahun setelah Rasulullah SAW wafat, umat Islam mampu mencapai kecermelangannya.


Mudah-mudahan kedua aspek tadi, mampu memberikan inspirasi dan semangat untuk selalu berada dalam keyakinan yang seharusnya.




Disarikan dari Khutbah Jumat, 17 Desember 2010 oleh Dr. Ir. Suyatman, M.Sc di Masjid Salman ITB
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger