فصل فِي صَوْم التَّطَوُّع
(و) الثَّانِي صَوْم يَوْم
(عَاشُورَاء) وَهُوَ عَاشر الْمحرم لِأَنَّهُ صلى الله عَلَيْهِ وَسلم سُئِلَ
عَنهُ فَقَالَ يكفر السّنة الْمَاضِيَة
وَإِنَّمَا كَانَ صَوْم عَرَفَة
بِسنتَيْنِ وعاشوراء بِسنة لِأَن الأول يَوْم نَبينَا صلى الله عَلَيْهِ وَسلم
وَالثَّانِي يَوْم غَيره من الْأَنْبِيَاء وَنَبِينَا صلى الله عَلَيْهِ وَسلم
أفضل الْأَنْبِيَاء فَكَانَ يَوْمه بِسنتَيْنِ وَلِأَن المزية لَا تَقْتَضِي
الْفَضِيلَة
Fashol Tentang Puasa Sunat
Dan yang ke dua adalah puasa ‘ASYURO,
yaitu hari ke sepuluh bulan Muharrom. Rosululloh SAW. Pernah ditanya perihal
itu, dan beliau menjawab: “(puasa ‘asyuro) menjadi kifarat (dosa) satu tahun
yang telah lalu”.
Adapun puasa ‘arofah (9 dzulhijjah)
mengkifarati (dosa) untuk dua tahun (satu tahun ke belakang dan satu tahun ke
depan), sementara puasa ‘asyuro mengkifarati untuk satu tahun kebelakang saja,
itu karena puasa ‘arofah adalah hari Nabi kita Muhammad SAW., sementara puasa
‘asyuro adalah hari para Nabi AS. selain Nabi Muhammad SAW. Dimana Nabi kita
Muhammad SAW. adalah afdlolul anbiya, (dengan keunggulan itu) maka harinya
(‘arofah) sebanding untuk dua tahun. (dan juga kenapa puasa ‘arofah punya nilai
lebih daripada puasa ‘asyuro yang notabene puasa ‘asyuro memiliki beberapa
kelebihan menyangkut kisah para Nabi) karena kelebihan (pada diri para Nabi)
tidak menuntut (berimplikasi) kepada kefadlihan (yang bisa mengalahkan
kefadlihan Nabi Muhammad SAW).
وَحكي أَن نوحًا عَلَيْهِ الصَّلَاة
وَالسَّلَام لما اسْتَقَرَّتْ بِهِ السَّفِينَة يَوْم عَاشُورَاء قَالَ لمن مَعَه
اجْمَعُوا مَا بَقِي مَعكُمْ من الزَّاد فجَاء هَذَا بكف من الباقلاء وَهُوَ الفول
وَهَذَا بكف من العدس وَهَذَا بأرز وَهَذَا بشعير وَهَذَا بحنطة فَقَالَ اطبخوه
جَمِيعًا فقد هنئتم بالسلامة فَمن ذَلِك اتخذ الْمُسلمُونَ طَعَام الْحُبُوب
وَكَانَ ذَلِك أول طَعَام طبخ على وَجه الأَرْض بعد الطوفان وَاتخذ ذَلِك عَادَة
فِي يَوْم عَاشُورَاء
Dihikayatkan, bahwa tatkala perahu
Nabi Nuh AS. sudah berlabuh (siap digunakan) pada hari ‘asyuro, beliau berkata
kepada kaumnya: “kumpulkanlah semua perbekalan yang ada pada diri kalian!”.
Lalu beliau menghampiri (mereka) dan berkata: “(ambillah) kacang fuul (semacam
kedelai) ini sekepal, dan ‘adas (biji-bijian) ini sekepal, dan ini dengan
beras, dan ini dengan gandum dan ini dengan jelai (sejenis tumbuhan yg
bijinya/buahnya keras dibuat tasbih)”. Kemudian Nabi Nuh berkata: “pasaklah
semua itu oleh kalian!, niscaya kalian akan senang dalam keadaan selamat”. Dari
peristiwa ini maka kaum muslimin (terbiasa) memasak biji-bijian. Dan kejadian
di atas merupakan praktik memasak yang pertama kali terjadi di atas muka bumi
setelah kejadian topan. Dan juga peristiwa itu dijadikan (inspirasi) sebagai
kebiasan setiap hari ‘asyuro.
وللحافظ ابْن حجر شعر من الرجزفِي
الْحُبُوب الَّتِي طبخها نوح عَلَيْهِ الصَّلَاة وَالسَّلَام:
فِي يَوْم عَاشُورَاء سبع تهترس *بر
شعير ثمَّ ماش وعدس
وحمص ولوبيا والفول * هَذَا هُوَ
الصيح وَالْمَنْقُول
وَنقل عَن بعض الأفاضل أَن
الْأَعْمَال فِي يَوْم عَاشُورَاء اثْنَا عشر عملا الصَّلَاة وَالْأولَى أَن تكون
صَلَاة التَّسْبِيح وَالصَّوْم وَالصَّدَََقَة والتوسعة على الْعِيَال والاغتسال
وزيارة الْعَالم الصَّالح وعيادة الْمَرِيض وَمسح رَأس الْيَتِيم والاكتحال وتقليم
الْأَظْفَار وَقِرَاءَة سُورَة الْإِخْلَاص ألف مرّة وصلَة الرَّحِم
وَقد وَردت الْأَحَادِيث فِي الصَّوْم
والتوسعة على الْعِيَال
وَأما غَيرهمَا فَلم يرد فِي
الْأَحَادِيث
Dinuqil dari sebagian Afadlil
(orang-orang yang biasa melakukan hal yang paling utama), bahwa amal-amal pada
hari ‘asyuro ada dua belas macam amal:
1. Sholat, dan yang paling utama
adalah sholat tasbih
2. Puasa
3. Sodaqoh
4. Memberi keleluasaan kepada
keluarga (seperti dengan memberi nafkah lebih dari hari-hari biasanya)
5. Mandi
6. Mengunjungi orang ‘alim yang
solih
7. Menengok orang sakit
8. Mengusap kepala anak yatim
9. Bercelak
10. Memotong kuku
11. Membaca QS. Al ikhlash 1000 kali
12. Silaturahim
Tentang puasa dan memberi
keleluasaan kepada keluarga (keterangannya) tercatat dalam beberapa hadits,
adapaun yang lainnya tidak ada.
وَقد ذكر إِمَام الْمُحدثين ابْن حجر
الْعَسْقَلَانِي فِي شرح البُخَارِيّ كَلِمَات من قَالَهَا فِي يَوْم عَاشُورَاء
لم يمت قلبه وَهِي:
Imamul muhadditsin Ibnu Hajar
Al-‘Asqolany dalam syarah Al bukhory mengatakan, “(ada) beberapa kalimat (dzikir)
yang barang siapa membacanya pada hari ‘Asyuro, maka hatinya tidak akan mati”
kalimat tersebut…
سُبْحَانَ الله ملْء الْمِيزَان
ومنتهى الْعلم ومبلغ الرِّضَا وزنة الْعَرْش
Maha suci Alloh dengan sepenuh
timbangan dan (sampai) dengan puncak ilmu dan (sampai) dengan batas akhir ridlo
dan dengan beratnya ‘arasy.
وَالْحَمْد لله ملْء الْمِيزَان
ومنتهى الْعلم ومبلغ الرِّضَا وزنة الْعَرْش
Dan Segala puji bagi Alloh dengan
sepenuh timbangan dan (sampai) dengan puncak ilmu dan (sampai) dengan batas
akhir ridlo dan dengan beratnya ‘arasy.
وَالله أكبر ملْء الْمِيزَان ومنتهى
الْعلم ومبلغ الرِّضَا وزنة الْعَرْش
Dan Maha besar Alloh dengan sepenuh
timbangan dan (sampai) dengan puncak ilmu dan (sampai) dengan batas akhir ridlo
dan dengan beratnya ‘arasy.
لَا ملْجأ وَلَا منجا من الله إِلَّا
إِلَيْهِ
Tidak ada perlindungan dan tidak ada
keselamatan dari Alloh kecuali kepadanya.
سُبْحَانَ الله عدد الشفع وَالْوتر
وَعدد كَلِمَات الله التامات كلهَا
Maha suci Alloh dengan (sebanyak)
bilangan genap dan ganjil dan dengan (sebanyak) bilangan kalimat-kalimat Alloh
yang semuanya sempurna.
وَالْحَمْد لله عدد الشفع وَالْوتر
وَعدد كَلِمَات الله التامات كلهَا
Dan Segala puji bagi Alloh dengan
(sebanyak) bilangan genap dan ganjil dan dengan (sebanyak) bilangan
kalimat-kalimat Alloh yang semuanya sempurna.
وَالله أكبر عدد الشفع وَالْوتر وَعدد
كَلِمَات الله التامات كلهَا
Dan Maha besar Alloh dengan
(sebanyak) bilangan genap dan ganjil dan dengan (sebanyak) bilangan
kalimat-kalimat Alloh yang semuanya sempurna.
أَسأَلك السَّلامَة بِرَحْمَتك يَا
أرْحم الرَّاحِمِينَ وَلَا حول وَلَا قُوَّة إِلَّا بِاللَّه الْعلي الْعَظِيم
Aku memohon keselamatan kepadamu
dengan rohmatmu, wahai dzat yang pengasih diantara para pengasih!, dan tidak
ada daya dan kekuatan kecuali oleh Alloh yang maha tinggi dan agung.
وَصلى الله على سيدنَا مُحَمَّد وعَلى
آله وَصَحبه أَجْمَعِينَ وَالْحَمْد لله رب الْعَالمين
وَنقل سَيِّدي عَليّ الأَجْهُورِيّ
أَن من قَالَ يَوْم عَاشُورَاء سبعين مرّة حسبي الله وَنعم الْوَكِيل نعم الْمولى
وَنعم النصير كَفاهُ الله تَعَالَى شَرّ ذَلِك الْعَام
Sayyid ‘Aly Al-Ajhuri menuqil, bahwa
orang yang membaca “Hasbiyallohu Wani’mal Wakiil Ni’mal Maulaa Wani’man
Nashiir” sebanyak 70 kali pada hari ‘asyuro, maka Alloh akan mencegah darinya
kejelekan yang ada pada tahun itu.
وَذكر الْعلمَاء أَن ليَوْم
عَاشُورَاء مزايا لم تكن لغيره وَذَلِكَ:
أَنه خلق فِيهِ آدم دَاخل الْجنَّة
وتيب عَلَيْهِ فِيهِ واستوت سفينة نوح على الجودي وفلق الْبَحْر لمُوسَى وَأغْرقَ
فِي الْبَحْر فِرْعَوْن وَأخرج يُونُس من بطن الْحُوت ويوسف من الْجب وتيب على قوم
يُونُس وَولد إِبْرَاهِيم عَلَيْهِ الصَّلَاة وَالسَّلَام وَنَجَا من النَّار
فِيهِ وَولد عِيسَى عَلَيْهِ السَّلَام وَرفع إِلَى السَّمَاء فِيهِ ورد بصر
يَعْقُوب وكشف ضرّ أَيُّوب وَغفر لنَبِيّ الله دَاوُد فِيهِ اه
Para ulama mengatakan bahwa hari
asyuro memiliki beberapa kelebihan dibanding dengan hari-hari yang lain, yaitu:
1. diciptakannya Nabi Adam AS di
dalam surga
2. diterimanya taubatu Nabi Adama AS
di dalam surge
3. naik dan sejajarnya perahu Nabi
Nuh AS dengan bukit Juudy
4. terbelahnya laut untuk Nabi Musa
AS
5. tenggelamnya Fir’aun di dasar
laut
6. dikeluarkannya Nabi Yunus AS dari
peruta ikan
7. dikeluarkannya Nabi Yusuf AS dari
sumur
8. diterimanya taubat umat Nabi
Yunus AS
9. dilahirkannya Nabi Ibrohim AS
10. selamatnya Nabi Ibrohim AS dari
api
11. dilahirkannya Nabi Isa AS
12. diangkatnya Nabi Isa AS ke
langit\
13. dikembalikannya penglihatan Nabi
Ya’qub AS
14. dibuka (dihilangkan)nya madlorot
yang mendera Nabi Ayyub AS
15. diampuninya Nabi Dawud AS
(و) الثَّالِث صَوْم يَوْم (تاسوعاء)
وَهُوَ تَاسِع الْمحرم لِأَنَّهُ صلى الله عَلَيْهِ وَسلم قَالَ لَئِن عِشْت إِلَى
قَابل لأصومن التَّاسِع والعاشر فَقبض صلى الله عَلَيْهِ وَسلم من عَامه
Dan yang ke tiga adalah puasa hari
Tasu’a, yaitu hari ke Sembilan dari bulan Muharrom. Rosululloh bersabda: “andai
aku (masih) hidup pada tahun depan, niscaya aku akan berpuasa pada hari ke
Sembilan dan ke sepuluh (dari bulan Muharrom)”. (hanya saja) beliau keburu
wafat.
Demikian risalah kecil ini, semoga
bermanfaat dan kita diberi kemampuan oleh Alloh untuk melaksanakannya. Amin.
Nihayatuz Zain hal 195-197, versi
kitab asli cetakan Daru ihya alkutub al’arobiyyah dan Nihayatuz Zain juz I hal 196-197,
versi listrik almaktabah asysyamilah oleh Ust. YJ (PISS KTB)
Posting Komentar