Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Fadhilah Haji

Fadhilah Haji

Diantara rukun islam yang lain, Haji merupakan suatu ibadah yang wajib dilakukan hanya satu kali sepanjang hidup, dan ibadah yang terakhir diwajibkan oleh syara'. Disamping itu juga sebagai bentuk dari kesempurnaan agama, sebagaimana firman Alloh yang turun pada waktu haji wada'.



الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِيْنَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِيْ وَرَضِيْتُ لَكُمُ اْلإِسْلاَمَ دِينًا (المائدة :3)


Artinya, "pada hari ini telah kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah ku-cukupkan kepadamu nikmat-ku, dan telah ku-ridhai islam itu jadi agama bagimu"( al-maidah ayat 3).


Haji bukanlah kewajiban yang dikhususkan untuk umat Nabi Muhammad melainkan telah ada sejak zaman nabi ibrahim seperti termuat dalam al-quran:


 وَأَذِّنْ فِيْ النَّاسِ بِالْحَجِّ يَأْتُوْكَ رِجَالاً وَعَلَى كُلِّ ضَامِرٍ يَأْتِيْنَ مِنْ كُلِّ فَجٍّ عَمِيْقٍ (الحج: 27).


Artinya, " Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh (Al Hajj:27)


Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa mereka akan mendatangi seruan haji dengan berjalan seperti yang dilakukan oleh orang-orang terdahulu,maupun dengan kendaraan yang datang dari penjuru dunia. Adapun keutamaan disyariatkannya haji telah banyak di sebutkan dalam alquran maupun hadist yang tak terkira, diantaranya Supaya para jamaah haji memperoleh manfaat dan pahala sebagaimana termaktub dalam ayat: 


 لِيَشْهَدُوا مَنَافِعَ لَهُمْ وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ فِي أَيَّامٍ مَعْلُومَاتٍ عَلَى مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الْأَنْعَامِ (الحج 28)


Artinya, "Supaya mereka menyaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang Telah ditentukan atas rezki yang Allah Telah berikan kepada mereka berupa binatang ternak". 


  وعن ابن عمر رضي الله عنهما قال سمعت النبي صلى الله عليه وسلم يقول ما ترفع إبل الحاج رجلا ولا تضع يدا إلا كتب الله له بها حسنة أو محا عنه سيئة أو رفع بها درجة


Diriwayatkan dari Ibnu umar berkata bahwa rosululoh bersabda " tidaklah unta orang yang haji mengangkat kaki belakangnya dan tidak pula meletakkan kaki depannya kecuali alloh akan menulis kebaikan, menghapus kecelaan atau mengangkat derajat orang yang mengendarainya. 




Dliya
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger