
Jika
yang dimaksudka n adalah perdaganga n valas atau valuta asing atau mata
uang asing, maka itu diberboleh kan jika berlangsun g di pasar spot
(pasar tunai) atau serah terima langsung.
Contoh: pak Sadono Riyanto mempunyai
uang seribu dalam nominasi dollar yang kemudian ditukar di money changer
(tempat penukaran uang) kedalam mata uang rupiah di hargai dengan kurs beli
Rp.9500. Hal ini hukumnya boleh. Demikian karena ada hadits dalam Shahih
Bukhary Kitab al-buyu' bab bai' al-zahab bi al-zahab :
وبيعوا الذهب بالفضة والفضة
بالذهب كيف شئتم
Juallah emas dengan perak dan perak dengan emas sekehendak kalian.
Adapun jika perdaganga n valas itu di pasar berjangka atau futures yang
biasa dikenal sebagai trading forex maka ini haram hukumnya. Penjelasan nya
sebagai berikut :
Forex itu termasuk kedalam transaksi berjangka atau juga dikenal dengan sebutan futures contract. Dalam dunia keuangan merupakan suatu kontrak standard yang diperdagan gkan pada bursa berjangka, untuk membeli ataupun menjual
aset acuan dari instrumen keuangan pada suatu tanggal dimasa akan datang,
dengan harga tertentu. Tanggal dimasa akan datang tersebut disebut dengan
istilah tanggal penyerahan atau dikenal juga dengan istilah delivery date
atau tanggal penyelesai an akhir (final settlement date). Harga
tertentu disebut dengan istilah harga kontrak berjangka (futures price). Harga
dari aset acuan pada saat tanggal penyerahan disebut dengan istilah harga
penyelesai an (settlemen t price).
Intinya, forex ini adalah jual-beli dengan harga dan penyerahan di masa
yang akan datang. Kontrak semacam ini haram hukumnya. Dasarnya adalah hadits riwayat Imam Muslim :
نهى عن بيع حبل الحبلة
(Rasul melarang jual beli 'hablul hablah')
Imam nawawi ketika menjelaska n hadits ini berkata dalam syarh shahih
muslim bahwa Ulama' berbeda pendapat mengenai arti pelarangan jual-beli hablul hablah.
Mayoritas ulama' berkata : hablul hablah adalah jual beli dengan harga tangguh
sampai masa unta melahirkan dan anaknya melahirkan . Imam Muslim
menyebutka n dalam hadits ini keterangan (tafsir) dari ibnu Umar,
pendapat ini dipegang Imam Malik, Imam Syafi'i, dan para pengikut.
واختلف العلماء في المراد بالنهي عن بيع حبل الحبلة . فقال جماعة : هو البيع بثمن مؤجل إلى أن تلد الناقة ويلد ولدها . وقد ذكر مسلم في هذا الحديث هذا التفسير عن ابن عمر ، وبه قال مالك والشافعي ومن تابعهم
Dalam al-majmu' syarah al-muhazza b, imam Nawawi menyatakan :
Penjelasan : ulama' bersepakat bahwasanya tidak boleh jual beli
dengan harga (tangguh) sampai pada masa yang tidak diketahui.
الشرح : اتفقوا على أنه لا يجوز البيع بثمن إلى أجل مجهول
الشافعية - قالو ا يشترط لصحة البيع اثنان وعشرون شرطا...... الى ان قال
فاما شرائط الصيغة فهي
[ 10 ] - ان لا يوءقت كلامه بوقت فاذ قال بعتك هذالبعير مدة شهر فانه لم يصح
واما شرائط العقود عليه فهي :
[ 5 ] - ان يكون معلوما للعاقدين
Saya tulis yang tidak memenuhi syarat saja:
الفقه على مذاهب الاربعة. ص 245 / ج 2
الاول ربانسيئة وهو ان تكون الزيادة المذكورةفي مقابلة « تاءخيرالدف ع ».
ومثال ذلك مااذااشترى اردبا من القمح فى زمن الشتاءبارد ب ونصفه يدفع في زمن
الصيف فان نصف الاردب الذي زاد في الثمن لم يقابله شيء من ال
مبيع وانما يقابله من الاجل فقط ولذىسمي ربى النسيئةاي التاءخير
الشافعية - قالوا : ينقسم الربى الى ثلاثة اقسام :
1- ربافضل ومنه ربىالقرض كان يقرضه عشرين جنيها بشرط ان يكون له منفعة كان يشتري سلعة او يزوجه ابنته او ياءخذه منه فائدة مالية ونحو ذلك كما تقدم في البيع انفساد
2-رباالنسي ئة وهو المذكور
3- ربااليد ومعناه انه يبيع المتجانسين كالقمح من غير تقابض
وبيعوا الذهب بالفضة والفضة
بالذهب كيف شئتم
Juallah emas dengan perak dan perak dengan emas sekehendak
Adapun jika perdaganga
Forex itu termasuk kedalam transaksi berjangka atau juga dikenal dengan sebutan futures contract. Dalam dunia keuangan merupakan suatu kontrak standard yang diperdagan
Intinya, forex ini adalah jual-beli dengan harga dan penyerahan
نهى عن بيع حبل الحبلة
(Rasul melarang jual beli 'hablul hablah')
Imam nawawi ketika menjelaska
واختلف العلماء في المراد بالنهي عن بيع حبل الحبلة . فقال جماعة : هو البيع بثمن مؤجل إلى أن تلد الناقة ويلد ولدها . وقد ذكر مسلم في هذا الحديث هذا التفسير عن ابن عمر ، وبه قال مالك والشافعي ومن تابعهم
Dalam al-majmu' syarah al-muhazza
Penjelasan
الشرح : اتفقوا على أنه لا يجوز البيع بثمن إلى أجل مجهول
الشافعية - قالو ا يشترط لصحة البيع اثنان وعشرون شرطا......
فاما شرائط الصيغة فهي
[ 10 ] - ان لا يوءقت كلامه بوقت فاذ قال بعتك هذالبعير مدة شهر فانه لم يصح
واما شرائط العقود عليه فهي :
[ 5 ] - ان يكون معلوما للعاقدين
Saya tulis yang tidak memenuhi syarat saja:
الفقه على مذاهب الاربعة. ص 245 / ج 2
الاول ربانسيئة وهو ان تكون الزيادة المذكورةفي
مبيع وانما يقابله من الاجل فقط ولذىسمي ربى النسيئةاي التاءخير
الشافعية - قالوا : ينقسم الربى الى ثلاثة اقسام :
1- ربافضل ومنه ربىالقرض كان يقرضه عشرين جنيها بشرط ان يكون له منفعة كان يشتري سلعة او يزوجه ابنته او ياءخذه منه فائدة مالية ونحو ذلك كما تقدم في البيع انفساد
2-رباالنسي
3- ربااليد ومعناه انه يبيع المتجانسين
Pelaku
Trading Forex dengan index sebagai objek transaksi seringkali membawakan
dalil-dali l keabsahan foreign exchange (pertukara n mata uang) di
pasar spot dengan uang komoditas (bukan angka index) sebagai objek transaksi.
Ini adalah dua hal berbeda yang disamarkan agar dianggap sama. Foreing
exchange currency atau dikenal money changing atau perdaganga n valuta
asing di pasar tunai, jelas boleh.
Berbeda dengan pasar berjangka (futures), yang kemudian dikembangk an
dalam bentuk index yang biasa disebut trading forex. Model terakhir ini haram
hukumnya, karena mengandung unsur ketidakpas tian / uncertainty /
gharar.
Ini adalah dua hal berbeda yang disamarkan
Berbeda dengan pasar berjangka (futures),
Sedangkan
untuk penerima pulsa nyasar, secara
hukum fiqh tidak wajib mengganti, karena penerima pulsa tidak dapat
dikategorikan menguasai manfaat dari harta orang lain. Yang bisa disebut
manguasai manfaat adalah bila penggunaan disertai dengan benda yang menyimpan
manfaat tersebut.
(فى المدخل الفقهي العام للمصطفى أحمد الزرقاء ج 3 ص 231-232)
فى الفقه الأجنبي يقسمون الأموال الى أموال مادية وأموال معنوية ويريدون بالمعنوية ما كان له اعتبار فى ثروة الإنسان ولكنه ليس أعيانا مادية فى الوجود الخارجي فتدخل فى ذلك الحقوق الشخصية والعينية والمنافع والملكية الأدبية للمؤلفين فى انحصار حق طبع مؤلفتهم والملكية الصناعية المخترعين وحق استعمال العناوين التجارية ونحو ذلك. فكل منفعة او حق خولها القانون انسانا فهما مال معنوي يمكن ان يباع ويشترى، وهذا التقسيم لا يتناسب مع مفهوم المال بالنظر الشرعي المبني عليه بحثنا فقد فرق فقهنا بين المال والملك فاعتبر الحقوق المنافع ملكا يستمتع به لا مالا ترد عليه العقود الا استثناء كما تقدم.
http:// www.faceboo k.com/ groups/ piss.ktb/ permalink/ 36159755719 6392/
oleh Oshish Al Fatawy dan Ust. Zainuddin

Posting Komentar