Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Dan Binatangpun Mencintai Rasulullah SAW

Dan Binatangpun Mencintai Rasulullah SAW

Sebagaimana Al Imam Abdurrahman Ad Dibaa’i menjelaskan riwayat hamba-hamba yang cinta kepada Rasul Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, maka ketika onta-onta mendekati Madinah Al Munawwarah, berkatalah Al Imam Abdurrahman Ad Dibaa’i,“ Jangan kau pegangi onta yang sedang mengarah ke Madinah karena onta itu bergegas dengan kencang, dan jangan tahan kekencangannya karena yang mengendalikannya adalah rindunya kepada Sayyidina Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam ”.

Ketika memasuki Kota Madinah Al Munawwarah, onta-onta itu pun mengalirkan air mata hingga saat ini. Mengapa? karena mengetahui bahwa itu adalah kota Sayyidina Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

Apakah binatang-binatang mengenal Beliau SAW ?

Jawabannya adalah ya , karena memang hewan mengenal beliau , tumbuhan mengenal beliau, bebatuan mengenal beliau , langit dan bumi, semuanya mengenal beliau SAW , sebagaimana sabda nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam diriwayatkan dalam Shahih Al Bukhari :

‏ ‏إِنَّ اللهَ إِذَا أَحَبَّ عَبْدًا دَعَا ‏جِبْرِيْلَ ‏فَقَالَ إِنِّيْ أُحِبُّ فُلَانًا فَأَحِبَّهُ فَيُحِبُّهُ جِبْرِيْلُ ‏‏ثُمَّ يُنَادِيْ فِي السَّمَاءِ فَيَقُوْلُ إِنَّ اللهَ يُحِبُّ فُلّانًا فَأَحِبُّوْهُ فَيُحِبُّهُ أَهْلُ السَّمَاءِ
“Sesungguhnya apabila Allah mencintai seorang hamba, maka Dia akan memanggil Jibril dan berkata: Sesungguhnya Aku mencintai fulan maka cintailah dia! maka Jibril pun mencintainya. Kemudian dia menyeru para penghuni langit: Sesungguhnya Allah mencintai fulan, maka cintailah dia! maka Para penghuni langitpun mencintainya”

Maka orang yang paling dicintai Allah adalah sayyidina Muhammad SAW.

Diriwayatkan dalam sirah (sejarah) Nabi SAW, bahwa ada seekor onta besar yang mengamuk di Kota Madinah Al Munawarah. Tentunya jika binatang mengamuk maka ia akan beringas. Mulut onta itu berbusa karena marah, dan onta itu pun dijerat di dalam suatu kandang. Akhirnya dilaporkan bahwa ada onta besar di Madinah mengamuk yang kabarnya sampai kepada Rasulullah SAW.

“ Tunjukkan aku pada onta itu ”, perintah Rasulullah SAW.

Maka sahabat berkata, “ onta itu dijerat dalam kandang ini wahai Rasulullah” .

Rasulullah SAW memerintahkan para sahabat kembali , “Bukalah pintunya”.

Maka sahabat pun berkata, “ wahai Rasulullah , onta itu sedang mengamuk dan beringas , nanti ia akan melukaimu”.

Seketika itu Rasulullah SAW berkata dengan tegas, “ bukakan pintunya!!. Semua hewan, tumbuhan dan semua makhluk Allah mengenal Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam".

Ketika pintu kandang itu dibukakan , onta yang tadinya berada jauh dari pintu itu kelihatan sedang beringas , merah matanya dan berbusa mulutnya, ketika melihat wajah Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam , ia pun tertunduk-tunduk dan lari mendekat serta mencium kaki Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Ia telah  melihat wajah Sayyidina Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam , wajah makhluk yang paling indah dari semua makhluk ciptaan Allah , orang yang paling ramah dan tenang, dan onta itu pun tahu bahwa inilah pimpinan seluruh manusia , orang yang paling dicintai Allah .

Kita bisa bayangkan seekor binatang yang sedang mengamuk, mungkin disini kita jarang melihat onta , jika kita melihat kuda atau kerbau yang mengamuk saja tentunya kita akan risau , padahal onta jika berdiri tingginya dua kali lebih tinggi dari kerbau. Bayangkan saja jika mengamuk maka seperti apa buasnya.

Dalam keadaan seperti itu ia berlari tertunduk-tunduk mendekat lalu menciumi kaki Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, hilang marahnya ketika memandang wajah Sayyidina Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.


Habib Munzir Al Musawwa
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger