Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Buah Amal Sholeh (1)

Buah Amal Sholeh (1)

Setiap perbuatan hamba akan diperlihatkan oleh Allah balasannya, yang baik mendapat balasan kebaikan dan yang jelek mendapat balasan kejelekan. Ketaatan dan amal sholeh yang dilakukan dengan penuh semangat dan keikhlasan akan membuahkan beberapa faedah dan keutamaan, diantaranya:


Mendapatkan Mahabbatullah
(Kecintaan Allah)


Allah SWT berfirman dalam Al
Quran (yang artinya):“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal sholeh (baik), maka Allah Yang Maha Pemurah akan menanamkan dalam (hati) mereka rasa kasih sayang” (QS. Maryam 96).


Rasulullah saw bersabda (yang artinya): “Sesungguhnya Allah Ta’ala berfirman: Tidaklah hamba Ku mendekatkan diri kepadaKu dengan sesuatu yang lebih Aku cintai daripada apa yang telah Aku wajibkan kepadanya, dan si hamba selalu mendekatkan diri kepadaKu dengan melakukan amalan sunnah sehingga Aku mencintainya, maka jika Aku telah mencintainya, aku menjadi pendengarannya yang dia mendengar dengannya, dan Aku menjadi matanya yang dengannya dia memandang, dan menjadi tangannya yang dengannya dia memegang dan menjadi kakinya yang dengannya dia berjalan (Maksudnya: Aku menjaga pendengaran, mata, tangan dan kakinya dari yang haram), dan jika dia meminta sesuatu kepadaKu, pasti Aku berikan dan jika meminta perlindungan, pasti Aku lindungi”. (Hadits Qudsiy Riwayat Al Bukhori dari Abu Hurairah).


Inilah salah satu buah (hasil) dari jeripayahnya dalam beribadah di dunia, yaitu mendapat kecintaan Allah. Dan jika Allah telah mencintainya, maka Dia akan menjaga dirinya dari segala keharaman dan mara bahaya yang menimpa. Semua permintaan dan harapan akan dipenuhi dan selalu dalam perlindunganNya.


Dalam Hadits Qudsiy yang lain, Allah berfirman (yang artinya): “Jika hambaKu mendekat kepadaKu satu jengkal, maka Aku mendekat kepadanya satu hasta, dan jika dia mendekat kepadaku satu hasta maka Aku mendekat kepadanya satu depa (artinya: lebih dekat lagi), dan jika dia mendatangiku dengan berjalan maka Aku akan mendatanginya dengan berlari (bercepat-cepat)” (HR. Bukhori dan Muslim dari Abi Hurairah).


Seorang hamba yang mendekatkan diri kepada Allah dengan amal sholeh dan ketaatan, sesungguhnya Allah akan lebih mendekat kepadanya, sehingga apapun kebutuhannya, Allah senantiasa memperhatikannya, apapun keluh kesahnya Dia selalu menyelesaikannya.


Seorang ‘Arif billah ditanya: “Kapan seorang hamba akan mendapatkan kecintaan (Allah)?”, dia menjawab: “Jika dia telah melakukan lima perkara: menepati janjinya kepada Allah, menjaga batasan-batasan syariat (tidak melanggarnya), ridho (rela) dengan apa yang diberikan kepadanya, sabar jika mendapat kesempitan dan selalu mengikuti (taat dan patuh) kepada Dzat yang disembahnya, yaitu Allah”.


Oleh karena untuk mendapatkan Mahabbatullah ini bukanlah hal yang mudah dan remeh, maka kita harus berusaha dengan hal-hal seperti diatas dan juga dengan banyak bermunajat, memohon kepada Allah agar diberikan walau secercah dari KecintaanNya. Demikianlah ternyata dilakukan oleh Nabi Dawud AS, beliau berdo’a:


“Ya Allah, Sungguh aku memohon kecintaanMu dan kecintaan hamba yang mencintaiMu, dan amal yang menghantarkan kepada kecintaanMu, Ya Allah jadikanlah kecintaan kepadaMu lebih aku cintai daripada kecintaanku kepada diriku sendiri, keluarga dan hartaku dan daripada air yang dingin (di saat dahaga)”. (HR. At Tirmidzi dari Abu Darda’).


Dan termasuk buah kecintaan Allah kepada hambaNya adalah sebagaimana yang telah dikatakan oleh Sayyiduna Al Habib Abdullah bin Alawy Al Haddad:


“Barang siapa yang dicintai oleh Allah dan diinginkan kebaikan untuknya, maka Allah akan memudahkannya untuk beramal  baik, dia mau atau tidak mau. Tetapi siapa yang dibenci oleh Allah dan Allah menginginkan kejelekan kepadanya, maka Dia akan memudahkannya untuk berbuat maksiat (kejelekan), dia mau atau tidak.” 



Majelis Ta'lim Wad Da'wah
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger