Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » , » Taubat

Taubat

Puji syukur atas segala nikmat yang telah diberikan Allah SWT kepada kita, kaum muslimin yang berkahi oleh Allah mari kita tinggkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, dengan jalan mendekatkan kan diri kepadanya dan apabila kita berbuat dosa atau melanggar perintahnya kita segera bertaubat kepadanya, Allah tidak pernah menutup pintu taubat nya, Allah selalu menerima taubat hambanya.

Allah befirman: “Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung”. {An Nur 31} Wahai hamba Allah SWT taubat benar-benar sangat ditekankan Allah, karena Allah sangat sayang dengan hamba ciptaannya juga Allah SWT berfirman : ‘Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya)”.{At Tahrim 8} Allah berfirman : “Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri”.{Al Baqarah 222}, kalau kita lihat ayat-ayat diatas perintah untuk sungguh-sungguh bertaubat. 

Di dalam bertaubat ada tiga syarat yang harus dilakukan bagi orang yang ingin betaubat:

1. Menyesali semua perbuatan dosa yang telah dilakukan

2. Meniggalkan perbuatan dosa tersebut, artinya tidaklah ia bertaubat kalau ia masih dalam perbuatan dosa tersebut

3. Dan ia kuatkan keinginananya seumur hidupnya ia tidak ingin mengulangin perbuatan dosa tesebut.

Dan ada tambahan syarat :

4. Apabila ada berbuat salah dengan manusia ia berusaha meminta maaf.

Nabi Muhammad SAW berkata : “Orang yang bertaubat dari semua dosa-dosanya, ia sudah tidak mepunyai dosa lagi”. Begitu sangat-sangat sayang Allah SWT kepada kita sehingga Allah masih mau mengampunin semua dosa-dosa kita. Kaum muslimin selama umur kita masih ada mari kita sadari semua kesalahn kita dihadapan Allah, kita akui semua maksiat kita kepadanya, mintak ampun atas semua pelanggaran yang telah kita lakukan yang membuat Allah murka kepada kita, dan jangan sekali-kali kita putus asa dari rahmat Allah, walaupun dosa kita sangat banyak Allah tetap menerima taubat hambanya selama itu hamba mau mendekatkan diri dan benar-benat betaubat, karena hanya Allah yang berhak mengampunin dosa-dosa hambanya.

Mudah-mudah kita selalu menjadi hamba yang selalu bertaubat, dan Allah menerangi selalu kehidupan kita, dan mejadikan kita hamba yang istiqomah.




Habib Muhammad Syahab
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger