Menurut qoul yang Aqrob (lebih dekat) hukum makmum membaca 'Alaihimassalam dalam sholat adalah Sunnah. Namun perlu diperhatikan lafadz sholawatnya agar tidak terjadi khilaf terhadap batalnya sholat karena memindah rukun qouli.
Lafadh yang
dicontohkan seperti :
صلى الله
عليه وسلم
dan dhomir
yang dipakai tidak boleh menggunakan dhomir mukhoththob.
Dalam Itsmadul ainain hal 18Karya al-Fadhil as-Syekh Ali bin Ahmad bin Sa'id Abu
Shibrin dijelaskan:
{مسألة}متى ذكر
نبينا أو غيره من الأنبياء في آية سنة الصلاة عليه في الأقرب كما في العباب
بالنسبة لنبينا ويلحق به إخوانه في ذلك المكان صيغة الصلاة المطلوبة كصلى الله
عليه أو عليهما أو عليهم لا على اللهم صل على محمد للخلاف في بطلان الصلاة بنقل
ركن قولي لكن في التحفة والنهاية عدم السن و حمله في الإيعاب على الإتيان هو على
صورة الركن إهـ شيخنا
Ketika nama
Nabi kita (Muhammad) atau nabi yang lain disebut di dalam satu ayat disunnahkan
bersholawat menurut yang lebih dekat. Sebagaimana dalam al ubab dengan dinisbatkan
pada Nabi kita. Dan saudara-saudara Nabi Muhamad (para nabi) juga
disamakan dalam hal tersebut.
Sighot
bersholawat yang dituntut seperti ucapan :
صلى الله
عليه atau صلى الله عليهما atau صلى الله عليهم. Bukan اللهم صل على محمد ,
karena ada
khilaf tentang batalnya sholat yang disebabkan memindah rukun qouly.
Ada yang
memperbolehkan dengan mengucapkan semisal shollallohu alaihi wasallam /shollallohu
alaihima wa sallam / shollallohu alaihim wasallam dan bukan Allohumma sholli
ala muhammad. karena ada khilaf dalam hal tersebut tentang membatalkan sholat
sebab memindah rukun qouly. Dan menurur ulama yang mensunnahkan adalah karena hal itu termasuk
bagian memohon rohmat.
Namun di
dalam kitab at-Tuhfah dan an-Nihayah tidak disunnahkan dan diarahkan dalam
kitab al-I'ab pada bentuk sholawat yang berbentuk rukun (sholat).
Qoul yang lain mengatakan hukumnya tidak sunnah. Dalam Ianah
at-Thalibin juz 1 hal 142 karya Sayid Abu Bakar yang Populer dengan sebutan sayid
bakry Bin al-Arif billah sayid Muhammad Syatho ad-Dimyathy dijelaskan:
فلو قرأ
المصلي آية أو سمع أية فيها اسم محمد صلى الله عليه وسلم لم تندب الصلاة عليه كما
أفتى به النووى
Jika orang
yang sholat membaca atau mendengar ayat yang terdapat nama Nabi Muhammad
shollallohu alaihi wasallam tidak disunnahkan sebagaimana fatwa Imam Nawawi.
قوله لم تندب
الصلاة عليه أى على النبي صلى الله عليه وسلم وعليه فتقطع الموالاة وفي
العباب ما نصه لو قرأ المصلي آية فيها اسم محمد صلى الله عليه وسلم ندب له الصلاة
عليه في الأقرب بالضمير كصلى الله عليه وسلم لا اللهم صل على محمد للخلاف في بطلان
الصلاة بنقل ركن قولي إهـ ونقله سم عنه وسلطان عن الأنوار وأقره إهـ بشرى الكريم
وعبارة الأنوار قل العجلي في شرحه وإذا قرأ آية فيها اسم محمد صلى الله عليه وسلم
استحب أن يصلي عليه وفي فتاوى صاحب الروضة أنه لا يصلي عليه إهـ وعلى ندبها لا
تقطع الموالاة إذ هي من قبيل سؤل الرحمة عند سماع آيتها كما في ع ش ونص عبارته
قوله وسؤال رحمة واستعاذة من عذاب ومنه الصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم عند قرأة
ما فيه اسمه فيما يظهر بناء على استحباب ذلك
https://mbasic.facebook.com/groups/196355227053960?view=permalink&id=623871404302338&p=0&refid=18
oleh Ust. Ibnu Al Hasany
Posting Komentar