Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Ternyata Jumlah Rasul Tercantum Di Balik Nama Muhammad

Ternyata Jumlah Rasul Tercantum Di Balik Nama Muhammad

Jika kita bicara sosok Rosulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam, maka tidak akan pernah habis kita ungkapkan. Begitu banyak keistimewaan yang Allah anugerahkan kepada beliau. Semoga sholawat serta salam senantiasa tercurahkan kepada beliau, keluarganya, dan para shohabatnya, serta bagi orang-orang yang senantiasa mengikutinya sampai akhir zaman. Aamiin.


Tahukah anda, bahwa jumlah para rosul itu terkandung dalam lafazh “Muhammad” (ﻣﺤﻤﺪ ) ??? Maka kali ini kita akan mengungkap rahasia di balik lafazh tersebut.


Perlu kita ketahui, sebelum ada angka-angka 1, 2, 3, 4, 5, dan seterusnya, manusia menggunakan simbol-simbol untuk menyatakan suatu jumlah tertentu. Kita mengenal angka romawi I untuk melambangkan angka 1, atau V untuk melambangkan angka lima, atau X untuk melambangkan angka 10.


Begitu pula dengan huruf-huruf Arab, setiap hurufnya mengandung simbol angka tertentu. Berikut daftar simbol-simbol angka tersebut:


ﺃ = ;1 ﺏ = ;2 ﺝ = ;3 ﺩ = ;4 ﻫ = 5 ; ﻭ = ;6 ﺯ = ;7 ﺡ = ;8 ﻁ = ;9 ﻱ = ;10 ﻙ = ;20 ﻝ = ;30 ﻡ = ;40 ﻥ = ;50 ﺱ = ;60 ﻉ = ;70 ﻑ = ;80 ﺹ = ;90 ﻕ = ;100 ﺭ = ;200 ﺵ = ;300 ﺕ = ;400 ﺙ = ;500 ﺥ = ;600 ﺫ = ;700 ﺽ = ;800 ﻅ = ;900 ﻍ = 1000


Susunan huruf diatas bukan berdasarkan urutan yang kita kenal, yaitu a ba ta tsa’, dst, akan tetapi berdasarkan susunan “Abjad” seperti yang terlihat dalam urutan di atas ( ﺃ , ﺏ , ﺝ , ﺩ = dibaca “Abjad”). Dan itu semua berasal dari bangsa Arab terdahulu.


Sekarang, mari kita hitung jumlah angka yang terkandung pada lafazh ﻣﺤﻤﺪ . Hitungan ini sudah pernah dilakukan oleh Syaikh al-Malawi yang telah dikutip oleh Imam al-Bajuri (wafat 1277 H):


“Syaikh al-Malawi berkata: “Sebagian ulama telah beristinbath dari nama mulia ini (Muhammad) bahwa ia mengandung jumlah para rosul, yaitu 314. Di dalam kata ﻣﺤﻤﺪ , terdapat 3 mim. Huruf mim jika dijabarkan, maka terdapat huruf ﻡ ﻱ ﻡ (dari kata ﻣﻴﻢ ). Satu ﻡ bernilai 40 dan ﻱ bernilai 10. Maka dalam satu huruf mim bernilai 90. Dalam kata ﻣﺤﻤﺪ , terdapat 3 huruf mim, maka totalnya 90 x 3 = 270. Kemudian ia terdapat huruf ha’ yang jika dijabarkan, terdapat ﺡ dan ﺃ (dari kata ﺤﺄ ). Maka dalam huruf ha’ bernilai 8 + 1 = 9. Begitu juga huruf dal, terdapat ﺩ ﺍ ﻝ , maka nilanya 4 + 1 + 30 = 35. Jika dijumlahkan semuanya, maka totalnya 270 + 9 + 35 = 314. Maka pada nama beliau yang mulia itu, terdapat isyarat bahwa semua kesempurnaan yang ada pada seluruh rosul, semuanya ada pada diri beliau.” Selesai perkataan Syaikh al-Malawi.


Oleh karena itu, sebagian ulama bersyair:


ﺇﻥ ﺷﺌﺖ ﻋﺪﺓ ﺭﺳﻞ ﻛﻠﻬﺎ ﺟﻤﻌﺎ * ﻣﺤﻤﺪ ﺳﻴﺪ ﺍﻟﻜﻮﻧﻴﻦ ﻣﻦ ﻓﻀﻼ

ﺧﺬ ﻟﻔﻆ ﻣﻴﻢ ﺛﻼﺛﺎ ﺛﻢ ﺣﺎ ﻭ ﻛﺬﺍ * ﺩﺍﻝ ﺗﺠﺪ ﻋﺪﺩﺍ ﻟﻠﻤﺮﺳﻠﻴﻦ ﻋﻼ


“Jika engkau menghendaki jumlah sekalian rosul, Maka dia telah dikumpulkan dalam lafazh Muhammad yang merupakan pemimpin dunia dan akhirat, yakni Nabi yang memiliki keutamaan.

Ambillah huruf mim tiga kali, kemudian huruf ha’ dan begitu juga huruf dal, Niscaya engkau dapatkan jumlah para rosul itu.” (Hasyiyah al-Bajuri ‘ala Kifayatil ‘Awam, halaman 17 – 18)

Jumlah di atas sesuai dengan yang dinyatakan oleh Syaikh Zainuddin al-Malibari dalam kitabnya, Fathul Mu’in: “Telah shohih sebuah hadits bahwasannya jumlah para nabi ‘alaihimus sholatu was salam adalah 124.000 sedangkan jumlah para rosul adalah 315 (314 + Nabi Muhammad).”


Begitulah keistimewaan Rosulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam. Semua kesempurnaan yang ada pada seluruh rosul, ada pada diri beliau shollallahu ‘alaihi wa sallam. Oleh karena itu, janganlah pernah bosan untuk senantiasa bersholawat dan merindukan beliau. Semoga kita semua termasuk yang diberi syafa’at oleh beliau di hari akhir nanti. Aamiin.




Zafrullah zafrullah
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger