Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Cara Menegur Imam Sholat

Cara Menegur Imam Sholat

Terdapat perbedaan antara laki-laki dan perempuan dalam hal menegur imam yang melakukan kesalahan dalam shalat. Perbedaannya adalah sebagai berikut:


Untuk ma’mum laki-laki, dia harus me­negur imam shalatnya dengan membaca tasbih (Subhanallah). Dengan catatan, disyaratkan ketika mengucapkan “Subhanallah” itu dengan niat membaca dzikir atau membaca dzikir sekaligus menegur imam.  

Bila orang itu membaca “Subhanallah” dan niatnya hanya untuk menegur imam atau dia tidak berniat apa pun, shalatnya batal. 

Ini keterangan tentang tata cara se­orang makmum laki-laki yang mene­gur imam dalam shalat.


Adapun bagi ma’mum perempuan, bila dia mau menegur atau meng­ingatkan imam shalatnya, adalah dengan cara bertepuk tangan, seba­gaimana disebutkan dalam sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim


“Barang siapa yang terjadi sesuatu dalam shalatnya (kesalahan imam mi­salnya), ucapkanlah tasbih (Subha­nallah, untuk menegurnya), adapun ber­tepuk ta­ngan itu hanya dilakukan oleh perempuan (ketika ingin menegur imam­nya).”


Mengenai cara tepuk tangan yang benar dan disunnahkan ketika menegur imam bagi seorang wanita adalah sebagai berikut:


Menepuk perut telapak tangan yang kanan (bagian dalamnya) di atas punggung telapak tangan yang kiri (bagian luarnya), atau sebaliknya, yaitu perut telapak tangan yang kiri di atas punggung telapak tangan yang kanan.


Menepuk punggung telapak tangan yang kanan di atas perut telapak tangan yang kiri, atau sebaliknya.


Menepuk punggung telapak tangan yang kanan di atas punggung te­lapak tangan yang kiri atau sebalik­nya.


Adapun menepuk telapak tangan yang kanan di atas perut telapak tangan yang kiri atau sebaliknya, hukumnya adalah makruh. 

Dan perlu diketahui, jika seorang makmum yang menepuk ta­ngannya dengan niat main-main ketika shalat dan dia mengetahui bahwa itu adalah haram ketika dalam shalat, shalatnya batal.



Habib Segaf Bin Hasan Baharun
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger