Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Bersama kembali kepada Al Qur'an

Bersama kembali kepada Al Qur'an


Segala puji bagi Allah yang telah mengerjakan Al-Quran kepada manusia, menjadikan sebagai sumber penetapan hukum, mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama kebenaran agar menjadi yang terbaik dari seluruh agam yang ada, meskipun orang-orang musyrik membencinya dan telah menurunkan kepadanya. Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik yaitu Al-Qur’an yang serupa mutu ayat-ayatnya lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya. Kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah, itulah petunjuk Allah dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, maka tidak ada seorang pun pemberi petunjuk baginya. (Az-Zumar [39]: 23).

Shalawat dan salam semoga dilimpahkan kepada seorang manusia yang kedudukannya diperkuat oleh Allah dengan Al-Quran, diberi tugas untuk menjelaskan hukum-hukumnya dan menerangkan peraturan-peraturannya. Begitu pula kepada segenap keluarga dan shabat menyampaikan Al-Quran kepada kita serta kepada semua yang mengikuti jejak mereka hingga hari kiamat.


Dalam catatan-catatan berikut ini, kita akan membahas tentang zikir yang paling utama, yakni mengingat Allah dengan cara membaca Al-Quran yang diturunkan pada bulan Ramadhan yang penuh berkah.


Sejarah manusia tidak pernah mencatat sebuah kitab yang diperlukan secara istimewa, diagungkan, dikaji, dan diteliti seperti Al-Quranul Karim yang mendapat perlakuan seperti itu sejak diturunkan hingga hari ini. Sementara para ulama terus berlomba-lomba menafsirkan keutamaan-keutamaan, menyimpulkan makna-maknanya, menelaah sisi-sisi kemukjizatannya, dan masih banyak lagi bentuk interaksi dengan Al-Qurannul Karim.

Al-Quran merupakan simpul syariah, pokok agama sebuah sebuah kitab yang menjadi ruh untuk membuka sekian banyak negeri membuat musuh bertekuk lutut, menjadi sumber rujukan pada ulama, sumber inspirasi para sastrawan, banyak hati yang terpaut, selalu dibaca oleh para ahli ibadah, dan orang-orang rajin mengerjakan shalat. Manusia yang paling baik adalah belajar Al-Quran dan mengerjakannya seperti yang dinyatakan oleh Rasulullah SAW.


Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan lainnya. Beliau bersabda Sebaik-baiknya orang di antara kamu adalah yang belajar Al-Quran dan mengerjakannya. (HR. Bukhari, Abu Dawud, dan Tirmidzi)


Allah Azza wa Jalla menyebut Al-Quran dengan berbagai sifat. Setiap muslim dituntut untuk merenungkan keagungan Al-Quran dari sifat-sifat yang diselamatkan oleh Allah kepadanya, sambil memikirkan kandungan ayat-ayat karena di dalam Al-Quran terkandung banyak manfaat dan petunjuNya; Sesungguhnya telah datang kepadamu cahay dari Allah, dan kitab yang menerangkan. Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti kerendhaan-Nya ke jalan keselamatan, dan dengan kitab itu pula Allah mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya, dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus. (Al-Maidah [5]: 15-16)
.

Membaca Al-Quran termasuk ibadah yang paling utama dan ketaatan yang paling besar. Apalagi bila dilakukan di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, mengingat pahala kebaikan di bulan Ramadhan akan dilipatgandakan. Allah SWT menyediakan pahala yang sangat besar bagi orang yang membaca Al-Qur’annul Karim. Selain itu, kitab suci Al Quran diturunkan pada hari ke 17 di bulan ramadhan atau dinamakan Nuzulul Quran.


Kami menyarankan untuk umat muslim semuanya, kita harus menjaga interaksi dengan Al-Qur’an, yaitu dengan cara membaca, menghayati, menghafal maupun memahaminya sebelum terlambat. Karena Al-Quran adalah ucapan Allah yang agung, jalan yang lurus, syariat yang bijaksanaan, misi yang abadi, mukjizat yang lurus, syariat yang bijaksana, misi yang abadi, mukjizat yang kekal, rahmat yang lurus, dan nikmat yang melimpah. Manusia tidak akan selamat tanpa membawa Al-Quran. Al-Qur’an adalah kitab terakhir dari kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada Nabi terakhir pula semoga shalawat dan salam dilimpahkan kepada seluruh pada nabi dengan membawa yang menutup seluruh agama.



Ust. Jefri Al Bukhory
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger