Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » , » Tips Memiliki Umur Panjang

Tips Memiliki Umur Panjang

1. Berbuat baiklah. Ya, jika kita ingin bertambah umur atau memiliki umur yang panjang maka lakukan perbuatan baik. Sebarkan kebaikan kepada makhluk Allah yang ada di alam semesta ini. Siapa saja makhluk Allah itu? Wah banyak dong. Ada manusia. Kepada manusia mestinya kita wajib berbuat baik. Jika sering berbuat baik maka orang lain akan suka dan akan menghargai kita. Ada juga binatang. Sayangi binatang. Jangan dimusnahkan hanya untuk kepentingan pribadi kita. Jangan menyiksa binatang. Kata Nabi : Sayangi apa yang ada di bumi maka kamu akan disayangi oleh makhluk Allah yang ada di langit.

2. Tidak menyakiti orang lain baik dengan kata-kata atau perbuatan. Tidak boleh menghina, mencerca dan mencaci maki. Ingat ! itu menyakiti orang lain.

3. Sambung Famili. Artinya sering-sering bersilaturrahmi dengan tetangga di sekitar kita. Tidak memutuskan hubungan persaudaraan dan persahatan. Perbanyak teman dalam kebaikan. Bukan dalam kejahatan. Nabi bersabda : seorang hamba/manusia yang menyambung tali persaudaraan/famili sedang umurnya tinggal 3 hari, maka Allah akan menambah umurnya 30 tahun karena silaturrahmi yang ia lakukan. Sebaliknya jika seorang hamba/manusia memutuskan silaturrahmi/persaudaraan walaupun umurnya tinggal 30 tahun, maka Allah akan mengembalikan ke umur 3 hari.

4. Hormati dan Mulyakan orang Usianya lebih tua dari kita. Menurut ta’limul Mutaallim, siapa yang menghormati orang tua maka usianya akan diberi oleh Allah sama dengan umur orang tua tersebut.

5. Rajin lah berdoa terutama doa minta panjang umur.

6. Memelihara diri dari menebang pohon yang masih hidup. Maksudnya jika ingin memiliki umur panjang ya jangan tebang pohon sembarangan. Kecuali jika ada kebutuhan penting. Misalnya untuk memasak. Ini ternyata terbukti penebangan pohon saat ini telah menimbulkan banyak korban jiwa. Misalnya terjadinya banjir. Tidak sedikit korban yang berjatuhan gara gara banjir.

7. Berwudhu’lah dengan sempurna. Kerjakan sunnah-sunnahnya seperti nabi.

8. Mengerjakan sholat lima waktu. Bahkan dengan sunnah-sunnahnya.

9. Mengerjakan ibadah Haji dan Umroh bersamaan. Tidak dipisah-pisah.

10. Menjaga kesehatan. Sehat pangkal umur panjang. Menjaga kesehatan itu wajib. Jangan biarkan tubuh kita dikena penyakit. Kita berusaha untuk sehat.

11. Belajar kedokteran. Karena dengan memiliki ilmu kedokteran otomatis akan tahu cara menjaga kesehatan.

Itulah resep-resep untuk menambah panjang umur kita sebagai hamba Allah. Resep ini saya nukil dari Kitab ta'limul Muta'allim. Saya yakin jika diamalkan dengan benar, Insya Allah akan menjaga ketenangan kita dalam aktivitas sehari hari. Jika tenang maka insya Allah kita tidak akn mudah sakit. Jika tidak sakit maka umur panjang akan didapatkan. Ajal atau umur adalah hak prerogatif Allah. Kita tidak tahu kapan kita akan mati. Paling tidak, jika kita mengamalkan resep di atas, kita telah berbuat baik pada manusia, hewan dan alam semesta. Dan ini sangat besar harganya di hadapan Allah dan di mata manusia.



M. Syaiful Anam
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger