Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Tersesat Karena Pujian

Tersesat Karena Pujian

Mungkin kita pernah mendengar seseorang berkata "Alhamdulillah, aku telah terhindar dari semua kekurangan dan keburukan yang tidak terlihat, orang-orang memuji karena mereka memang telah mengerti kabaikan-kebaikan lahir batin yang ada pada diriku".

Sesuatu yang harus diketahui, bahwa orang-orang yang mempunyai perasaan seperti ini merupakan bagian dari manusia yang paling banyak memiliki ‘aib dan cela, mereka telah menyalahi firman Allah subhanahu wata'ala.


فَلَا تُزَكُّوا أَنْفُسَكُمْ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنِ اتَّقَى (32) [النجم/32، 33]

Artinya: "Maka janganlah kamu mengatakan dirimu suci. Dialah yang maha mengetahui tentang orang yang bertqwa. (Qs.An Najmu:32)

أَلَمْ تَرَ إِلَى الَّذِينَ يُزَكُّونَ أَنْفُسَهُمْ بَلِ اللَّهُ يُزَكِّي مَنْ يَشَاءُ وَلَا يُظْلَمُونَ فَتِيلًا ( ا49) [النساء/49]
Artinya: "Apakah kamu tidak memperhatikan orang-orang yang menganggap dirinya bersih???? Sebenarnya Allah Swt. Membersihkan siapa yang dikehendakiNya  dan mereka tidak dianiaya sedikit pun." (Qs.An Nisa':49).

orang-orang yang menganggap dirinya suci adalah orang yang tidak mengerti dan tidak mengetahui Fitroh yang telah digariskan Allah bagi hamba-hamba-Nya yaitu kelemahan kehinaan dan kekuasaan hawa nafsu atas dirinya, ia lupa akan agungnya hak-hak Allah yang membebani pundaknya sehingga ia kemudian merasa telah sempurna menjalankan tuntutan-tuntutan Allah subhanahu wata'ala. 

Seandainya kata-kata yang ia ucapkan memang benar, mestinya rosul tidak pernah bersabda: 

كل بني ادم خطاء وخيرالخطائين التوابون (رواه احمد والترمذي والحاكم وابن ابي سيبه من حديث انس بن مالك)

Artinya: "Semua anak Adam adalah salah orang-orang yang berbuat salah, dan sebaik-baik orang yang berbuat salah adalah orang yang mau bertaubat" (HR Ahmad, tirmidzi,Hakim,Ibnu Abi Syaibah riwayat Anas bin Malik).




KH. M.Wafi MZ. Lc. Msi 
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger