Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Adab Saat Makan

Adab Saat Makan


Segala puji bagi Allah ta’ala, Yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagi manusia dan langit sebagai atap, Yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezeki untuk manusia. Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa salam, keluarganya, sahabat serta seluruh pengikutnya yang setia hingga akhir zaman.


Dengan memohon taufiq Allah ta’ala, berikut ini akan kami sampaikan beberapa adab atau tatacara makan dan minum yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, dengan harapan kita bisa mengamalkannya manakala kita hendak makan atau minum.


1. Membaca Basmalah Ketika hendak Makan


Dalam sebuah hadits shahih yang diriwayatkan dari Ummu Mukminin Aisyah Radhiallahu anhaa, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pernah bersabda,


إذا أكل أحدكم طعما فليقل بسم الله

“Jika kalian hendak makan, maka ucapkanlah Bismillah” (Shahih, HR Abu Daud nο 3767, Tirmidzi nο 1858). 

Dan jika lupa membaca Bismillah di awal makan, maka ucapkanlah doa:


بسم اللهِ أوَّلَهُ وَآخِرَهُ


Lafadz doa ini terdapat dalam sebuah hadits dari Aiysah Radhiallahu anhaa. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,


إِذَا أكَلَ أحَدُكُمْ فَلْيَذْكُرِ اسْمَ اللهِ تَعَالَى، فإنْ نَسِيَ أنْ يَذْكُرَ اسْمَ اللهِ تَعَالَى في أوَّلِهِ، فَلْيَقُلْ: بسم اللهِ أوَّلَهُ وَآخِرَهُ

“Jika kalian hendak makan , maka sebutlah nama Allah ta’ala (dengan ucapan bismillah), dan jika lupa menyebut nama Allah ta’ala pada awal makan, maka ucapkanlah Bismillahi awwalahu wa akhirohu” (HR Tirmidzi nο 1858, Tirmidzi berkata: hadits hasan shahih).


2. Makan dan Minum dengan Tangan Kanan


Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,


إذا أكل أحدكم فليأكل بيمينه و إذا شرب فليشرب بيمينه فإن الشيطان يأكل بشماله و يشرب بشماله

“Jika kalian hendak makan, maka makanlah dengan tangan kanan. Jika hendak minum, minumlah dengan tangan kanan. Karena sesungguhnya syaithan memakan dengan tangan kiri, minum dengan tangan kiri” (HR Abu Daud nο 3776, dishahihkan oleh Syaikh Al Bany dalam Shohihul Jami’ nο 383).


3. Tidak Makan dalam keadaan Tidur


Sahabat Abu Zuhaifah Radhiallahu anhu meriwayatkan sebuah hadits, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pernah bersabda, “Adapun aku tidaklah makan dalam keadaan tiduran” (Shahih, HR Bukhari nο 5398).


Untuk sementara, demikian yang dapat saya sampaikan, insya Allah di kesempatan selanjutnya akan saya sampaikan adab-adab yang lain berkaitan dengan makan dan minum dengan ijin Allah ta’ala. Semoga bermanfaat bagi saya dan seluruh kaum muslimin.




Rahmat A.P.
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger