Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » , » Tips Saat Sahur dan Bagi Lanjut Usia Agar Puasa Tetap Bugar

Tips Saat Sahur dan Bagi Lanjut Usia Agar Puasa Tetap Bugar

Agar kondisi tetap bugar dan produktif dalam menjalankan ibadah puasa, berikut tips yang dapat dilakukan sehingga ibadah yang kita jalankan dapat maksimal:

1. Jangan lupa selalu mengkonsumsi makanan bergizi baik pada saat sahur atau berbuka puasa. Walaupun menu sederhana, yang penting mengandung lima unsur gizi lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral.

2. Upayakan untuk mencegah dehidrasi tubuh dengan banyak minum air putih pada malam hari. Hal ini penting dilakukan, karena pada siang hari aktivitas kita cenderung banyak mengeluarkan keringat baik di ruangan terbuka atau ber – AC.

3. Agar Anda mampu menahan rasa lapar, perbanyaklah mengkonsumsi jenis makanan berserat yang banyak terdapat dalam sayur dan buah. Tubuh kita memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna makanan yang banyak mengandung serat.

4. Bagi penderita sakit lambung makanan yang sebaiknya dihindari adalah ketan, mie, daging berlemak, ikan dan daging yang diawetkan, sayuran mentah, minuman yang mengandung soda, dan bumbu yang tajam (cuka, cabai, asam). Jenis makanan tersebut bisa menimbulkan gas yang berpengaruh meningkatkan produksi asam lambung.

5. Sedangkan bagi penderita diabetes bisa mengkonsumsi nasi merah. Saat berbuka makanlah makanan ringan yang berkalori cukup. Perhatikan juga asupan obat-obatan, jangan sampai beresiko pada hipoglikemi (kadar gula terlalu rendah).

6. Jika memungkinkan lakukan olahraga ringan menjelang berbuka puasa, dengan melakukan olahraga ringan, niscaya tubuh Anda akan lebih fit dalam menghadapi sebulan penuh berpuasa.

7. Pada saat berbuka, awali buka puasa Anda dengan makanan atau minuman hangat dan manis seperti kolak ataupun minuman manis lainnya. Tapi ingat, jangan mengkonsumsi minuman yang mengandung soda, karena dapat menimbulkan akibat buruk bagi perut Anda. Berbuka puasa hendaknya dilakukan secara bertahap dan tidak terburu-buru agar lambung tidak “kaget”. Dengan demikian kerja lambung tidak terlampau berat. Untuk meringankan kerja pencernaan, kunyah makanan dengan baik.

8. Vitamin yang penting dikonsumsi setiap hari adalah vitamin A, B, dan C. Vitamin tersebut terdapat pada buah berwarna kuning atau merah, sayur berwarna hijau tua, dan kacang-kacangan.

Bagi mereka yang lanjut usia (lansia) bisa aman dan tetap sehat berpuasa. Para nenek dan kakek wajib mengurangi garam Karena menghindari makanan yang terlalu asin akan memperingan kerja ginjal serta mencegah kemungkinan terjadinya darah tinggi.
  
Batasi juga makanan yang manis-manis atau gula, minyak dan makanan yang berlemak seperti santan maupun mentega. Lansia dianjurkan lebih banyak mengonsumsi makanan yang lambat dicerna dan makanan berserat tinggi agar mempunyai lebih banyak simpanan energi untuk menjalankan aktivitas ketika sedang berpuasa.
  
Sementara itu, bagi pasien lansia yang proses penuaannya sudah lebih lanjut dianjurkan makan  makanan yang mudah dicerna. Hindari makanan yang terlalu manis, gurih, dan goreng-gorengan
  
Bila kesulitan mengunyah karena gigi rusak atau gigi palsu kurang baik, makanan harus lunak/lembek atau dicincang. Makan dalam porsi kecil tetapi sering. Makanan selingan atau snack, susu, buah, dan sari buah sebaiknya diberikan.

Agar lansia tidak kekurangan cairan selama berpuasa, pastikan mengonsumsi sekitar 30-50 cc cairan/kg berat badan/hari atau sekitar 8-10 gelas cairan dalam sehari. Supaya tidak sampai dehidrasi sebaiknya jadwal minum diatur, misalnya saja dua gelas saat berbuka, tiga sampai empat gelas setelah shalat tarawih sampai sebelum tidur, satu gelas saat bangun tidur sebelum sahur dan satu hingga dua gelas saat sahur,



Tips ini diperoleh dari dr. Maya via Tribunnews
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger