Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Tingkatan - Tingkatan Iman

Tingkatan - Tingkatan Iman

  مراتب الإيمان خمسة
 أولها: إيمان تقليد وهو الجزم بقول الغير من غير أن يعرف دليلاً وهو يصح إيمانه مع العصيان بتركه النظر أي الاستدلال إن كان قادراً على الدليل.

Tingkatan iman itu ada lima :

1. Iman Taqlid, 

yaitu berpegang teguh pada perkataan orang lain tanpa mengetahui dalil.orang yang demikian sah imannya,tetapi iman yang disertai kedurhakaan, karena meninggalkan memikirkan dalil, maksudnya mencari dalil kalau memang masih mampu untuk mencarinya

 ثانيها: إيمان علم وهو معرفة العقائد بأدلتها وهذا من علم اليقين وكلا القسمين صاحبهما محجوب عن ذات الله تعالى.

2. Iman Ilmu,

yaitu mengetahui 'aqidah aqidah beserta dalil dalilnya,dan hal ini termasuk ilmul yaqiin. dan pemilik kedua bagian itu (iman taqlid dan iman ilmu) terhalang dari Dzat Alloh Ta'aalaa".

 ثالثها: إيمان عيان وهو معرفة الله بمراقبة القلب فلا يغيب ربه عن خاطره طرفة عين بل هيبته دائماً في قلبه كأنه يراه وهو مقام المراقبة ويسمى عين اليقين.

3. Iman 'Iyaan, 

yaitu ma'rifat Kepada Alloh dengan muroqobah hati, sehingga tidak hilang Tuhannya dari Ingatan hati walau hanya sekejapan mata, bahkan rasa takutnya kepada Alloh itu abadi selamanya di dalam hatinya, seolah-olah Dia (Allah SWT) Melihat kepadanya. Iman 'iyan itu maqom Muroqobah dan dinamakan 'Ainul Yaqiin.

 رابعها: إيمان حق وهو رؤية الله تعالى بقلبه وهو معنى قولهم العارف يرى ربه في كل شيء وهو مقام المشاهدة ويسمى حق اليقين وصاحبه محجوب عن الحوادث.

4. Iman Haq,

yaitu melihat Alloh Ta'alaa dengan Hatinya. ini adalah makna dari perkataan para ulama, "orang 'Arif itu melihat Tuhannya pada tiap-tiap sesuatu ". Iman haqq itu termasuk maqom musyahadah.dan di sebut dengan Haqqul yaqiin, dan yang memilikinya itu terhalang dari perkara perkara baru (Makhluq)

 وخامسها: إيمان حقيقة وهو الفناء بالله والسكر بحبه فلا يشهد إلا إياه كمن
 غرق في بحر ولم ير له ساحلاً،

5. Iman Haqiiqoh, 

yaitu fana dengan mengingat Alloh, dan mabuk akan cinta kepada Alloh, maka Ia tidak melihat kecuali kepada Alloh, seperti orang yang tenggelam kedalam Lautan dan Ia tidak melihat laut itu ada pantainya.

 والواجب على الشخص أحد القسمين الأولين، وأما الثلاثة الأخر فعلوم ربانية يخص بها من يشاء من عباده.

Dan wajib atas seseorang salah satu dari dua bagian yang awal, adapun tiga bagian yang akhir maka termasuk ilmu-ilmu ketuhanan yang dikhususkan kepada hamba-hamba yang dikehendaki-Nya. 

Wallohu a'lam.



Dinukil dari kitab Kasyifatus Saja karya Mbah Nawawi Bantenoleh PISS-KTB
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger