Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Anak Kecil Adzan dan Sunnahnya Iqomat Dilakukan Oleh Muadzin

Anak Kecil Adzan dan Sunnahnya Iqomat Dilakukan Oleh Muadzin

Jika anak kecil yang mengumandangkan adzan, maka adzanya sah tetapi makruh. Petugas adzan (muadzin rotib) yang diangkat pemerintah disyaratkan harus mukallaf :

.وإن نصبه الإمام للأذان اشترط تكليفه وأمانته ومعرفته بالوقت لأن ذلك ولاية فاشترط كونه من أهلها،

ويكرهان من محدث وصبي وفاسق ولا يصح نصبه، الضمير يعود على المذكور من الفاسق والصبي وان كان صنيعه يقتضي أنه عائد على الفاسق فقط ولو قال نصبهما بضمير التثنية لكان أولى والمعنى لايصح للإمام أن ينصب للأذان الفاسق كالصبي لما مر من اشتراط التكليف والأمانة في منصوب الإمام. إعانة الطالبين ١/٢٣١ و ٢٣٩
قوله كوقوعهما من فاسق و صبي أى فيكره أذانهما وتحصل به السنة لكن لا يقبل خبرهما في الوقت،

واعلم أنه يشترط في كل من المؤذن والمقيم اذا نصبه الحاكم مع الإسلام والتكليف والذكورة العدالة والأمانة ومعرفة الأوقات بنفسه أو اخبار منصوب لذلك فإن لم يكن كذلك حرم

نصبه وصح .أذانه واستحق المعلوم. الشرقاوي ١/٢٣٠-٢٣١

Dalam pendapat yang lain dijelaskan: Baligh tidak menjadi persyaratan seorang muadzin, anak kecil juga boleh mengumandangkan adzan tetapi dengan catatan haruz mumayiz.

و لا يشترط فى المؤذن ان يكون بالغا بل يصح اذان الصبي المميز سواء اذان بنفسه او اعتمد فى اذانه على مؤذن بالغ باتفاق ثلاثة من الائمة

الفقه على المذاهب الاربعة 
 ١/٢٨٦

Lalu, bagaimana bila yang melantunkan iqomah ialah bukan yang melantunkan adzan (muadzin) nya?

Dalam kitab al Muhadzdzab (Majmu' 3/121):

وَالْمُسْتَحَبُّ أَنْ يَكُونَ الْمُقِيمُ هُوَ الْمُؤَذِّنُ لِأَنَّ زِيَادَ بْنَ الْحَارِثِ الصُّدَائِيَّ أَذَّنَ فَجَاءَ بِلَالٌ لِيُقِيمَ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ " إنَّ أَخَا صُدَاءٍ أَذَّنَ وَمَنْ أَذَّنَ فَهُوَ يقيم "
فان اذن واحد وَأَقَامَ غَيْرُهُ جَازَ لِأَنَّ بِلَالًا أَذَّنَ وَأَقَامَ عبد الله بن زيد

وَالْمُسْتَحَبُّ أَنْ يَكُونَ الْمُقِيمُ هُوَ الْمُؤَذِّنُ

Sunnahnya orang yang iqomah adalah orang yang adzan

لِأَنَّ زِيَادَ بْنَ الْحَارِثِ الصُّدَائِيَّ أَذَّنَ فَجَاءَ بِلَالٌ لِيُقِيمَ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ " إنَّ أَخَا صُدَاءٍ أَذَّنَ وَمَنْ أَذَّنَ فَهُوَ يقيم

Karena Ziyad ibn al Harits ash Shuda`i melakukan adzan, kemudian datanglah Bilal untuk iqomah, maka Nabi shallallaahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sesungguhnya saudara Shuda` telah adzan, barang siapa adzan maka dia yang iqomah

فان اذن واحد وَأَقَامَ غَيْرُهُ جَازَ لِأَنَّ بِلَالًا أَذَّنَ وَأَقَامَ عبد الله بن زيد

Jika satu orang adzan dan satu orang lainnya iqomah maka itu boleh karena Bilal azdan sementara Abdullah ibn Zaid iqomah



http://www.facebook.com/groups/piss.ktb/permalink/486488578040622/ oleh Ust. Afif
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger