Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » , » Salah Satu Ibadah Yang Paling Afdhol

Salah Satu Ibadah Yang Paling Afdhol

Kaum muslimin dan muslimat, Tidaklah mungkin manusia itu akan sadar dan tidaklah mungkin seseorang akan bertaubat kecuali dengan ayat-ayat Allah, dan dengan petunjuk daripada Alqur’an. Dan maka seseorang yang tidak mempercayai Al-qur’an, maka dia bukanlah orang islam dan bukanlah orang yang dikatakan beriman kepada Allah dan beriman kepada Rasul Shalallahu Alaihi Wassalam Wa Barak Alaih.

Mudah-mudahan Allah SWT menjadikan kita semua sebagai orang-orang yang selalu membaca Alqur’an Allah SWT Amiin Ya Robbal ‘alamiin.

Alqur’an adalah kitab yang diturunkan oleh Allah, yang dibawakan oleh Rasulullah SAW, yang mana isi dari kitab tersebut adalah sebagai Burhan, sebagai Dalil, sebagai Hujjah, sebagai imam. Maka Seseorang yang membaca Alqur’an, setelah mereka mendapatkan dalil didalam Alqur’an maka merekapun mendapatkan fadhilah dan keutamaan daripada Alqur’an dan agama Islam.Banyak sekali diantara kita semua yang telah menghabiskan waktu kita untuk membaca buku-buku yang tidak dapat membuat kita menjadi semakin dekat kepada Allah SWT. Bahkan banyak pula diantara kita rela menghabiskan puluhan bahkan ratusan ribu hanya untuk mendapatkan buku-buku seperti Komik, cerpen, atau yang lainnya yang kesemuanya itu tidak menjadikan kita semakin dekat dan semakin takut kepada Allah SWT.

Anna tilawatal qur’anil Adzhim min afdholil ‘ibadat wa a’dzhomil qurbat, waajalla tho’at, wa fiiha ajrun ‘ajimun wattawaabun kariimun.”

Bahwasannya beliau ( Alhabib Abdullah bib Alawi Alhaddad ) berharap dan berdoa mudah-mudahan kita selalu termasuk sebagai orang yang selalu membaca Alqurannya Allah SWT, yang benar-benar membacanya dengan tadabbur dan khusyu’.

Selain mencintai Allah, melakukan fardhu-fardhunya Allah, mencintai Rasulullah, maka Beliau juga mengatakan “Sesungguhnya orang yang membaca Al-qur’an itu adalah salah satu ibadah yang paling afdhol,” Dan ketaatan yang paling kuat adalah ketika kita membaca Alqur’anNya Allah SWT.

Pada sebuah kisah dikatakan bahwasannya Al-Imam Syafi’i setiap malam selalu melakukan sholat dua rakaat, yang pada rakaat pertama Beliau membaca alqur’an sebanyak lima belas juz, dan selanjutnya lima belas juz pada rakaat yang berikutnya. Demikianlah ungkapan cintanya beliau kepada Allah SWT, dan sedemikian besar rasa cinta beliau kepada Al’qur’an (ayat-ayat Allah SWT).

Firman Allah : Innalladzina yatluuna kitaballah, wa aqomusholata wa anfaku mimma rozaknaahum sirran wa ‘ala niah. yarjuna tijarotalantabur. Liwakfiyahum hujurohum wayuzidahum minfadhlihi innahu ghofuurun syakuur. “Sesungguhnya mereka yang selalu membaca / mencintai kitab Allah, dan mendirikan sholat, orang yang menafkahkan / menginfaqkan hartanya dengan apa-apa (rizki-rizki) yang Aku (Allah) berikan dan merekahanya mengharapkan keridho’an dan kasih sayang Allah, maka niscaya Allah akan melipatgandakan pahala bagi mereka, Allah akan tambahkan rizki mereka, itulah kehebatan, kemuliaan Allah SWT, karena Allah Maha Kasih dan Maha Sayang.”

Sabda Nabi Muhammad SAW : Afdholu ‘ibadati ‘umati tilawatal qur’an. “Ibadah yang paling Afdhol yang dilakukan oleh umatku adalah membaca Alqur’an”.

Sabda Nabi Muhammad SAW : Man qarra’ah harfan min kitabillah, Kutibat lahu hasanah wal hasanatu biajwi amtsalliha La aquulu alif harfun wahid, bal alifun harfun, wa lamun harfun, wa mimmun harfun. “Siapa-siapa yang membaca Al-qur’an, maka satu huruf daripada yang dibaca, maka Allah akan memberikan satu kebaikan, dan dalam satu kebaikan, Allah memberikannya sepuluh kali lipat.” “Tidaklah aku maksudkan ketika seseorang membaca “Alif Lam Mim” itu satu huruf, akan tetapi Alif itu satu huruf, Lam satu huruf, Mim satu huruf.”

Dan didalam salah satu Hadits Qudsi : Man tsaqalahu dzikri Wa tilawata kitabi an mats’alati a’thoituhu afdholu maa u’tiyatsailiin. “Siapa-siapa orang yang selalu menyibukkan dirinya untuk mengingat Allah, dan membaca Al-qur’an , maka Allah akan mengabulkan sebaik-baiknya hajat –hajat yang akan mereka minta.”

Maka kaum Muslim dan Muslimat, mari kita semua bersama-sama selalu berusaha untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan selalu membiasakan diri kita untuk berdzikir kepada Allah SWT, dan juga selalu menyempatkan waktu kita untuk membaca Al-qur’an. Karena sangatlah besar sekali fadhilah yang akan kita dapatkan dari membaca Al-qur’an. Dan semoga Allah SWT selalu menanamkan didalam hati kita semua sebagai orang yang selalu membiasakan untuk membaca Alqur’annya Allah, menjadikan kita sebagai orang yang selalu cinta kepada Ayat-ayat Allah, mudah-mudahan kita selalu tergolong sebagai orang yang selalu dalam ibadah, dan Insya Allah Alquran akan menjadi syafaat untuk kita, untuk menyelamatkan kita dari Api Nerakanya Allah SWT, Ya Arhamarrahimiin…..



Habib Muhammad Syahab
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger