Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Tertibkan Anak Kecil Di Masjid

Tertibkan Anak Kecil Di Masjid


Anak-anak kecil merupakan salah satu kelompok jamaah yang harus mendapat perhatian dari jamaah dan pengurus masjid. Karenanya Rasulullah saw memberi perhatian dan menertibkan mereka di masjid agar bisa melaksanakan adab-adab di masjid.

Dalam hadits riwayat Ahmad dari Abu Ayub, dari Abu Hurairah ra. Abu Ayub berkata; "Aku pernah masuk masjid bersama Abu Hurairah di hari Jum'at, lalu ia melihat seorang anak kecil seraya berkata; "Wahai anak kecil, pergi dan mainlah."

Ia menjawab: "aku datang hanya untuk ke masjid."

Abu Hurairah berkata; "Wahai anak kecil, pergi dan mainlah,"

Ia menjawab: "aku datang hanya untuk ke masjid."

Abu Hurairah berkata: "Kalau begitu hendaklah kamu duduk sehingga imam keluar,"

Ia menjawab; "Ya."

Abu Hurairah berkata: “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya di setiap hari Jum'at malaikat datang, lalu mereka duduk di depan pintu-pintu masjid, mereka mencatat orang yang pertama kali datang, kemudian kedua dan ketiga, dan seterusnya sesuai dengan tingkatan mereka sehingga imam datang, maka jika imam telah datang buku catatan akan ditutup."

Dari kisah di atas, pelajaran yang dapat kita ambil adalah:

1. Mengajak anak-anak ke masjid merupakan perkara yang amat baik agar sejak dini mereka sudah senang datang ke masjid untuk beribadah dan mengikuti kegiatan yang baik.

2. Memberi motivasi dan menertibkan anak-anak merupakan sesuatu yang harus mendapat perhatian serius dan tidak dibenarkan hanya karena mereka tidak tertib lalu mengusirnya dari masjid.



Drs. H. Ahmad Yani
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger