Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Mayyit Yang Belum Dikhitan dan Mayyit Yang Mati Bunuh Diri

Mayyit Yang Belum Dikhitan dan Mayyit Yang Mati Bunuh Diri

Diterangkan dalam kitab Nailul Authar, kitab Majmu' dan syarah Shaheh Muslim, apabila seorang muslim meninggal sebelum berkhitan, maka terdapat 3 pendapat dari ahli Syafi'iyah, yaitu :

1. Tidak wajib dikhitan baik masih kecil atau sudah besar, sebab khitan adalah satu kewajiban yang hilang dengan sebab meninggal. Pendapat ini adalah pendapat yang paling shaheh.

2. Wajib dikhitan baik sebelum atau sesudah baligh.

3. Wajib dikhitan apabila sudah baligh, tidak wajib bagi yang belum baligh. Syaikh Abu Muhammad Al-Juaini mengatakan, "Apabila seorang anak lahir dalam keadaan sudah dikhitan, maka tidak ada hukum wajib dan sunnah untuk dikhitan.  



Menurut pendapat yang paling kuat, tidak boleh dikhitan bila seorang meninggal sebelum berhitan semasa hidupnya

.ومن مات بغير ختان لم يختن في الاصحقوله لم يختن) اي بعد موته في الاصحفتح المعين 132


Mayat yang khasyafahnya masih tertutup gland penis (kulit penutup), jika di dalam kulit tersebut terdapat najis dan tidak bisa dibasuh (dihilangkan) maka:



1. Menurut imam Ibnu Hajar mayat tersebut wajib dimandikan dan ditayamumi (ditayammumi karena tayamum dijadikan sebagaipeng ganti dari anggota tubuh yang tidak terbasuh), dan juga mayat tersebut tetap wajib disholati (karena najis yang berada didalam gland penis dihukumi ma’fu karena alasan dlarurat). 



2. Menurut imam Ramli, jika memang najis yang berada didalam gland penis tidak bisa disucikan maka mayat tersebut tidak perlu ditayammumi dan tidak perlu dishalati.


Adapun pendapat yang lebih kuat dari kedua pendapat tersebut adalah pendapat imam Ibnuu Hajar.






 لِمَا قَالُوهُ فِيمَنْ مَاتَ غَيْرَ مَخْتُونٍ وَتَحْتَ قُلْفَتِهِ

نَجَاسَةٌ تَوَقَّفَتْ إزَالَتُهَا عَلَى قَطْعِ الْقُلْفَةِ حَيْثُ قَالُوا: لَا تُقْطَعُ, وَيُدْفَنُ بِلَا صَلَاةٍ عَلَيْهِ كَمَا نَقَلَهُ الْمَدَابِغِيُّ عَنْ الَأُجْهُورِيُّ ; وَعِبَارَتُهُ عَلَى التَّحْرِيرِ: وَيَحْرُمُ خَتْنُهُ وَإِنْ عَصَى بِتَأْخِيرِهِ أَوْ تَعَذَّرَ غَسْلُ مَا تَحْتَ قُلْفَتِهِ كَمَا اقْتَضَاهُ كَلَامُهُمْ, وَعَلَيْهِ فَيُيَمِّمُ عَمَّا تَحْتَهَا, وَمَحِلُّهُ مَا لَمْ يَكُنْ تَحْتَهَا نَجَاسَةٌ تَعَذَّرَ إزَالَتُهَا وَإِلا دُفِنَ بِلَا صَلَاةٍ عَلَيْهِ م ر: وَعِنْدَ ابْنِ حَجَرٍ: يُصَلَّى عَلَيْهِ بَعْدَ التَّيَمُّمِ.
اسم الكتاب: حاشية البيجرمي على الخطيب
ـ مسألة: لو مات إِنسان غيرَ مختون ففيه ثلاثة أوجه :الصحيح: أنه لا يختن لا الصغير ولا الكبير.والثاني: يختنان.والثالث: يختن الكبير دون الصغير.ولو ولد مختوناً فلا ختانَ عليه. ذكره الشيخ أبو محمد في كتابه التبصرة.
اسم الكتاب: من فتاوى الإمام النووي



Sedangkan untuk Mayyit yang mati bunuh diri, apakah wajib disholati?



Fardhu kifayah selama dia muslim

اتَّفَقَ الْفُقَهَا

ءُ عَلَى وُجُوبِ تَكْفِينِ الْمَيِّتِ الْمُسْلِمِ وَدَفْنِهِ ، وَصَرَّحُوا بِأَنَّهُمَا مِنْ فُرُوضِ الْكِفَايَةِ كَالصَّلاَةِ عَلَيْهِ وَغُسْلِهِ ، وَمِنْ ذَلِكَ الْمُنْتَحِرُ ؛ لأَِنَّ الْمُنْتَحِرَ لاَ يَخْرُجُ عَنِ الإِْسْلاَمِ بِارْتِكَابِهِ قَتْل نَفْسِهِ كَمَا مَرَّ
 الكتاب : الموسوعة الفقهية الكويتية ج6 ص

المجموع شرح المهذب (5/ 267)

(فرع)
من قتل نفسه أو غل في الغنيمة يغسل ويصلى عليه عندنا وبه قال أبو حنيفة ومالك وداود وقال احمد لا يصلى عليهما الامام وتصلى بقية الناس
Siapa yang bunuh diri atau membelenggu pada harta jarahan maka mayatnya tetap wajib dimandikan dan disholati menurut madzhab syafiiyyah. 


Dan dengan pendapat ini telah berpendapat imam Abu Hanifah, Imam Malik, Imam Abi Dawud, dan imam ahmad berpendapat bagi keduanya tidak perlu bagi imam mensholati mereka akan tetapi penduduk masyarakat saja yang mensholati 




Ust. Hakam, Ust. Maman, Mbah Gode, Mbah Jenggot dalam http://www.facebook.com/groups/piss.ktb
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger