Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Lima Golongan Manusia Terkait Ilmu

Lima Golongan Manusia Terkait Ilmu

Rasulullah SAW menjelaskan lima golongan manusia terkait ilmu, yang celaka adalah golongan kelima.

قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كُنْ عَالِمًا أَوْ مُتَعَلِّمًا أَوْ مُسْتَمِعًا أَوْ مُحِبًّا وَلَا تَكُنْ خَامِسًا فَتَهْلِكَ (رواه بيهقى)

Nabi SAW bersabda: (1) Jadilah engkau orang berilmu, atau ( 2) Orang yang menuntut ilmu, atau (3) Orang yang mau mendengarkan ilmu, atau (4) Orang yang menyukai ilmu. Dan Janganlah engkau menjadi orang yang kelima maka kamu akan celaka (HR. Baihaqi).

Di dalam Riwayat tersebut, Rasul SAW memerintahkan umatnya untuk menjadi:

Aliman (orang berilmu).

Kita hidup di dunia ini wajib mencari ilmu kapanpun dan dimanapun, kalau kita menjadi orang Alim(berilmu) hidup kita tidak akan tersesat dan wibawa kita sangat tinggi di mata masyarakat.

Muta’ammilan (orang yang menuntut ilmu, murid, pelajar, santri).

Jika kita tidak bisa melakukan point yang pertama jadilah orang yang kedua yaitu menjadi orang yang mencari ilmu.

Mustami'an ( Orang yang mau mendengarkan ilmu).

Jika kesulitan melakukan yang pertama dan yang ke dua maka kita bisa melakukan yang ke tiga yaitu menjadi orang yang mendengarkan ilmu.

Muhibban (Orang yang menyukai)

Konteks orang menyukai dalam hal kebaikkan sangatlah penting bagi kehidupan kita. Terkadang kita tidak suka dengan seseorang yang melakukan kebaikkan padahal kita tidak melakukan itu.

Dan Rasul SAW melarang kita untuk menjadi orang yang kelima yakni Fatahlik (Orang merusak)

Janganlah kita menjadi orang yang ke lima yaitu merusak, tidak menjadi orang berilmu, tidak menjadi orang yang menuntut ilmu, tidak menjadi orang yang mendengarkan kebaikkan, tidak menjadi orang yang suka dengan kebaikkan, malah menjadi orang perusak.



Kang Imam
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger