Para ulama menyepakati sejumlah perbuatan, yang disunnahkan dalam kondisi berwudhu atau suci dari hadats kecil, di antaranya adalah sebagaimana berikut:
a. Mengulangi Wudhu Untuk Tiap Shalat
Para ulama sepakat bahwa bagi yang telah mendirikan shalat dan dalam kondisi suci, jika hendak shalat di waktu yang lain, disunnahkan untuk berwudhu kembali, sekalipun statusnya masih dalam kondisi suci dari hadats. Dasarnya hadits berikut:
لْ او ل ِ تَّ مُ اى أ ال ع َّ قُ اش أ ْ ان أ ْ تهم ْ ار لأام ٍ وءُضُ وِ ب ٍ صالاة ِ
لُ ك ا دْ نِ ع
ٍ ااك وِ سِ بٍ وءُضُ و ِ
لُ ك ا اع ام و ( ُ ادْ احم أُ ااه او ر)
Dari Abi Hurairah ra: Rasulullah SAW bersabda: “Seandainya tidak memberatkan ummatku pastilah aku akan perintahkan untuk berwudhu pada tiap mau shalat. Dan wudhu itu dengan bersiwak.” (HR. Ahmad)
b. Menyentuh Kitab-kitab Agama Dan Hendak Belajar
Para ulama sepakat bahwa disunnahkan dalam kondisi wudhu bagi yang hendak belajar ilmu-ilmu agama. Sebagaimana disunnahkan pula jika hendak menyentuh kitab-kitab agama seperti kitab tafsir, hadits, aqidah, fiqih dan lainnya.
Namun bila di dalamnya lebih dominan terdapat ayat al-Quran maka hukumnya menjadi wajib menurut jumhur ulama.
c. Ketika Akan Tidur
Jumhur ulama berpendapat disunnahkan pula ketika akan tidur untuk berwudhu, sehingga seorang muslim tidur dalam keadaan suci dari hadats. Rasulullah SAW bersabda:
ِ إ ا ذ ا ا أ ا ت ْ ي ا ت ا م ْ ض ا ج ا ع ا ك ا ف ا ت ا و َّ ض ُ أ و ُ ض ا وء ا ك ِ ل َّ لص ا لا ِ ة َُّ ث ا ْ ض ا ط ِ ج ْ ع
ا ع ا ل ا ى ش ِ
ق ا ك ا الأ اْ ين (متفق عليه)
Dari al-Barra’ bin Azib ra: Rasulullah saw bersabda: “Bila kamu naik ranjang untuk tidur maka berwudhu’lah sebagaimana kamu berwudhu’ untuk shalat. Dan tidurlah dengan posisi di atas sisi kananmu.” (HR. Bukhari Muslim).
d. Sebelum Mandi Janabah
Para ulama sepakat bahwa sebelum mandi janabah disunnahkan untuk berwudhu terlebih dahulu dengan mengakhirkan membasuh kaki. Demikian juga disunnahkan berwudhu bila seorang yang dalam keadaan junub kemudian hendak makan, minum, tidur, atau mengulangi jima’. Dasarnya adalah hadits-hadits berikut:
ا اان ك ل وُ اس ر َِّ اللّ ى َّ ال ص َُّ اللّ ِ هْ اي ال ع ا مَّ ال اس و ا ا ذِ إ ا اان ك ا ا بُ نُ ج ا ااد ار اأ ف
ْ ان أ ل ُ كْا يَ ْ او أ ا اام ان ي ا أَّ اض او ت ُ اه وءُضُ و ِ لااة َّ لصِ ل (رواه مسلم
Dari Aisyah ra berkata bahwa Rasulullah SAW bila dalam keadaan junub dan ingin makan atau tidur beliau berwudhu’ terlebih dahulu seperti wudhu’ untuk shalat. (HR. Muslim)
اا ذِ إ ى ا ات أ ْ مُ كُ اد اح أ ُ اه لْ اه أ َُّ ث ا ااد ار أ ْ ان أ ا ودُ اع ي ْ أَّ اض او ات يْ ال ف (رواه الجماعة إل البخاري)
Dari Abi Said al-Khudhri ra: Rasulullah saw bersabda: “Bila kamu berhubungan seksual dengan istrimu dan ingin mengulanginya lagi maka hendaklah berwuhdu terlebih dahulu.” (HR. Jamaah kecuali Bukhari)
e. Ketika Membaca Al-Quran
Hukum berwudhu atau dalam kondisi suci ketika membaca al-Quran adalah sunnah. Hal ini berbeda dengan menyentuh mushaf al-Qur’an, yang menurut jumhur adalah wajib. Demikian juga sunnah untuk berwudhu terlebih dahulu bila hendak membaca hadits Rasulullah saw dan mengajarkannya kepada orang lain, sebagaimana tradisi para ulama terdahulu seperti imam Malik, imam Bukhari, dan lainnya.
f. Ketika Melantunkan Azan dan Iqamat
Para ulama sepakat, disunnahkannya berwudhu bagi orang yang hendak melakukan adzan dan iqamah. Sebagaimana mereka juga sepakat bahwa yang mengumandangkan iqamah dalam kondisi berhadats kecil, disunnahkan untuk mengulanginya dalam kondisi suci dari hadats.
g. Dzikir
Para ulama umumnya sepakat bahwa disunnahkan bagi yang hendak berzikir dengan lisannya untuk dalam kondisi suci dari hadats. Dasarnya adalah hadits berikut:
ٍ ذُ فْ نُ ق ِ نْ ب ِ رِ ااج هُ مْ ال ْ ان ع ا مَّ ال اس ف ُ ولُ اب ا ي وُ اه و َِّ بَِّ اى الن ات أُ هَّ ان أ ِ
نِّ ا إ اال اق ف ِ هْ اي لِ ا إ ار اذ تْ اع َُّ ا ث أَّ اض او ت َّ اتَّ ح ِ هْ اي ال ع َّ دُ ار ي ْ ام ال ف ِ هْ اي ال ع
ْ هُ اى ط ال ع َّ لِ إ َّال اج و َّ از ا ع َّ ا اللّ رُ ك ْ اذ أ ْ ان أ ُتْ هِ ار ك ا اال ق ْ او أ ٍ ر
ا اى ط ال ع ٍ اة اار ه (رواه أبو داود والنسائى وابن حبان والحاكم)
Dari al-Muhajir bin Qunfudz Bahwasanya dia pernah menemui Nabi saw ketika beliau sedang buang air kecil, lalu dia mengucapkan salam kepada Nabi, namun beliau tidak menjawab salamnya hingga berwudhu, kemudian beliau meminta maaf seraya bersabda: “Sesungguhnya aku tidak suka menyebut Nama Allah Ta'ala kecuali dalam keadaan suci.” (HR. Abu Dawud, Nasa’i, Ibnu Hibban dan Hakim)
h. Ziarah Ke Makam Nabi SAW
Para ulama sepakat bahwa ketika seseorang berziarah ke makam Nabi SAW, disunnahkan atasnya untuk berwudhu. Sebagai bentuk penghormatan (ta’zhim) atas diri Rasulullah SAW.
Ust. Isnan Anshori

Posting Komentar