Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Niat Melebihi Rakaat Dan Memakai Pakaian Bergambar Saat Sholat

Niat Melebihi Rakaat Dan Memakai Pakaian Bergambar Saat Sholat

Anniyatu Hiya Qasdu Sai In Muktaronan Bi Fi'li. Niat adalah menghedaki sesuatu dengan dibarengi mengerjakannya. (bajuri juz 2/140).

ﻭﻻ ﻳﺸﺘﺮﻁ ﺍﻟﺘﻌﺮﺽ ﻟﻌﺪﺩ ﺍﻟﺮﻛﻌﺎﺕ ﻭﻻ ﻟﻼﺳﺘﻘﺒﺎﻝ ﻋﻠﻰ
ﺍﻟﺼﺤﻴﺢ ﻧﻌﻢ ﻟﻮ ﻧﻮﻯ ﺍﻟﻈﻬﺮ ﺧﻤﺴﺎ ﺃﻭ ﺛﻼﺛﺎ ﻟﻢ ﺗﻨﻌﻘﺪ.
ﻛﻔﺎﻳﺔ ﺍﻷﺧﻴﺎﺭ ﺝ ١ ﺹ ١٠٢

Dan tidak disyaratka
n menyebut Bilangan Roka'at dan begitu juga tidak di Syaratkan menyebut Menghadap Qiblat. Menurut Qoul Syohih, dan apabila ada seseorang yang Sholat Niat Dzuhur 5 roka'at atau 3 Roka'at maka tidak Sah sholatnya.

Yang perlu di Garis Bawahi adalah Yang Batal ini Bila disengaja di dalam Niat Bukan Talaffudz/Pengucapan.
فاءن عین عددا او اخطاء فیه عمدا بطلت لانه نوی غیر الواقع

(I'aanatut thoolibiin)

Bila niat shalat dhuhurnya yang lima rakaat dilakukan dengan kesengajaa
n maka batal shalatnya, bila tidak dilakukan atas dasar kesengajaan dan pengetahuan menurut ar-Rofi'i shalatnya tetap sah tapi menurut an-Nawawi shalatnya juga tidak sah.

الثالث: لا يشترط تعيين عدد الركعات, فلو نوى الظهر خمسا أو ثلاثا, لم يصح لكن قال في المهمات: إنما فرض الرافعي في المسألة في العلم, فيؤخذ منه أنه لا يؤثر عند الغلط. قلت: ذكر النووي المسألة في شرح المهذب في باب الوضوء, وفرضها في الغلط فقال: ولو غلط في عدد الركعات, فنوى الظهر ثلاثا أو خمسا, قال أصحابنا: لا يصح ظهره, هذه عبارته, ويؤيده تعليله البطلان في باب الصلاة بتقصيره.

Tidak disyaratka
n menentukan jumlah bilangan rakaat dalam shalat namun bila ia berniat menjalankan shalat dhuhur lima atau tiga rakaat maka shalatnya tidak sah.

Ar-Rofi’i menjelaska
n “Yang demikian mempengaruhi keabshahan shalat bila disertai pengetahuannya bila terjadi karena kesalahannya maka tidak mempengaruhi keabshahan shalatnya”.

an-Nawawi dalam Syarh kitab al-Muhadzd
zab pada Bab Wudhu menjelaskan “Bila seseorang salah dalam menyebut jumlah hitungan shalatnya, ia niat shalat dhuhur dengan menyebut tiga atau lima rakaat, para pengikut as-Syafi’i berkata shalat dhuhurnya tidak sah dengan dasar dia sembrono dalam niatnya”.

Al-Ashbah wa an-Nadhooir I/16

(الرابع) نية استقبال القبلة وعدد الركعات ليس بشرط علي المذهب وبه قطع الجمهور وفيه وجه انه يشترط وهو غلط صريح لكن لو نوى الظهر خمسا أو ثلاثا لا تنعقد صلاته لتقصيره

Niat menyebut menghadap kiblat dan hitungan bilangan rakaat shalat tidak menjadi persyarata
n menurut pendapat yang dijadikan madzhab yang disepakati oleh mayoritas ulama yang sebagian pendapat kecil memang mensyaratkannya dan ini adalah kesalahan yang nyata.

Hanya saja bila seseorang niat shalat dhuhur lima atau tiga rokaat maka shalatnya tidak sah karena ia dianggap sembrono.

al-Majmuu’
ala Syarh al-Muhadzdzab III/280

ولا يشترط التعرض لعدد الركعات ولا للاستقبال على الصحيح نعم لو نوى الظهر خمسا أو ثلاثا لم تنعقد
Dan tidak disyaratka
n menjelaskan hitungan rakaat shalat dan menjelaskan menghadap kiblat menurut pendapat yang shahih, hanya saja bila ia niat menjalankan shalat dhuhur lima atau tiga rakaat maka shalatnya tidak sah.

Kifaayah al-Akhyaar
I/101

وَلَوْ غَيَّرَ الْعَدَدَ كَأَنْ نَوَى الظُّهْرَ ثَلَاثًا أَوْ خَمْسًا لَمْ تَنْعَقِدْ .
Wa Lau Ghayyara Al 'Adada Ka An Nawaa Azhzhuhra Tsalaatsan Au Khamsan Lam Tan'aqid

قَوْلُهُ : ( لَمْ تَنْعَقِدْ ) سَوَاءٌ كَانَ عَامِدًا لِتَلَاعُبِهِ أَوْ غَالِطًا عَلَى الرَّاجِحِ أَخْذًا مِنْ قَاعِدَةِ أَنَّ مَا وَجَبَ التَّعَرُّضُ لَهُ جُمْلَةً أَوْ تَفْصِيلًا يَضُرُّ الْخَطَأُ فِيهِ شَرْحُ م ر
Qauluhuu Lam Tan'aqid Sawaa`Un Kaana 'Aamidan Litalaa'ubihii Au Ghaalithan 'Alarraajihii Akhdxan Min Qaa'idati Anna Maa Wajaba Atta'arrudhu Lahuu Jumlatan Au Tafshiilan Yadhurru Al Khatha`U Fiihi Syarhu Miim Raa

Sedangkan hukum memakai pakaian bergambar dalam sholat adalah makruh

و يكره يصلى فى ثوب فيه صورة
نهاية الزين ٤٨

و منها ان يكون بين يديه ما يشغله من صورة حيوان او غيرها فاذا لن يشغله لا تكره الصلاة اليها و هذا عند المالكية و الشافعية
الفقه على مذاهب الاربعة ١/٢٥٢

Diantara kemakruhan sholat adalah sholat yg dihadapanya terdapat sesuatu yg bisa menjadi pusat perhatiannya seperti gambar hewan atau lainnya. Namun bila gambar-gambar tsb tidak menarik perhatian maka tidaklah makruh. Ini adalah pendapat dari madzhab Malikiyah dan Syafi'iyah.



http://www.facebook.com/groups/piss.ktb/permalink/502403256449154/  dan http://m.facebook.com/groups/196355227053960?view=permalink&id=571472532875559&refid=18 oleh tim PISS KTB
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger