Adv 1
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Awal Desember 2017, Kudus Dikepung Pengajian Maulid Dari Empat Penjuru Mata Angin

Awal Desember 2017, Kudus Dikepung Pengajian Maulid Dari Empat Penjuru Mata Angin



Setiap datangnya bulan Rabiul Awwal, masyarakat di Kudus yang terkenal relijius selalu berbondong-bondong mengadakan kegiatan-kegiatan positif keagamaan sebagai wujud rasa syukur atas anugerah yang luar biasa dari Allah SWT melalui dilahirkannya sosok panutan, Kanjeng Nabi Muhammad SAW, ke alam dunia.

Acara-acara seperti pembacaan Maulid Al Barjanjy maupun Simtuddhurar pun digelar setiap malamnya oleh hampir semua masjid dan musholla di kawasan kota yang memiliki dua Wali Songo ini. Suasana Maulid Nabi semakin meriah tatkala para ibu-ibu rumah tangga dengan sukarela menyajikan berbagai makanan ringan/ jajan khas Kota Kretek sebagai penyemangat para peserta pembacaan Maulid.

Membaca maulid memang bukan hal yang aneh lagi bagi masyarakat Kota Kudus karena setiap minggunya pun selalu dijadwalkan secara rutin dibaca di masjid, musholla, maupun di majelis-majelis taklim dalam rangka mempelajari kehidupan dan keistimewaan yang Allah anugerahkan kepada utusannya yang mulia. Ada yang membacanya setiap malam Jumat maupun malam Senin.


Pada bulan Rabiul Awwal, masyarakat di Kudus sudah sangat familier dengan berbagai Pengajian Peringatan Maulid Nabi dengan menghadirkan para ulama (Kyai dan habaib). Dari berbagai jadwal Pengajian maulid Nabi yang kami peroleh di Kota Kudus, berikut ini yang akan diselenggarakan di awal Desember (1 – 10 Desember 2017)

Diawali oleh Masjid Baitul Muttaqin Proliman Barongan Kecamatan Kota Kudus pada Kamis 30 November (malam 1 Desember) 2017, yang akan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dengan mengadakan pengajian umum.

Keesokan harinya, Kecamatan Kaliwungu (Kudus bagian barat) sudah menyiapkan pengajian umum peringatan maulid Nabi Muhammad bertajuk Ngaji Bareng Kyai Amin Budi Harjono dari Semarang. Uniknya, pengajian ini akan digelar di Pasar Mijen Kaliwungu pada 2 Desember pukul 13.00 WIB di saat aktivitas pasar sedang berlangsung. Acara ini akan dimeriahkan oleh penampilan Hadrah Al Husna dan Hidayatus Syibyan dari Kudus.

Di tanggal dan hari yang sama (2 Desember 2017), pada malam harinya akan berlangsung Pengajian Maulid Nabi Muhammad di Masjid Jami' Asyuhada, sebelah selatan Makam Pahlawan Kaliputu.

Bergeser ke arah Gunung Muria di Kudus bagian utara, Dukuh Lahar Wetan, Desa Puyoh, Kecamatan Dawe, pada Ahad malam Senin 3 Desember 2017 akan berlangsung Pengajian Maulid Nabi Bertajuk Hidayatul Fata Bersholawat yangdipersembahkan oleh Majelis Yaasiin dan Sholawat Hidayatul Fata (HF). Acara tersebut akan menghadirkan Habib Syafiq Al Kaff dan KH. Abdullah Aniq Nafisah yang akan diiringi oleh penampilan Hadrah Safinatunnaja.


Di bagian timur Kota Kudus, tak mau ketinggalan mengadakan majelis Maulid Nabi. Adalah Masjid Al Amin yang terletak di Pladen, Jekulo yang akan menghadirkan Habib Syafiq Al Kaff pada hari selasa malam rabu tanggal 5 Desember 2017.


Kembali ke arah barat, akan ada Pengajian Maulid Nabi pada hari dan tanggal yang sama, Selasa Malam Rabu 5 Desember 2017, di Masjid Arrahman Dukuh Sukoarjo, Gribig, kecamatan Gebog. Yang akan dihadirkan sebagai pembicara adalah KH. Idham Khalid yang merupakan Masyayikh senior dari alumni Qudsiyyah Kudus asal Demak. Sementara itu pembacaan Maulid Nabi akan dilantunkan oleh Habib Abu Bakar Ba’agil dan vokalis Al Mubarok yang namanya sudah terkenal, Gus Apank (Ust. H. Ashfal Maula).

Bergerak menuju daerah perbatasan Kudus Demak di bagian Kudus Selatan, akan tersaji Pengajian Umum yang akan diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Al Muayyad Tanggulangin dan SMPIT Qalsaba. Pengajian yang juga ditujukan untuk peringatan ulang tahun Pondok ke 25 tahun ini akan hadir pada Rabu malam Kamis 6 Desember 2017.


Pada tanggal 8 Desember , GP Ansor melalui Majelis Rijalul Ansornya di Getas Pejaten akan mengadakan acara Getas Pejaten Bersholawat di MI NU Baitul Mukminin mulai ba’da maghrib. Pengajian tersebut akan menghadirkan Habib Syafiq Al Kaff, KH. Abdurrahman Syamduri, dan Gus Apank dan diiringi Rebana Nurul Khoirot dan EL BM.

Terakhir pada tanggal 9 Desember 2017 ba'da sholat isya, kembali ke wilayah Kudus bagian barat tepatnya di Majelis Sholawat Al Barjanjy Dukuh Pringsewu, Bakalan Krapyak, Kecamatan kaliwungu akan diagendakan Pengajian Umum bersama yang akan dirawuhi Habib Idrus Al Muthohar.

Gimana sahabat, sudah mengagendakan pengajian yang mana nih untuk dihadiri? Agenda Pengajian dan Kegiatan Peringatan Maulid Nabi di Kabupaten Kudus dapat sahabat lihat di Halaman Agenda Musholla RAPI Online.
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger