Sebagaimana kita tahu bahwa salah satu hal yang membatalkan puasa adalah masuknya sesuatu ke dalam salah satu jalan tembus yang tujuh di antaranya lubang telinga dan lubang hidung. Dan kita tahu juga bahwa orang wudhu sunnah menghirup air ke hidung sebelum membasuh wajah.
Jika keluar ingus sampai pada batas
luar lalu ingus itu dihirup kembali, apakah membatalkan puasa?
ثم داخل الفم والأنف
إلى منتهى الغلصمة والخيشوم
له حكم الظاهر في
الافطار باستخراج القئ إليه وابتلاع
النخامة منه وعدمه بدخول
شئ فيه وإن أمسكه
وإذا تنجس وجب غسله
وله حكم الباطن في
عدم الافطار بابتلاع الريق
منه وفي سقوط غسله
من نحو الجنب وفارق
وجوب غسل النجاسة عنه
بأن تنجس البدن أندر
من الجنابة فضيق فيه
دونها اه وقوله ثم
داخل الفم الخ في
شرح بأفضل مثله إلا
أنه أبدل منتهى الغلصمة
بمنتهى المهملة قال ع
ش قوله أخص
منه أي هو بعضه
عند اللغويين وليس أخص بالمعنى
المصطلح عليه عندهم لأنه
ليس جزئيا من جزئيات
مطلق الحلق وإنما هو
جزء منه قال في
المصباح والغلصمة أي بمعجمة مفتوحة
فلام ساكنة فمهملة رأس
الحلقوم وهو الموضع الناتئ
في الحلق والجمع غلاصم
وقوله م ر ثم
داخل الفم أي إلى
ما وراء مخرج الحاء
المهملة وداخل الانف إلى
ما وراء الخياشيم اه
وقال الكردي على بأفضل
فالخيشوم جميعه من الظاهر
قال في العباب والقصبة
من الخيشوم اه وهي
فوق المارن وهو ما
لأن من الانف اه
Bagian dalam mulut sampai ujung
jakun adalah bagian luar mulut, yang apabila muntah/ ingus sampai kepadanya
maka batal jika di telan kembali.
Adapun hidung adalah khisyum yang apabila
ingus di keluarkan sampai kepadanya kemudian di kembalikan baik di telan atau
tidak maka batal. Untuk tidak batalnya jika ada yang masuk (ini benda dari luar
kedua itulah yang menjadi patokan, jelasnya ujung jakun bagi mulut dan khaisyum
untuk hidung).
Jika ingus dimasukkan kembali dan
mampu untuk mengeluarkan kembali. maka jika ditelan dapat membatalkan puasa.
( فَإِنْ تَرَكَهَا مَعَ الْقُدْرَةِ ) عَلَى
لَفْظِهَا ( فَوَصَلَتْ الْجَوْفَ ) يَعْنِي : جَاوَزَتْ الْحَدَّ الْمَذْكُورَ ( أَفْطَرَ فِي الْأَصَحِّ ) لِتَقْصِيرِهِ
بِخِلَافِ مَا إذَا لَمْ
تَصِلْ لِلظَّاهِرِ ، وَإِنْ قَدَرَ
عَلَى لَفْظِهَا ، وَمَا إذَا
وَصَلَتْ إلَيْهِ وَعَجَزَ عَنْ
ذَلِكَ
(Tuhfatul Muhtaj)
Demikian juga untuk bagian telinga,
menurut qoul'muqobbil asoh" yang dipelopori oleh Imam Al Ghozali, Imam Abu
Ali, Imam Fauroniy,dan Qodli Husain, masuknya benda ke dalam lubang telinga
tidak membatalkan puasa karena tidak mempunyai tembusan ke otak.
ولا يفسد بالفصد والحجامة والإكتحال وإدخال الميل في الأذن والإحليل إلا أن يقطر فيه ما يبلغ المثانة .
( ما يبلغ المثانة ) ... إلى أن قال ... قال الرافعي في بطلان الصوم بالتقطير في الأذن بحيث يصل إلى الباطن وجهان أحدهما وبه قال الشيخ أبو محمد أنه يبطل كالسعوط والثاني لا يبطل لأنه لا منفذ من الأذن إلى الدماغ وما يصل إلى المسام فأشبه الإكتحال ويروى هذا الوجه عن الشيخ أبي علي والفوراني والقاضي الحسين وهو الذي أورده المصنف في الوجيز ولكن الأول أظهر عند أكثر الأصحاب ولهم أن يقولوا هب ان الأذن لامنفذ فيه إلى داخل الدماغ لكنه نافذ إلى داخل قحف الرأس لامحالة والوصول إليه كاف في البطلان إهــ (Ittihaf saddatul muttaqiin 4/209)
Lantas di manakah batas rongga
hidung yang disunnahkan istinsyaq (menghirup air hidung)
saat puasa?
Batas istinsyaq yang disunnahkan bagi orang puasa adalah sekiranya tidak sampai pada Khaisyum, sebab kalau sudah sampai pada Khaisyum kemungkinan air sulit untuk dikeluarkan lagi dan bisa masuk ke rongga yang menyebabkan mudharat batalnya puasa.
أما إذا سبق الماء إلى الجوف نتيجة المبالغة فإنه يفطر لأن المبالغة منهي عنها في الصوم
Adapun jika air terlanjur masuk ke dalam rongga sebab istinsyak yang kuat maka dapat membatalkan puasa, karena sesungguhnya menguatkan hirupan istinsyak dilarang (oleh Nabi) bagi orang yang puasa (Fiqhul 'Ibadah)
http://www.facebook.com/groups/piss.ktb/436323186390495/
oleh Ust. Ibnu Toha, Ust. Cecep Furqon, dan Ust. Nur Hasyim S. Anam
Posting Komentar