Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Pasar Kuliner Jadul Empat Negeri Dukung Perkembangan UMKM Kudus

Pasar Kuliner Jadul Empat Negeri Dukung Perkembangan UMKM Kudus


Dalam rangka memeriahkan Buka Luwur Kanjeng Sunan Kudus 1445 H, Yayasan Menara dan Makam Sunan Kudus menyelenggarakan Pasar Kuliner Jadul Empat Negeri. Pasar Kuliner Jadul Empat Negeri digelar di Alun-Alun Kulon Kudus (Taman Menara Kudus) yang dapat dinikmati masyarakat umum sejak pada sepuluh hari pertama di Bulan Muharram 1445 H.

Disebut Kuliner Jadul empat Negeri karena pasar kuliner tersebut akan menyajikan hidangan-hidangan tempo dulu dari berbagai negara yaitu makanan lokal, makanan timur tengah, makanan dari asia timur, dan makanan ala barat yang menurut salah satu panitia merepresentasikan penduduk Kabupaten Kudus yaitu orang asli Indonesia (Jawa), keturunan timur tengah, keturunan asia timur, dan beberapa keturunan eropa (barat).

Sajian kuliner tersebut dihidangkan oleh unit Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kudus. Menurut salah satu pengunjung yang diwawancara oleh Pewarta dari Official Menara Kudus, hadirnya Pasar Kuliner Jadul dalam berbagai event di Menara Kudus dapat membantu keberlangsungan UMKM di Kudus, sekaligus memperkenalkan berbagai kuliner jaman dulu.

Diantara kuliner khas timur tengah yang dijual adalah nasi kebuli dan samosa. Ada juga kuliner tradisional Indonesia berupa tahu walik, es gabus, endog walik, dan lumpia serta kue-kue tradisional khas asia timur dan eropa.

Kehadiran Pasar Kuliner Jadul dalam rangkaian acara Buka Luwur Kanjeng Sunan Kudus tahun 1445 H ini merupakan yang kedua kalinya. Menurut koordinator acara, Hartanto Dwi Saputro (Anto), Pasar Kuliner Jadul ini akan menjadi agenda tahunan yang masuk dalam rangkaian acara Buka Luwur Kanjeng Sunan Kudus setiap tahunnya karena melihat antusias warga yang tinggi terhadap acara tersebut beserta perkembangan UMKM makanan yang semakin pesat di Kabupaten Kudus.



Sumber gambar: Tangkapan layar Kanal Youtube Menara Kudus Official
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger