Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Sholat Qoshor Bagi Sopir, Sholat Jamak Yang Dipisah, dan Qodho Sholat

Sholat Qoshor Bagi Sopir, Sholat Jamak Yang Dipisah, dan Qodho Sholat

Sopir Jarak Jauh Selalu Mengqoshor Sholat ? 

Bagi sopir juga boleh menjama' dan mengqosor shalatnya. Orang-orang yang berprofesi sebagai sopir boleh mengqosor shalatnya tapi yang lebih utama shalatnya tidak diqoshor.

.و من يديم السفر مطلقا كالساعي فإن الإتمام أفضل له خروجا من خلاف من أوجبه كالإمام أحمد رضي الله عنه. الباجوري ١/٢٠١

Mengqoshor sholat bagi musafir adalah lebih utama, jika bepergiannya mencapai 3 marhalah dan tidak terus menerus bepergian dan bukan nahkoda kapal yang berlayar bersama keluarganya, jika tidak maka menyempurnakan sholat lebih utama dan dimakruhkan baginya menqoshor. Ibaroh kasyifatussaja hal 92 :

فرع) القصر للمسافر افضل ان بلغ سفره ثلاث مراحل و ليس مديما له و لا ملاحا اى سفانا معه عياله فى السفينة و الا فالاتمام افضل بل يكره له القصر

Shalat Jamak Taqdim Yang Dipisah Buang Hajat

Ane lagi keluar Kota, terus ane ngejamak taqdim sholat dhuhur dan 'asar, nah pas beres sholat dhuhur ane kebelet mau kencing. Gimana hukum sholat jama’nya?

Kalau buang hajatnya sebentar (tidak lama) menurut kebiasaan ('urf) maka tidak batal shalat jama'nya. Sebaliknya kalau lama, maka batal jama'nya, walau ada udzur.

اسنى المطالب 3/390
ويشترط ان يوالي بينهما ) لأن الجمع بجعلهما كصلاة واحدة فوجب الولاء كركعة الصلاة
( ولايضر فصل يسر في العرف فللمتيمم الفصل ) بينهما ( به ) اي بالتيمم (وبالطلب
الخفيف واقامة الصلاة )
اما الطويل فيضر ولو بعذر كسهو وإغماء

Mengqodlo' Sholat Karena Ihtiyath Saja

Selama punya ihtimal (anggapan) bahwa shalatnya ada yang tidak sah maka sunnah meng-qadla, jika punya keyakinan shalatnya tidak sah maka wajib meng-qadla, jika tidak ada anggapan apapun tentang tidak sahnya shalat maka haram meng-qadla, namun disunnahkan i'aadah (mengulang) setiap shalat fardlunya dengan berjama'ah.

kalau ragu ada shalatnya yang tidak sah atau tidak memenuhi syarat maka sunah mengqadlo'nya, dan bila mengqadlo' shalat hanya karena ihtiyath saja maka hukumnya tidak boleh. :

  .(فرع) قال القاضي لو قضى فائتة على الشك فالمرجو من الله تعالى أن يجبر بها خللا في الفرائض أو يحسبها له نفلا وسمعت بعض أصحاب بني عاصم يقول : إنه قضى صلوات عمره كلها مرة وقد استأنف قضائها ثانيا ، قال الغزي وهي فائدة جليلة عزيزة عديمة النقل اه إيعاب، وأقول في إطلاقها نظر إذ لا يجوز القضاء الا لموجب كأن جرى خلاف في صحة المؤداة أو شك فيها شكا يندب له بسببه القضاء اما القضاء لمجرد الإحتياط فلا يجوز فيتعين حمل كلام القاضي على أنه قضى بسبب مجوز للقضاء أو موجب له وكان في نفس الأمر لا شيئ عليه، اه إيعاب اه شوبري. حاشية الجمل ١/٢٨٢

وأقول في إطلاقها نظر إذ لا يجوز القضاء الا لموجب كأن جرى خلاف في صحة المؤداة أو شك فيها شكا يندب له بسببه القضاء اما القضاء لمجرد الإحتياط فلا يجوز

Sholat Jum'at Dengan Niat Dzuhur Yang Di Qoshor

Ada seorang musafir, kebetulan pas hari Jum'at, di tengah perjalanan Dia Ikut jama'at shalat Jum'at tetapi Dengan Niat Shalat Dhuhur Yang di QoshorKhilaf. Namun 'alal madzhab tidak sah.
1. Raudhah (1/391, syamilah)

ولو صلى الظهر خلف من يصلي الجمعة فالمذهب أنه لا يجوز القصر مطلقا وقيل إن قلنا الجمعة ظهر
مقصورة قصر وإلا فهي كالصبح
 قلت وسواء كان إمام الجمعة مسافرا أو مقيما فهذا حكمه

2. Muhadzdzab (bersama Majmu' 4/355, syamilah)

وَإِنْ أَرَادَ أَنْ يَقْصُرَ الظُّهْرَ خَلْفَ مَنْ يُصَلِّي الْجُمُعَةَ لَمْ يَجُزْ لِأَنَّهُ مُؤْتَمٌّ بِمُقِيمٍ وَلِأَنَّ الْجُمُعَةَ صَلَاةٌ تَامَّةٌ فَهُوَ كَالْمُؤْتَمِّ بِمَنْ يُصَلِّي الظُّهْرَ تَامَّةً
jika seseorang berkehenda
k shalat Zhuhur dibelakang orang yang shalat jumat, maka itu tidak boleh, karena orang tsb bermakmum dengan orang yang mukim,dan karena sesungguhnya jumat adalah shalat yang sempurna, maka dia seperti orang yang bermakmum dengan orang yang shalat Zhuhur secara sempurna.

وَلَوْ نَوَى الظُّهْرَ مَقْصُورَةً خَلْفَ الْجُمُعَةِ مُسَافِرًا كَانَ إمَامُهَا أَوْ مُقِيمًا فَطَرِيقَانِ (الْمَذْهَبُ) وَهُوَ نَصُّهُ فِي الْإِمْلَاءِ وَبِهِ قَطَعَ الْمُصَنِّفُ وَالْأَكْثَرُونَ لَا يَجُوزُ الْقَصْرُ لِأَنَّهُ مُؤْتَمٌّ بِمُتِمٍّ (وَالثَّانِي) إنْ قُلْنَا هِيَ ظُهْرٌ مَقْصُورَةٌ جَازَ الْقَصْرُ كَالظُّهْرِ مَقْصُورَةً خَلْفَ عَصْرٍ مَقْصُورَةٍ وَإِلَّا فَهِيَ كَالصُّبْحِ وَمِمَّنْ حَكَى هَذَا الطَّرِيقَ الْبَغَوِيّ وَالرَّافِعِيُّ



Sumber:
https://www.facebook.com/groups/196355227053960?view=permalink&id=584833828206096&refid=18 oleh Rampak Naung
https://www.facebook.com/groups/196355227053960?view=permalink&id=566772986678847
https://www.facebook.com/groups/196355227053960?view=permalink&id=618610401495105&_rdr#618730114816467 oleh Ust. Abd. Rahman Assyafi’e 
http://m.facebook.com/groups/196355227053960?view=permalink&id=513253198697493&_rdr#513636668659146 oleh Ust. Abdullah Afif
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger