Bermakmum Pada Orang Sholat Sunat
Menurut Imam Syafi'i tidak
disyaratkan derajat sholat IMAM harus sama jenisnya (seperti sholat adaa' dan
Qodhoo') juga tidak tidak disyaratkan harus sama derajatnya (seperti imam
sholat sunnah sedang makmum sholat wajib) asalkan NIZHOM/urutannya sholat sama
diperkenankan sholat berjamaah, (yang nizhomnya tidak sama seperti imam sholat janazah
sedang makmum sholat dhuhur misalnya).
Berbeda dengan Imam Madzhab lain
(Hanafi, maliki dan Hambali) yang memang di syaratkan derajat sholat imam tidak
boleh lebih rendah ketimbang sholatnya makmum.
ومن شروط الإمامة أن لا يكون الإمام
أدنى حالا من المأموم فلا يصح اقتداء مفترض بمتنفل إلا عند الشافعية
Fiqh Alaa madzaahib Al-Arba'ah I/664
ولا يضر اختلاف نية الامام والمآموم
لعدم فخش المخالفة فيهما.فيصح اقتداء المفترض بالمتنفل والمؤدى بالقاضى وفي طاويلة
بقصيرة كظهربصبح وبالعكوس لكنه مكروه ومع ذلك تحصل فضيلة الجماعة قال : السويقى
والكراهة لاتنقى الفضيلة .
Dan tidak bahaya perbedaan niatnya
imam dan makmum dalam shalat berjamaah karena tidak adanya kenistaan
ketidaksamaan didalamnya, karenanya sah makmumnya orang shalat fardhu pada imam
yang shalat sunat, makmum shalat ada’ pada imam shalat qadha dan makmum shalat
panjang seperti shalat dzuhur pada imam shalat pendek seperti shalat shubuh dan
sebaliknya hanya saja hukumnya makruh namun masih didapatkan fadhilah
berjamaah.
Berkata as-Suwayqy “Kemakruhan
tersebut tidak dapat menafikan fadhilah jamaah”(Hasyiyah al-Baajury I/205,
as-Syarqowi juz I/322). Wallaahu A'lamu Bis Showaab.
Lengan Wanita Terlihat Saat Shalat
Kalau memang terlihatnya dari arah
atas dan sisinya maka BATAL bila terlihat dari arah bawahnya TIDAK BATAL
ويجب ستر العورة من أعلاها وجوانبها
لا من أسفلها ولو كان المصلي امرأة فلو رؤيت عورته من جيبه أي طوق قميصه لسعته في
ركوعه أو غيره ضر
Diwajibkan menutup aurat dari
sebelah atas dan sebelah sisi-sisinya (kana, kiri, depan belakang), tidak dari
sebelah bawahnya sehingga apabila ada orang sholat bila auratnya terlihat dari
kerah atau lengan baju nya yang lebar maka sholatnya batal. (Al-Iqnaa’ Li Assyarbiiny I/124).
http://www.facebook.com/groups/piss.ktb/doc/208569892499160 oleh Ust. Masaji Antoro

Posting Komentar