Mandi Taubat dalam istilah Fiqh
diartikan mandinya sesorang setelah ia masuk Islam atau menjalani kefasikan.
Menurut Imam Syafii’i dan Imam
Hanafi mandi tersebut hukumnya sunah sedang Imam Maliki dan Imam Ahmad lebih
cenderung menghukumi wajib.
تذكرة الفقهاء - ج ٢ : ١٤٥-١٤٦
ابو منصور جمال الدين الحسن بن يوسف
بن المطهر ( العلامة الحلي )
مسألة ٢٨٠ : وغسل التوبة مستحب وليس
بواجب ، سواء كانت عن كفر أو فسق عند علمائنا ـ وبه قال الشافعي ، وأبو حنيفة (٤)
ـ لأن العدد الكثير من الصحابة أسلموا ، فلو وجب الغسل لنقل نقلا متواترا ، أو
مشهورا.
ولأنه 7 قال لمعاذ ـ لمّا بعثه إلى
اليمن ـ : ( ادعهم إلى شهادة أن لا إله إلا الله ، وأن محمدا عبده ورسوله ، فإن هم
أطاعوا لك بذلك فأعلمهم أن عليهم صدقة تؤخذ من أغنيائهم فترد في فقرائهم ) (٥) ولو
كان الغسل واجبا لبيّنه ، ولأن الإسلام عبادة ليس من شرطها الغسل فلا يجب لها
كالجمعة.
وقال أحمد ، ومالك ، وأبو ثور ، وابن
المنذر : إذا أسلم الكافر وجب عليه الغسل سواء كان أصليا أو مرتدا ، اغتسل قبل
إسلامه أو لم يغتسل ، وجد منه في حال كفره ما يوجب الغسل أو لا (٦) لأن قيس ابن
عاصم ، وثمامة بن أثال أسلما ، فأمرهما النبيّ 6 بالاغتسال (١).
ويحمل على الاستحباب ، أو أنه وجد
منهما ما يوجب الغسل وهو الجنابة ، إذ هو الغالب.
وعلى هذا لو أجنب الكافر ، أو حاضت
الكافرة ، ثم أسلما وجب عليهما الغسل لحصول الحدث ، ولو كانا قد اغتسلا لم يجزئهما.
وقال أبو حنيفة : لا يجب لعدم أمر
الصحابة به حال إسلامهم (٢) ، وهو ضعيف للأمر به في الآية (٣).
(٤) المبسوط للسرخسي ١ : ٩٠ ، بدائع
الصنائع ١ : ٣٥ ، المجموع ٢ : ١٥٣ ، المغني ١ : ٢٣٩ ، الشرح الكبير ١ : ٢٣٧.
(٥) صحيح البخاري ٢ : ١٥٨ ـ ١٥٩ ،
صحيح مسلم ١ : ٥٠ ـ ٢٩ ، سنن النسائي ٥ : ٥٥ ، سنن ابن ماجة ١ : ٥٦٨ ـ ١٧٨٣.
(٦) المغني ١ : ٢٣٩ ، الشرح الكبير ١
: ٢٣٧ ، المدونة الكبرى ١ : ٣٦ ، المجموع ٢ : ١٥٣.
(١) صحيح البخاري ١ : ١٢٥ ، النسائي ١
: ١٠٩ ، سنن أبي داود ١ : ٩٨ ـ ٣٥٥ ، سنن البيهقي ١ : ١٧١.
(٢) بدائع الصنائع ١ : ٣٥ ، المجموع ٢
: ١٥٢ ، المغني ١ : ٢٣٩ ، الشرح الكبير ١ : ٢٣٧.
(٣) النساء : ٤٣.
“Dan mandi Taubat adalah sunah, tidak wajib
baik akibat taubat dari kekufuran ataupun kefasikan, pendapat ini yang
dipilih oleh Syafi’i karena tidak terhitung jumlah sahabat saat mereka masuk
islam, andaikan ada keterangan kewajiban mandi niscaya terdapat dalil Naql
secara masyhur dan tawatur.
Dan dengan berdasarkan sabda Nabi
Muhammad SAW pada sahabat Mu’adz saat diutus ke Yaman “Ajaklah mereka pada
kesaksian Tiada tuhan selain Allah dan Muhammad utusan Allah, bila mereka
tunduk dan mentaatinya beritahukan pada mereka bahwa diwajibkan shadaqah
atas mereka dengan diambilkan dari harta-harta para aghniya’ (orang-orang
kaya) diberikan pada kaum fuqaraa’ mereka”
Andaikan mandi Taubat wajib niscaya Nabi jelaskan saat itu. Dan karena islam adalah ibadah yang diantara syarat-syaratnya tidak mesti harus mandi seperti halnya shalat jumah.
Sedang Imam Ahmad, Imam Maliki, Abu
Tsaur dan Ibn Mundzir lebih cenderung menghukumi wajib “Bila seseorang
masuk islam maka wajib baginya mandi baik ia kafir asli ataupun murtad, telah
mandi sebelum islamnya ataupun belum, mengalami hal yang diwajibkan mandi
saat masa kufurnya ataupun tidak karena saat Qais Ibn ‘Aashim dan Tsamaamah Bin
Atsal masuk islam, nabi memerintahkan keduanya mandi” dan seterusnya……. (Tadzakkurah
al-Fuqahaa II/145-146).
Mandi Taubat dalam istilah riyadhah
(ritual tertentu untuk mendapatkan yang dikehendaki) sering diartikan mandi
sebagai awal bentuk penyucian lahir dan bathin seseorang untuk menghadap Sang
Khaliq.
Selama pelaksanaan tata caranya
tidak bertentangan dengan syariat mandi semacam ini boleh dan bahkan sunah
karena Islam sangat mengedepankan kebersihan dan kerapian terlebih bila
mandi semacam ini juga dapat menggairahkan serta membangkitkan psikogy
seseorang untuk menjalankan suatu ibadah.
Sebagaimana taubat dengan air
terdapat dalam salah satu versi doa iftitah sebagai berikut:
اَللّهُمَّ باَعِدْ بَيْنِى وَبَيْنَ
خَطَاياَيَ كَمَا باَعَدْتَ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ
اَللّهُمَّ نَقِّنِى مِنَ الْخَطَاياَ
كَماَ يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ
اَللّهُمَّ اغْسِلْ خَطَاياَيَ
باِلْماَءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ.
Allaahumma baa’id bainii wabainaa
khotoo yaa ya kamaa baa ‘adta bainal masyriqi wal maghrib. Allaahumma naqqinii minal khotoo yaa
kamaa yunqqots tsaubul abyadhuu minaddanas. Allaahummaghsil khotoo yaa ya bil
maa i wats tsalji walbarod.
“Ya Allah, jauhkanlah
antara diriku dan di antara kesalahan-kesalahanku sebagaimana Engkau jauhkan
antara timur dan barat. Ya Allah, bersihkanlah aku dari
kesalahan sebagaimana dibersihkannya kain putih dari kotoran. Ya Allah, cucilah kesalahan-kesalahanku dengan air, salju dan embun.”
Wallaahu A'lamu Bis Showab
Asyharun Nawa (hingga pada kata “...menjalankan suatu ibadah”) dan tambahan dari Admin MRO
Posting Komentar