وعلى اىفةكو أن يك نٔ ثصيرا ثز ةٌ لٌجلا على
طأ )
ظةفؾة
ليصة )اىترغيت
واىتر يْت لي ذٍِري ص 549
“Seharusnya seseorang berwawasan, menyesuaikan dengan zaman
fokus pada tujuan dan menjaga lisan”.
Beliau
tentu ingin sekali agama ini, syari‟at ini, dicintai ummat sebab itu beliau
berperilaku sangat simpatik.
رأس اىفلو ثفد الدي الت دّٔد إلى الجةس واصػ
ةِع
المفروف إلى كلّ ثرّ وفةصر )إظيةء ي مٔ الدّي
نَذةب -
262 ( )كةل اىفراقي في تخريج /ّ / آداب الأىفح
والأخ ةٔ 2
رأس اىفلو ثفد الإي ةٍن الت دٔدإلى الجةس واصػ
ةِع «
أخرص اىػبراني. » المفروف إلى كل
ثرّ وفةصر
“Inti akal setelah mengantarkan iman, adalah berperilaku
simpatik dan berbaik kepada semua orang”
Bahkan
saking baiknya beliau, setiap orang merasa paling dekat dan lalu mereka merasa
beliau sebagai orang tuanya sebagai implementasi sifat nabi Muhammad.
يفػ كل صيصةا صُيج ،ّ لا يحصت صييص أن أظدا
أكرم يي .ٌِّ كد وشؿ الجةس بصػ وخيل )23/ فصةر
له اثًة. )ظيةة الصّعةثح 1
Beliau
sangat mempercayai santri dan orang orang sholeh bahwa mahabbahnya murni dan
permanen, sementara mengajak pihak lain dengan service yang luar biasa. Ini
tentu terinspirasi oleh hadits
وأخرج البخةري رٍو ث دغيت رضي ا﵀ كةل/ أػ رش لٔ ا﵀ ك
ةٌٔ و ؿٌِ آخري فهأ إني أػ ك ةٌٔ أخةف يْف « / ذج أ يي فلةل
وصز وأكِوُ ك ةٌٔ إلى ةٌ صفو ا﵀ في كي بٔ ظيةة الصّعةثح
( » الخير واىغنى رٍو ث دغيت
)284/2
Beliau
sangat menghindari bahasa bahasa vonis sebab ingin suasana kondusif, ini tentu
benar sesuai hadits
أبي
رْيرة أن رش لٔ ا﵀ كةل إذا كةل الرصو
يْم الجةس ف أ يْه .ًٓ )كةل أث اشعق لاأدري
]445/ أ يْه ثةلجصت أوأ يْه ثةلرفؿ( ]صعيط مصي 2
Komitmen
beliau terhadap madzhab ahlusunnah kuat sekali, buktinya pokok pokok ini
dijadikan muqodimah dalam kitabnya al
ulama‟ al mujaddidun :
كةل رش لٔ ا﵀ الج ةٓد واصت ييك ؿٌ كل « /
أ يٌر ثرّا كان أو فةصرا والصلاة واصجح ييك
خيف
كل مصي ثرّا كان أوفةصرا وإن وٍ الهجةار،
والصلاة واصجح على كل مصي ثرّا كان أوفةصرا
وإن
.» وٍ الهجةارَ
كةل رش لٔ ا﵀ زلاثٌ أصو الإي ةٍن الهف «
كةل
لاإله إلاا﵀ ولا كُفّ ره ثذ
تُ ولانخرص الإشلام ثف وٍ والج ةٓد ةٌض ذٌِ ثفسني ا﵀ إلى
أن يلةدو آخر أ تٌي الدّصةل لايجػي ص رٔصةار
) اىفي ةٍء المضددون ص 14 ( » ولادل عادل والإي
ةٍن ثةلأكدار
Makna
dasarnya sebagai berikut, “Perjuangan
(mengawal Islam) adalah keharusan, meskipun harus dengan pemimpin yang tidak
sholeh, begitu halnya sholat dan kewajiban lainya”
“Ada tiga
pokok dalam iman, menahan diri agar tidak melukai ahli tauhid, tidak
menkafirkannya hanya karena satu kesalahan. Perjuangan juga harus jalan sampai
dikalahkannya dajjal oleh akhir ummatku. Keharusan ini tidak bisa dibatalkan
oleh apapun. Pokok ketiga adalah iman qodho‟
qodar”
KH. Baha'uddin Nursalim (Gus Baha)

Posting Komentar