Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Amalan Setelah Sholat Jumat

Amalan Setelah Sholat Jumat

Hendaknya kamu memperingan waktu untuk pekerjaan dunia di hari Jumat. Dan jadikan hari Jumat sebagai hari yang khusus mengerjakan ibadah saja. Karena Sabda Rosulullah shollallohu alaihi wasallam, "Sesungguhnya pada hari Jumat ada saat yang apabila seorang hamba muslim mendapatinya sedang dia dalam keadaan salat dan memohon kebaikan kepada Allah niscaya Allah akan mengabulkannya." (HR. Muslim).

Berikut beberapa amaliyah/wirid yang bisa dibaca selepas sholat Jum'at yang diriwayatkan oleh Hujjatul Islam Al Imam Jalaluddin Abdurrahman Assuyuthiy:

1. Diriwayatkan oleh Abu Ubaidah, dan Ibn Addharies, dalam keutamaan-keutamaan Alqur'an, dari Asma binti Abubakar Asshiddiq ra, berkata: Barangsiapa yang shalat jumat dan lalu membaca setelahnya Al Ikhlas, dan Muawwidzatain (Al Falaq dan An Naas) serta Al Fatihah masing-masing tujuh kali tujuh kali, maka ia dijaga dari majelisnya itu sampai jumat berikutnya.

2. Diriwayatkan oleh Said Bin Manshur, dari Makhul, berkata: Barangsiapa membaca fatihah dan mu'awwidzatain dan Al ikhlas 7X hari jumat sebelum ia berbicara, maka dihapus dosanya hingga dua jumat, dan ia terjaga.

3. Diriwayatkan oleh Humaid bin Zanjawiyah, dalam Fadhailil Amal dari Ibn Shihab, berkata: barangsiapa yang membaca Al ikhlas, dan muawwidzatain selepas shalat jumat ketika salamnya imam sebelum ia berbicara, sebanyak 7X, 7X, maka ia dijamin dirinya, hartanya, dan anaknya, dari jumat ke jumat berikutnya.

4. Telah terwarid, Barangsiapa membaca surat alfatihah, al-ikhlas dan surat al-muawwidzatain masing-masing tujuh kali setelah ia salam dari shalat jumat sebelum ia melipat kedua kakinya diampuni dosanya yang telah ia jalani, diberikan pahalanya orang beriman pada Allah dan rasulNya, dan dijanjikan diajauhkan dari kejelekan hingga jumat berikutnya, dalam sebuah riwayat (bila dibaca) sebelum ia berbicara dijaga baginya agamanya, dunianya, keluarganya dan anaknya (Bughyah al Mustarsyidiin I/175)

Dari Ibn Abbas ra dari Nabi Shallallaahu Alaihi wa Sallam bersabda, Barangsiapa membaca setelah usai menjalani shalat jumat Subhaanallaahil Azhiimi Wa Bihamdihii 100X, Allah ampuni 100.000 dosanya, 24.000 dosa kedua orang tuanya. (Hasyiyah Iaanah at-Thoolibiin II/106).




Habib Munzir Al Musawwa
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger