Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Keutamaan Sholat Subuh (2)

Keutamaan Sholat Subuh (2)

Berikut ini adalah beberapa poin terpenting keutamaan shalat subuh,
 
1. Dijamin masuk surga
 
Orang yang rutin shalat berjamaah subuh selain dijamin terbebas dari api neraka, juga dijamin dalam masuk surga. Sebagaimana hadis yang artinya, dari Abu Bakar bin Ammarah dari bapaknya berkata, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang menunaikan shalat pada dua waktu yang dingin (shalat subuh dan shalat ashar) maka ia akan masuk surga.” (H.R. Ibny Hiban)
 
2. Disaksikan oleh malaikat
 
Allah SWT berfirman: “Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan dirikanlah pula shalat subuh sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).” (Q.S Al-Israa’[18]:78)
 
Dikala fajar, malaikat yang bertugas di siang hari dan malam hari menurut Rasulullah SAW, mereka berkumpul menyaksikan jama’ah shalat subuh. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, dari Abu Huraihah r.a dari Nabi Muhammad SAW bersabda, “Shalat berjamaa’ah lebih utama dua puluh lima derajat dibanding shalat sendiri, malaikat malam dan malaikat siang, mereka berkumpul dalam jama’ah shalat subuh.” (H.R. Al-Bukhari)
 
3. Menyelamatkan kaum dari adzab
 
Ini sebagaimana hadis riwayat Al-Ashbihani, dari Abu Umamah al-Bahili dari Nabi Muhammad SAW bersabda, “Tidak ada suatu kaum yang mengumandangkan adzan untuk shalat subuh kecuali mereka akan dari adzab hingga malam hari. Dan tidak ada suatu kaum yang mengumandangkan adzan untuk shalat subuh kecuali mereka akan selamat dari adzab hingga malam hari. Dan tidak ada suatu kaum yang mengumandangkan adzan untuk shalat subuh kecuali mereka akan selamat dari adzab hingga malam hari. Dan tidak ada suatu kaum yang mengumandangkan adzan untuk shalat magrhib, kecuali mereka akan selamat dari adzab hingga subuh.”(HR. Al-Ash-bihani). Maksud dari hadis ini adalah, jika dalam suatu desa masyarakatnya melaksanakan shalat subuh berjama’ah, maka Insya Allah akan selamat dari adzab. Ini tidak lain dan tidak bukan karena pahala yang besar dari shalat subuh berjama’ah, sehingga mampu memalingkan murka Allah SWT
 
4. Mendapatkan berkah dari Allah SWT dan dilapangkan rejekinya
 
Dari Shakhr al-Ghamidi dari Nabi Muhammad SAW, “Ya Allah SWT berkatilah umatku atas aktivitas paginya.” (H.R Abu Daud). Rasulullah SAW jika mengutus pasukan perang atau tentara, beliau menyuruh mereka agar berangkat pagi. Dan Shakhr al-Ghamidi adalah seorang pedagang, Rasulullah SAW pun menyuruhnya untuk berangkat di pagi hari dan hal itu dilakukan Ghamidi dan dia menjadi orang kaya.
 
5. Menormalkan kinerja syaraf pusat dan menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh.

Shalat subuh secara kusyuk ibarat kita berolah raga, sangat baik bagi kesehatan. Dengan bantuan shalat subuh yang kusyuk, syaraf kita akan bekerja dengan sempurna sesuai dengan sistemnya. Secara tidak langsung telah menormalkan kembali fungsi syaraf. Dan jika bagus sesuai sistem, maka aktivitas kita dalam mengarungi hari juga berjalan dengan sempurna dan lancar. Selain itu di dalam tubuh manusia terdapat banyak sekali jenis kelenjar hormon.
 
Diantaranya hormon yang memunculkan rasa emosi, hormon tiroid. Jika dihubungkan antara aktivitas ibadah seperti shalat subuh dan fungsinya sebagai penyeimbang hormon. Maka sangat beralasan jika para ulama berpendapat bahwa seseorang yang bangun siang (setelah matahari terbit dan terang), akan mengalami kegelisahan dan kegundahan hati. Karena menurut Prof.HM Hembing Wijayakusuma mengatakan jika hormon tiroid ini tidak seimbang karena terlalu aktif, akan menimbulkan perilaku-perilaku kurang wajar, seperti mudah marah, tergesa-gesa. Istilah ini dalam dunia kesehatan dinamakan hipertiroid.
 
Dengan begitu akan menyebabkan hilangnya keseimbangan hormon dan biokimia tubuh dan menggangu metabolisme tubuh. Dan pada saat itu berbagai macam penyakit mudah sekali menyerang, seperto jantung, liver, depresi, kanker, diabetes dll. Peranan shalat subuh sendiri sebagai obat mujarab dan resep dari Allah SWT yang manjur dalam menangkal berbagai penyakit tersebut. Ini juga bisa dibuktikan dari kaca mata medis yang dilakukan penelitian tiga ilmuwan, Furchgott, Ignatio serta Murad yang mendapat hadiah nobel pada tahun 1998. Dalam penelitiannya, dalam shalat subuh ternyata terdapat atau menghasilkan kandungan zat yang lazim disebut zat NO atau Nkitrik Oksida.
 
Jadi kalau kita bangun tidur pada pagi buta dan bergerak, maka hal itu akan memberikan pengaruh baik pada pencegahan gangguan kardiovaskular. Naiknya kadar NO dalam darah karena bekerja dapat diminimalisir dengan wudhu dan shalat sunnah dan wajib apalagi bila disertai berjalan kemasjid merupakan proteksi bagi pencegaha kejadian kardiovaskular. Selain itu patut dicatat bahwa pada posisi rukuk dan sujud terjadi proses mengejan, posisi ini meningkatkan tonus parasimpatis (yang melawan efek tonus simpatis). Dengan shalat subuh tubuh memproduksi NO untuk melawan peningkatan kadar zat adrenalin diatas yang berefek menyempitkan pembuluh darah dab nebuat sel trimbosit darah kita menjadi bertambah, sehingga pikiran dan tubuh kita menjadi lebih tenang, juga bisa mengontrol kesehatan kita.
 
Demikianlah beberapa keutamaan dan khasiat shalat subuh. Sebenarnya masih banyak keutamaan lain shalat subuh, tapi yang terpenting adalah bagaimana kita berusaha sebisa mungkin melaksanakan shalat subuh berjama’ah terlebih lagi dimasjid, dengan kusyuk (tuma’ninah), ikhlas dan mengharap keridhoan Allah SWT. Keutamaan dan khasiat shalat subuh itu tentu kita anggap saja sebagai bonus, karena amalan yang paing utama kita harapkan tentu saja pahala yang berlipat ganda, dan jaminan masuk surga. Amin amin ya robbal allamin.



Santya Herfian
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger