عَنْ أَبِي نَجِيْحٍ الْعِرْبَاضِ بْنِ سَاريةَ رَضي الله عنه قَالَ : وَعَظَنَا رَسُوْلُ اللهِ صَلىَّ الله عليه وسلم مَوْعِظَةً وَجِلَتْ مِنْهَا الْقُلُوْبُ، وَذَرِفَتْ مِنْهَا الْعُيُوْنُ، فَقُلْنَا : يَا رَسُوْلَ اللهِ، كَأَنَّهَا مَوْعِظَةُ مُوَدِّعٍ، فَأَوْصِنَا، قَالَ : أُوْصِيْكُمْ بِتَقْوَى اللهِ عَزَّ وَجَلَّ، وَالسَّمْعِ وَالطَّاعَةِ وَإِنْ تَأَمَّرَ عَلَيْكُمْ عَبْدٌ، فَإِنَّهُ مَنْ يَعِشْ مِنْكُمْ فَسَيَرَى اخْتِلاَفاً كًثِيْراً. فَعَلَيْكُمْ بِسُنَّتِي وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ الْمَهْدِيِّيْنَ عَضُّوا عَلَيْهَا بِالنَّوَاجِذِ، وَإِيَّاكُمْ وَمُحْدَثَاتِ اْلأُمُوْرِ، فَإِنَّ كُلَّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ [رَوَاه داود والترمذي وقال : حديث حسن صحيح]
Dari Abu Najih, Al 'Irbad bin Sariyah, "Rasulullah telah memberi nasehat kepada kami dengan satu nasehat yang menggetarkan hati dan membuat airmata bercucuran". kami bertanya ,"Wahai Rasulullah, nasihat itu seakan-akan nasihat dari orang yang akan berpisah selamanya (meninggal), maka berilah kami wasiat" Rasulullah bersabda, "Saya memberi wasiat kepadamu agar tetap bertaqwa kepada Alloh yang Maha Tinggi lagi Maha Mulia, tetap mendengar dan ta'at walaupun yang memerintahmu seorang hamba sahaya (budak). Sesungguhnya barangsiapa diantara kalian masih hidup niscaya bakal menyaksikan banyak perselisihan. karena itu berpegang teguhlah kepada sunnahku dan sunnah Khulafaur Rasyidin yang lurus (mendapat petunjuk) dan berpeganglah kamu dengan kepada sunnah-sunnah itu dengan kuat. Dan jauhilah olehmu hal-hal baru karena sesungguhnya kebanyakan bid'ah itu sesat." (HR. Abu Daud dan At Tirmidzi, Hadits Hasan Shahih)
Pada sebagian sanad diriwayatkan dengan kalimat, "Sesungguhnya ini adalah nasihat dari orang yang akan berpisah selamanya (meninggal). Lalu apa yang akan engkau pesankan kepada kami ?" Beliau bersabda, "Aku tinggalkan kamu dalam keadaan terang benderang, malamnya seperti siang. Tidak ada yang menyimpang melainkan ia pasti binasa"
Perkataan, "nasihat yang mengena" maksudnya adalah mengena kepada diri kita dan membekas dihati kita. Perkataan, "yang menggetarkan hati kita" maksudnya menjadikan orang takut. Perkataan,"yang mencucurkan air mata" maksudnya seolah-olah nasihat itu bertindak sebagai sesuatu yang menakutkan dan mengancam.
Sabda Rasulullah, "Aku memberi wasiat kepadamu supaya tetap bertaqwa kepada Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Mulia, tetap mendengar dan mentaati" maksudnya kepada para pemegang kekuasaan. Sabda Beliau, "Walaupun yang memerintah kamu seorang budak", pada sebagian riwayat disebutkan budak habsyi.
Sebagian Ulama berkata, "Seorang budak tidak dapat menjadi penguasa" kalimat tersebut sekedar perumpamaan, sekalipun hal itu tidak menjadi kenyataan, seperti halnya sabda Rasulullah SAW, "Barangsiapa membangun masjid sekalipun seperti sangkar burung karena Allah, niscaya Allah akan membangukan untuknya sebuah rumah di surga". Sudah tentu sangkar burung tidak dapat menjadi masjid, tetapi kalimat perumpaan seperti itu biasa dipakai.
Mungkin sekali Rasulullah memberitahukan bahwa akan terjadinya kerusakan sehingga sesuatu urusan dipegang orang yang bukan ahlinya, yang akibatnya seorang budak bisa menjadi penguasa. Jika hal itu terjadi, maka dengarlah dan taatilah untuk menghindari mudharat yang lebih besar serta bersabar menerima kekuasaan dari orang yang tidak dibenarkan memegang kekuasaan, supaya tidak menimbulkan fitnah yang lebih besar.
Sabda Rasulullah, "Sungguh, orang yang masih hidup diantaramu nanti akan melihat banyak perselisihan" ini termasuk salah satu mukjizat beliau yang mengabarkan kepada para shohabatnya akan terjadinya perselisihan dan meluasnya kemungkaran sepeninggal beliau. Beliau telah mengetahui hal itu secara rinci , tetapi beliau tidak menceritakan hal itu secara rinci kepada setiap orang, namun hanya menjelaskan secara global. Dalam beberapa hadits ahad disebutkan beliau menerangkan hal semacam itu kepada Hudzaifah dan Abu Hurairah yang menunjukkan bahwa kedua orang itu memiliki posisi dan tempat yang penting disisi Rosululloh SAW. Sabda Beliau, "Maka wajib atas kamu memegang teguh sunnahku" sunnah ialah jalan lurus yang berjalan pada aturan-aturan tertentu, yaitu jalan yang jelas.
Sabda Beliau, "dan sunnah Khulafaur Rasyidin yang mendapatkan petunjuk" maksudnya mereka yang senantiasa diberi petunjuk. Mereka itu ada 4 orang, sebagaimana ijma' para ulama, yaitu Abu Bakar, 'Umar, 'Utsman dan Ali RA. Rasululloh menyuruh kita teguh mengikuti sunnah Khulafaur Rasyidin karena dua perkara :
Pertama, bagi yang tidak mampu berpikir cukup dengan mengikuti mereka.
Kedua, menjadikan pendapat mereka menjadi pilihan utama bila terjadi perselisihan pendapat diantara para shahabat.
Sabdanya " Jauhilah olehmu perkara-perkara yang baru ". Ketahuilah bahwa perkara yang baru itu ada dua macam:
Pertama, perkara baru yang tidak punya dasar syari'at, hal semacam ini bathil lagi tercela.
Kedua, perkara baru yang dilakukan dengan membandingkan dua pendapat yang setara, perkara baru semacam ini tidak tercela.
Kata-kata "perkara baru atau bid'ah" arti asalnya bukanlah perbuatan yang tercela. Akan tetapi, bila pengertiannya ialah menyalahi Sunnah dan menuju kepada kesesatan, maka dengan pengertian semacam itu menjadi tercela, sekalipun secara harfiah makna kata tersebut sama sekali tidak tercela, karena Allah pun di dalam firman-Nya menyatakan : "Tidak datang kepada mereka suatu ayat Al Qur'an pun yang baru dari Tuhan mereka" (QS. Al Anbiyaa' :2).
Juga perkatan Sahabat 'Umar RA, "Bid'ah yang sebaik-baiknya adalah ini", yaitu shalat tarawih berjama'ah. Jadi, tidak semua bid'ah itu dholalah (sesat) seperti yang dipahami oleh sebagian orang yang salah dalam mengartikan makna dari hadist nabi SAW, dengan syarat tidak melenceng dari Alqur'an dan Sunnah Rasul SAW dalam perbuatan, karena bid'ah yang semacam itu hakikatnya sesuai dengan qur'an dan hadist (artinya tidak melenceng).
Jika semua perkara yang baru (bid'ah) dianggap sesat (dholalah), maka berbagai macam hal baru yang wajib akan banyak yang sesat seperti mushaf alqur'an, pembukuan dan pembagian hadist berdasarkan sanadnya, menyelenggarakan majelis taklim seminggu sekali, maupun mencari ilmu di sekolah/ pesantren, dan sebagainya yang kesemuanya itu sama sekali tidak ada di jaman rasul baik secara nash maupun riwayat dari para sahabat yang mengatakan di jaman Rasul terjadi yang seperti itu. Jika ada yang menganggap semua bid'ah itu sesat, maka baginya sudah pasti mushaf qur'an yang ada adalah bid'ah, dan artinya orang tersebut tidak akan mau membaca dari mushaf qur'an yang ada sekarang ini, dan itu adalah kesesatan yang nyata terlihat. Oleh karena itu, para ulama sepakat membagi bid'ah menjadi bid'ah hasanah dan dholalah (sesat). Wallahu'alam...
Dikutip dari Kitab Ar’baun karangan Al Imam An-Nawawi
Dari Abu Najih, Al 'Irbad bin Sariyah, "Rasulullah telah memberi nasehat kepada kami dengan satu nasehat yang menggetarkan hati dan membuat airmata bercucuran". kami bertanya ,"Wahai Rasulullah, nasihat itu seakan-akan nasihat dari orang yang akan berpisah selamanya (meninggal), maka berilah kami wasiat" Rasulullah bersabda, "Saya memberi wasiat kepadamu agar tetap bertaqwa kepada Alloh yang Maha Tinggi lagi Maha Mulia, tetap mendengar dan ta'at walaupun yang memerintahmu seorang hamba sahaya (budak). Sesungguhnya barangsiapa diantara kalian masih hidup niscaya bakal menyaksikan banyak perselisihan. karena itu berpegang teguhlah kepada sunnahku dan sunnah Khulafaur Rasyidin yang lurus (mendapat petunjuk) dan berpeganglah kamu dengan kepada sunnah-sunnah itu dengan kuat. Dan jauhilah olehmu hal-hal baru karena sesungguhnya kebanyakan bid'ah itu sesat." (HR. Abu Daud dan At Tirmidzi, Hadits Hasan Shahih)
Pada sebagian sanad diriwayatkan dengan kalimat, "Sesungguhnya ini adalah nasihat dari orang yang akan berpisah selamanya (meninggal). Lalu apa yang akan engkau pesankan kepada kami ?" Beliau bersabda, "Aku tinggalkan kamu dalam keadaan terang benderang, malamnya seperti siang. Tidak ada yang menyimpang melainkan ia pasti binasa"
Perkataan, "nasihat yang mengena" maksudnya adalah mengena kepada diri kita dan membekas dihati kita. Perkataan, "yang menggetarkan hati kita" maksudnya menjadikan orang takut. Perkataan,"yang mencucurkan air mata" maksudnya seolah-olah nasihat itu bertindak sebagai sesuatu yang menakutkan dan mengancam.
Sabda Rasulullah, "Aku memberi wasiat kepadamu supaya tetap bertaqwa kepada Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Mulia, tetap mendengar dan mentaati" maksudnya kepada para pemegang kekuasaan. Sabda Beliau, "Walaupun yang memerintah kamu seorang budak", pada sebagian riwayat disebutkan budak habsyi.
Sebagian Ulama berkata, "Seorang budak tidak dapat menjadi penguasa" kalimat tersebut sekedar perumpamaan, sekalipun hal itu tidak menjadi kenyataan, seperti halnya sabda Rasulullah SAW, "Barangsiapa membangun masjid sekalipun seperti sangkar burung karena Allah, niscaya Allah akan membangukan untuknya sebuah rumah di surga". Sudah tentu sangkar burung tidak dapat menjadi masjid, tetapi kalimat perumpaan seperti itu biasa dipakai.
Mungkin sekali Rasulullah memberitahukan bahwa akan terjadinya kerusakan sehingga sesuatu urusan dipegang orang yang bukan ahlinya, yang akibatnya seorang budak bisa menjadi penguasa. Jika hal itu terjadi, maka dengarlah dan taatilah untuk menghindari mudharat yang lebih besar serta bersabar menerima kekuasaan dari orang yang tidak dibenarkan memegang kekuasaan, supaya tidak menimbulkan fitnah yang lebih besar.
Sabda Rasulullah, "Sungguh, orang yang masih hidup diantaramu nanti akan melihat banyak perselisihan" ini termasuk salah satu mukjizat beliau yang mengabarkan kepada para shohabatnya akan terjadinya perselisihan dan meluasnya kemungkaran sepeninggal beliau. Beliau telah mengetahui hal itu secara rinci , tetapi beliau tidak menceritakan hal itu secara rinci kepada setiap orang, namun hanya menjelaskan secara global. Dalam beberapa hadits ahad disebutkan beliau menerangkan hal semacam itu kepada Hudzaifah dan Abu Hurairah yang menunjukkan bahwa kedua orang itu memiliki posisi dan tempat yang penting disisi Rosululloh SAW. Sabda Beliau, "Maka wajib atas kamu memegang teguh sunnahku" sunnah ialah jalan lurus yang berjalan pada aturan-aturan tertentu, yaitu jalan yang jelas.
Sabda Beliau, "dan sunnah Khulafaur Rasyidin yang mendapatkan petunjuk" maksudnya mereka yang senantiasa diberi petunjuk. Mereka itu ada 4 orang, sebagaimana ijma' para ulama, yaitu Abu Bakar, 'Umar, 'Utsman dan Ali RA. Rasululloh menyuruh kita teguh mengikuti sunnah Khulafaur Rasyidin karena dua perkara :
Pertama, bagi yang tidak mampu berpikir cukup dengan mengikuti mereka.
Kedua, menjadikan pendapat mereka menjadi pilihan utama bila terjadi perselisihan pendapat diantara para shahabat.
Sabdanya " Jauhilah olehmu perkara-perkara yang baru ". Ketahuilah bahwa perkara yang baru itu ada dua macam:
Pertama, perkara baru yang tidak punya dasar syari'at, hal semacam ini bathil lagi tercela.
Kedua, perkara baru yang dilakukan dengan membandingkan dua pendapat yang setara, perkara baru semacam ini tidak tercela.
Kata-kata "perkara baru atau bid'ah" arti asalnya bukanlah perbuatan yang tercela. Akan tetapi, bila pengertiannya ialah menyalahi Sunnah dan menuju kepada kesesatan, maka dengan pengertian semacam itu menjadi tercela, sekalipun secara harfiah makna kata tersebut sama sekali tidak tercela, karena Allah pun di dalam firman-Nya menyatakan : "Tidak datang kepada mereka suatu ayat Al Qur'an pun yang baru dari Tuhan mereka" (QS. Al Anbiyaa' :2).
Juga perkatan Sahabat 'Umar RA, "Bid'ah yang sebaik-baiknya adalah ini", yaitu shalat tarawih berjama'ah. Jadi, tidak semua bid'ah itu dholalah (sesat) seperti yang dipahami oleh sebagian orang yang salah dalam mengartikan makna dari hadist nabi SAW, dengan syarat tidak melenceng dari Alqur'an dan Sunnah Rasul SAW dalam perbuatan, karena bid'ah yang semacam itu hakikatnya sesuai dengan qur'an dan hadist (artinya tidak melenceng).
Jika semua perkara yang baru (bid'ah) dianggap sesat (dholalah), maka berbagai macam hal baru yang wajib akan banyak yang sesat seperti mushaf alqur'an, pembukuan dan pembagian hadist berdasarkan sanadnya, menyelenggarakan majelis taklim seminggu sekali, maupun mencari ilmu di sekolah/ pesantren, dan sebagainya yang kesemuanya itu sama sekali tidak ada di jaman rasul baik secara nash maupun riwayat dari para sahabat yang mengatakan di jaman Rasul terjadi yang seperti itu. Jika ada yang menganggap semua bid'ah itu sesat, maka baginya sudah pasti mushaf qur'an yang ada adalah bid'ah, dan artinya orang tersebut tidak akan mau membaca dari mushaf qur'an yang ada sekarang ini, dan itu adalah kesesatan yang nyata terlihat. Oleh karena itu, para ulama sepakat membagi bid'ah menjadi bid'ah hasanah dan dholalah (sesat). Wallahu'alam...
Dikutip dari Kitab Ar’baun karangan Al Imam An-Nawawi
Posting Komentar