Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Hukum Orang Yang Meninggalkan Sholat

Hukum Orang Yang Meninggalkan Sholat

Ketahuilah Bahwa yang termasuk dosa yang besar, yang termasuk dikatakan mungkar, dan perbuatan yang diharakam Allah SWT adalah meninggalkan ibadah sholat yang lima waktu yang telah diwajibkan oleh Allah SWT dengan sengaja.


Nabi Muhammad SAW berkata : Siapa orang yang meninggalkan sholat dengan sengaja aku tidak bertanggung jawab atasnya (Dari Abi Darda’ Ra diriwaatkan Ibnu Majah dan Baihaqi).


Allah SWT sangat tidak suka dan murka kepada seseorang hambanya yang meninggalkan sholat. Nabi Muhammad SAW berkata : Siapa orang yang meninggalkan sholat dengan sengaja dia akan bertemu dengan Allah, Allah SWT dalam keadaan murka kepadanya (Diriwayatkan At Thobroni dan sanadnya Hasan ).


Dalam Riwayat yang lain dari Anas Bin Malik Nabi Muhammad SAW berkata, Siapa orang yang meninggalkn sholat dengan sengaja maka dia telah benar-benar kafir.


Dari hadist-hadist diatas begitu sangat besar ancaman Allah kepada orang yang meninggalkan sholat, kaum muslimin dan muslimat yang dimuliakan Allah SWT jangan sampai kita lalai dalam mengerjakan ibadah sholat, dekatkan diri kita dengan melakukan ibadah sholat agar kita mendapatkan perlindungan Allah dan syafaat RosulNya.


Dari Abdullah Bin Umar Rodyiyallahuanhuma Bahwasanya Rosulullah SAW menyebutkan tentang sholat. Beliau yang mulia berkata, Siapa orang yang menjaga Sholatnya dia akan mendapatkan cahaya dan bukti dan akan selamat dihari kiamat nanti dan barang siapa yang tidak menjaga sholatnya dia tidak akan mendapatkan cahaya dan bukti dan tidak akan selamat nanti dihari kiamat dan dan nanti dihari kiamat dia yang meninggalkan sholat akan dikumpulkan bersama Fir’aun, Haman, Qorun, dan Ubay bin Kholaf yang Allah SWT telah laknat mereka (Diriwayatkan Al Imam Ahmad dan Ibnu Hibban dalam Hadist Shohihnya ).


Dari Buoidah Ra, Berkata Nabi Muhammad SAW : Antara Muslim dan Kafir yang membedakanya dalah meninggalkan sholat ( Diriwayatkan Muslis dan lainya ).


Ikwan yang dimuliakan Allah banyak sekali saudara kia sesamea muslim yang meninggalkan sholat dengan sengaja seakan-akan mereka tidak takut dengan siksaan Allah yang sangat pedih. Kita harus terus menginggatkan mereka mudah-mudahan mereka mendapat hidayah dari Allah SWT dan ingin melakukan ibadah sholat karena yang meninggalkan nya denga sengaja kafir.

Diriwayatkan oleh At Tirmidzi, Sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW tidak pernah melihat suatu perbuatan-perbuatan yang yang apabila ditinggalkan perbuatan itu menjadi kafir kecuali meninggalkan sholat.


Dari Hammad bin Zaid dari Ayub Berkata, Meninggalkan sholat dengan sengaja kafir tidak ada bantahan lagi.


Didalam kitab At Targiib Wa Tarhiib Lilmunzhiri dari ibni Hizam Bahwasannya Dari Umar Ibnulkhottob dan Abdurrahman Bin Auf dan Mu’ad Bin Jabal dan Abib Huraoroh dan yang lain dari sahab
at-sahabat Rodyiyallahuanhum, Siapa orang yang meninggalkan sholat Fardu dengan sengaja sampai keluar waktunya maka itu orang telah kafir/ murtad.


Berkata sebagian dari salaf, Orang yang meninggalkan sholat maka akan turun buat dia setiap hari dan malamnya ” Seribu laknat, seribu murka Allah, dan dilaknat oleh semua Malaikat dari ata langit yang ketuju.


Kaum muslimin dan Muslimat mudah-mudahan kita bisa mengerjakan Ibadah sholat dengan baik, dengan hati yang hadir agar kita selamat di dunia dan akhirat.




Habib Muhammad Syahab
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger